Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peranan Para Pendidik dalam Mengisi Kemerdekaan

17 Agustus 2022   23:54 Diperbarui: 18 Agustus 2022   09:48 1064 30 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                    

"Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan sebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan." - Soe Hok Gie 

Biasanya untuk artikel dengan tajuk mengisi kemerdekaan, banyak yang menulisnya ditujukan untuk pelajar, namun di kado ulang tahun kemerdekaan yang ke-77 Republik Indonesia sekarang, saya ingin mencoba menuliskan peranan para pendidik dan pengajar.

Di tahun ini, negara kita genap berusia 77 tahun, tahun yang kalau dianalogikan dengan usia manusia, sudah mulai memasuki usia yang tua. Banyak manis dan pahit yang dirasakan. Baik itu pengalaman, maupun kenyataan hidup. Begitu pun negara kita, di usianya yang sudah 77 tahun, sudah melalui bermacam cobaan dan rintangan. Baik itu yang timbul dari dalam, maupun dari luar yang Alhamdulillah sampai detik ini masih dapat diatasi bersama. Semua itu tercipta karena adanya kekuatan yang timbul dari dalam diri kita. Kebersamaan, keinginan, dan rasa nasionalisme yang sangat tinggi.

Tanggal 17 Agustus merupakan peristiwa penting bagi masyarakat Indonesia. Di hari itu, rakyat Indonesia merayakan kemerdekaannya. Kemerdekaan yang diraih dengan penuh perjuangan hingga titik darah penghabisan. Perjuangan yang dilalui dengan proses yang begitu lama dan penuh dengan air mata. Perjuangan tersebut harus dimaknai untuk kemudian kita lanjutkan dalam mengisi kemerdekaan ini. Sebagai generasi penerus dari para pendahulu, kita dituntut untuk bekerja, terus belajar, dan selalu giat dalam meningkatkan kualitas diri.

Sebagai agen perubahan, guru memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan dan mempertahankannya.  Bekerja keras dengan penuh rasa tanggung jawab merupakan salah satu bukti bahwa kita benar-benar cinta akan tanah air. Hal itu pula merupakan cara agar kita dapat terus meningkatkan kualitas diri.

Foto: Dok. pri
Foto: Dok. pri

                                                                                   

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan  guru dalam mengisi kemerdekaan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Penguasaan IPTEK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan