Mohon tunggu...
Ernest Patrolan
Ernest Patrolan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Untag Surabaya

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Literasi dan Numerasi SD Kemala Bhayangkari 2 Surabaya

14 Desember 2022   18:30 Diperbarui: 17 Desember 2022   14:14 846
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

          Peserta KKN : Ernest Patrolan

          Asal Universitas : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

          Mitra : Sd Kemala Bhayangkari 2 Surabaya

          Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Afib Rulyansah, S.Pd., M.Pd

MBKM (Kampus Mengajar) adalah salah satu program yang di bentuk oleh Kemendikbud Ristek berbasis pengabdian kepada masyarakat, program MBKM ini berkerja sama dengan Universitas di seluruh  indonesia dibawa naungan Kemendikbud Ristek Salah satunya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Pendidikan merupakan salah satu kewajiban bagi seluruh pemuda di indonesia, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan oleh karena itu dengan adanya Program Kampus Mengajar dapat membantu pendidikan di SD KEMALA BHAYANGKARI 2 SURABAYA. 

Kegiatan KKN MBKM dilaksanakan pada semester genap, dimana kegiatan kami membantu siswa yang belum bisa membaca dan berhitung, saat pertemuan pertama kali dengan siswa-siswa kelas 1 ternya hampir semua siswanya belum bisa membaca sama sekali, dan bukan hanya kelas 1 bahkan yang membuat kami terkejut sebagian di kelas 2,3 dan 4 mumpunyai permasalahan yang sama dengan kelas 1. 

Tidak hanya membaca tetapi juga siswa belum bisa berhitung sehingga mahasiswa membuat program "Les Tambahan" kepada siswa-siswa sebelum pulang (diluar jadwal proses pembelajaran) agar mampu meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi mereka. 

Sasaran program "Les tambahan" yaitu siswa yang belum bisa membaca dan berhitung, serta secara sukarela oleh siswa-siswa yang lain sehingga tidak ada kesan paksaan kepada siswa, namun program "Les Tambahan" tidaklah mudah untuk dijalankan karena mahasiswa perlu memiliki kesabaran dan ketelatenan khusus untuk dapat mengajari siswa-siswa. Selain itu program yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa adalah "Bermain Game Sembari Melakukan Perkalian", dengan menggunakan media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa (Rumah Perkalian), mekanisme dari program ini adalah ketika siswa mampu menjawab soal dan menyusun pion-pionnya sesuai dengan pelaksanaan game ini siswa-siswa sangat bersemangat.

 Ketika salah satu siswa kalah maka diganti dengan siswa lain bisa bermain antar kelas, namun bisa juga siswa tersebut mengulangi permainan dengan lawan yang sama hal ini tentu akan meningkatkan keberanian mereka ketika menghitung perkalian. Media pembelajaran ini juga dipake untuk melaksanakan perlombaan kelas, penilaian dalam perlombaan adalah siswa yang cepat menyusun pion dan perhitungan perkalian dengan benar. Siswa yang mendapatkan juara akan mendapatkan hadia dari mahasiswa, agar siswa tetap meningkatkan kemampuan Numerasinya.

          Tidak hanya mengajar Mahasiswa juga membantu guru meningkatkan kreativitas siswa dengan prakarya Kegiatan pembelajaran tentu harus dibuat semenarik mungkin agar siswa semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas siswa di SD Kemala Bhayangkari 2 adalah sebagai berikut : 

  • Membuat sudut baca Membuat sudut baca di dalam kelas adalah merupakan salah satu cara meningkatkan minat baca siswa. Pengelolaan media sudut baca kelas dengan "12345 dan 6" dapat membangun budaya baca di Sekolah karena keberadaan media sudut baca kelas merupakan tempat dimana siswa dapat melakukan aktifitas membaca yang mudah terjangkau dan efisien waktu. Upaya mahasiswa umtuk pembudayaan/pembiasaan membaca dilakukan oleh siswa serta mahasiswa dengan metode wawancara kepada siswa, pengamatan, penilaian dan pemantauan secara konsisten yang nantinya berkelanjutan oleh Guru.
  •  Membuat media pembelajaran Program membuat media pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas siswa serta guru agar dapat dikembangkan ketika nanti mahasiswa telah menyelesaikan program kampus mengajar 3. 
  • Mahasiswa akan membantu guru menyiapkan metode BCM. Metode bermain sambil belajar, seperti dalam pembelajaran matematika ataupun numerasi, mahasiswa menggunakan kertas origami yg di bentuk seperti bangun datar sebagai permainan dan media pembelajaran tentang luas dan keliling.

          Adapun kegiatan lainnya yaitu Membantu adaptasi teknologi seperti Mengenalkan dalam mengoperasikan Microsoft Word, dan lainnya Mahasiswa  mengadakan sosialisasi khususnya pada kelas 5 yang akan mempersiapkan AKM 2.  Serta Membantu Administrasi Sekolah dan Guru seperti Memperbaiki perpustakaan dengan memilah buku cerita dan pelajaran dan nantinya akan diadakan Pojok Baca. Mahasiswa membantu memperbaiki ruang perpustakaan mulai dari menata dan mengelompokkan buku, serta membuat slogan yang baik sehingga dapat menarik minat siswa dan meningkatkan daya literasi siswa. Dan Upaya Kelengkapan struktur organisasi Mahasiswa membantu staff untuk melengkapi atau memperbaharui struktur organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun