Mohon tunggu...
Ernes
Ernes Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik

Guru Geografi di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh

Selanjutnya

Tutup

Nature

Wow Keren... Gunung Pelangi? Salah Satu Warisan Dunia UNESCO

9 September 2022   19:51 Diperbarui: 9 September 2022   19:53 75 6 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. kaltim.tribunnews.com

Baru - baru ini penulis melihat di You Tube terdapat fenomena alam yang indah di China. Mungkin orang lain sudah melihatnya tapi bagi penulis sendiri hal itu merupakan suatu yang sangat penulis kagumi dan penulis ingin berbagi dengan teman- teman kompasiana lainnya.

                                                                                             

Danaxia Landform fenomena alam yang langka dan lanskap yang benar-benar menakjubkan. Terletak  di sebelah tenggara dan barat daya China, terdiri dari tebing-tebing lengkung warna-warni menyerupai gunung pelangi (rainbou mountain). Tepatnya berada di Kota  Zhangye, di Provinsi Gansu, China dinamai Zhangye Danxia Geopark                                                          

Ditinjau dari kajian geografi penulis ingin mempelajari  mengapa hal ini bisa terjadi?.

Menurut laman telanganatoday.com, lanskap warna-warni ini tercipta oleh batu pasir dan mineral yang saling bertumpuk satu sama lain selama bertahun-tahun.Hal itu tercipta akibat pergeseran lempeng tektonik yang memunculkan lapisan-lapisan warna menyudut sepanjang formasi batuan dan bukit bergelombang ini.Tenaga hujan, angin, dan waktu telah mengukir formasi batuan ini dan bukit berombaknya dalam variasi pertunjukan pilar dan jurang. Erosi dan pergeseran lempeng tektonik  juga berperan menjadikan lanskap ini sangat menawan dan para pelancong ingin melihatnya langsung dan mengabadikan moment tersebut lewat fhoto maupun video,instagram dan sebaginya.

Sangat menakjubkan karena bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. di tempat itu tidak ditemukan tumbuhan atau hewan karena tanahnya yang tandus Dan warna nya semakin terang apabila sehari sebelumnya duguyur hujan.

Pemerintah Cina cepat tanggap dan segera menjadikan area ini menjadi objek wisata dunia dengan melengkapi sarana dan prasarana untuk pelancong,tidak lama setealah UNESCO menetapkannya sebagai warisan dunia yang ke 34 yang diadakan di Brasilia, ibu kota Brasil, pada tanggal 1 Agustus 2010. 

 Dok. kaltim.tribunnews.com
 Dok. kaltim.tribunnews.com

                                                                                   

Seharusnya kita tidak perlu merasa heran karena hal ini juga sudah tersurat dalam AL Quran surat Al Fathir [35] ayat 27 di mana Allah Subhanahu Wata'ala telah lama mengungkap rahasia adanya gunung yang berwarna-warni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan