Mohon tunggu...
Ernes
Ernes Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik

Guru Geografi di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh

Selanjutnya

Tutup

Nature

Krisis Air di Eropa

8 September 2022   16:51 Diperbarui: 8 September 2022   21:26 79 17 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                    

                                                                                      

Sungai merupakan alat transportasi vital di beberapa negara Eropa.Pada umumnya sungai membelah beberapa kota besar seperti : Bayern,di Jerman, Amsterdam di Belanda dan beberapa kota lainnya di Eropa.Secara umum kondisi Eropa sekarang sangat meprihatinkan.Hal ini karena adanya gelombang panas yang muncul beberapa bulan terakhir ini.Beberapa sungai mengalami kekeringan.Suhu udara mencapai 40'.Dikutip dari berita Harian Kompas (21 Juli 2022) lebih dari 500 orang meninggal dunia

Kondisi sungai  di  Eropa mengalami penurunan yang disebabkan oleh pemanasan Global.Beberapa negara melakukan antisipasi untuk mengatasi  hal ini.Seperti negara Jerman yang mulai tanggal  1 September memberlakukan peraturan baru tentang penghematan energi besar-besaran.Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi musim dingin. Penyebab lainnya adalah berkurangnya pasokan gas dari Rusia sebagai akibat sanksi Eropa terhadap Rusia berkaitan dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Langkah - langkah penghematan yang dilakukan Jerman adalah :

1.Fasilitas umum (kecuali rumah sakit dan lembaga sosial) akan dipanaskan hingga maksimum 19 derajat Celcius.

2.Gedung dan monumen tidak akan diterangi untuk tujuan estetika murni

3.Etalase tidak lagi diterangai lampu pada malam hari

4.Lampu jalan hanya akan dinyalakan dari pukul 16.00 sampai pukul 22.00

5. Mendirikan dua terminal gas alam cair di pantai Laut Utara untuk membantu meningkatkan penyimpanan gas menyambut musim dingin.

Kondisi sungai  di Perancis. Sumber  : Liputan6.com
Kondisi sungai  di Perancis. Sumber  : Liputan6.com

                                                                      


Lain Jerman lain lagi kondisi di Perancis.

Sungai Loire di Prancis sering diasosiasikan sebagai kota dongeng karena banyaknya berdiri kastil seperti di negeri dongeng. selain itu di tepian sungai ini juga menjadi pusat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Belleville.

Manfaat air sungai bagi PLTN.

Air sungai diambil untuk mendinginkan nuklir,setelah dingin airnya dibuang ke sungai dan diganti lagi dengan air segar dari sungai. Karena debit air berkurang maka Pasokan dari PLTN otomatis juga berkurang.

Sungai di Italia

.Wilayah Italia utara ini sedang mengalami kekeringan terparah dalam 70 tahun terakhir.

Kondisi sungai  di Perancis. Sumber  : Liputan6.com
Kondisi sungai  di Perancis. Sumber  : Liputan6.com


Karena debit air yang berkurang ,pada akhir Juli ditemukan sisa bom peninggalan Perang Dunia II di sungai Po,Italia. Bom seberat 450 kg tersebut harus dijinakkan di tempat lain setelah mengevakuasi 3000 0rang penduduk di tepi singai tersebut.Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Italia.

Sungai Rhein adalah salah satu jalur air tersibuk di dunia. Karena kurangnya debit air menyebabkan kapal-kapal besar  tidak dapat berlayar di sungai Rhein dan kemungkinan akan terjadi kenaikan harga barang

Berapa peneliti (Indian Expres ) mengungkapkan  "pemanasan global adalah penyebab terjadinya fenomena ini. Di mana akibat pemanasan global ini suhu rata-rata bertambah sekitar 1,1 derajat celcius lebih tinggi dibanding pada abad ke-19".

Penyebab lain adalah sirkulasi atmosfer dan lautan.. Peneliti dari Universitas Columbia Kai Kornhuber menilai "sejumlah wilayah di Eropa masuk dalam zona bertekanan rendah. Hal ini kemudian mengakibatkan wilayah tersebut cenderung menarik udara ke wilayah itu,tertama udara dari Afrika Utara yang memang panas".

Kedaan di Eropa sekarang sangat berbeda dengan beberapa bulan yang lalu.Dimana air sungai masih jernih dan transportasi air berjalan lancar.Mudah-mudahan keadaan ini tidak berlangsung lama karena dampaknya akan merata keseluruh dunia,termasuk Indonesia.



Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan