Mohon tunggu...
Ernes
Ernes Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik

Menulis adalah pekerjaan mulia Jadilah pemulung kebaikan Tebarkan kebaikan kapan saja dan dimana saja

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Menulis Membuatku Naik Kelas

29 Agustus 2022   21:48 Diperbarui: 29 Agustus 2022   21:49 174 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Belajar Menulis Gelombang 27.Senin 29 Agustus 2022

Pertemuan yang ditunggu-tunggu telah tiba,dari siang hari sudah mempersiapkan segala susuatunya agar tidak gangguan pada waktu tayangan WA BM 27.Sebagai moderator kali in yaitu Ibu Rosminiyati, guru SMK Negeri 2 Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Beliau berisia  52 tahun, alumnus Pelatihan Belajar  Menulis PGRI asuhan Om Jay gelombang 19 (Juli - September 2021).

Narasumber kita, seorang guru SMP Negeri Satu Atap 4 Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang cerdas, berbakat, inspiratif, dan selalu ceria dengan profesi tambahan sebagai blogger, narasumber, moderator, kurator, dan editor yang selalu naik kelas dan telah mengukir banyak prestasi -- Ibu Aam Nurhanah S. Pd. Walaupun dalam kondisi hamil tua ,8 bulan 2 minggu beliau masih bisa berbagi pengalaman dengan BM 27. Menunggu 2 minggu mau lahiran beliau masih aktif dan enerjik menceritakan prestasi yang beliau peroleh  sehingga dalam waktu singkat telah melahirkan beberapa buku solo,menjadi moderator,juara lomba tingkat PGRI bahkan juga berhasil menjadi editor novel  Juminah " SEINDAH TAKDIR CINTA".

Semenjak lulus seleksi PPPK Tahap 2, beliau dipindah tugaskan dan mengontrak di Kampung Gununghaur, Desa Pasirhaur, Kec. Cipanas, Kab. Lebak, Provinsi Banten.

Kemudian moderator menyebutkan urutan acara seperti biasa dimulai dengan : pembukaan,pemaparan materi,tanya jawab,dan penutup.

Nara sumber memulai dengan perkenalan dan motivasi beliau mengikuti BM yang dulu gagal pada BM 2 ,bukan hanya satu kali tetapi berulang sehingga kegagalan tidak membuat beliau menyerah.Nara sumber berkata," Saya pupuk kembali api semangat dan mencoba mengulang kelas di BM 12 hingga akhirnya bertemu dengan  narasumber hebat Ibu Sri Sugiastuti atau akrab di sapa Bu Kanjeng di pertemuan ke-2 dan mengajak semua peserta menulis buku antologi dan mengukir karya untuk yang pertama kalinya seorang blogger dan peserta yang gagal di BM 8, maka lahirlah buku antologi pertama yang berjudul SEMANGAT MENULIS BERSAMA BU KANJENG. Buku ini adalah buku paling bersejarah karena nama saya ada di urutan pertama dari 42 peserta yang berasal dari seluruh nusantara. Motivasi menulis makin berkibar, begitupun semangat saya untuk menyelesaikan tugas resume hingga akhirnya lulus dari BM 12".

Usai lulus BM 12, buku solo perdana pun lahir dengan judul MENGUKIR MIMPI JADI PENULIS HEBAT. Buku ini lahir dari sebuah mimpi ingin  menulis hingga seribu buku hingga berproses menjadi penulis hebat di masa depan. Bermimpilah dahulu, jangan takut untuk bermimpi. Wujudkanlah mimpimu, akhirnya menjelmalah buku solo pertamaku yang langsung diborong MKKS Subrayon  3 Kabupaten Lebak, dan sudah tersebar di seluruh tanah air. Bahkan harga ongkir yang jauh lebih mahal dari harga buku pun, tidak menjadi halangan jika karya kita sudah dihargai oleh para pembaca tercinta

Setelah buku solo perdana lahir,beliau mengabdikan diri sebagai tim Omjay dan bertugas sebagai moderator. Saat saya menjadi peserta BM 8 bersama ketua kelas Mr.Bams,sangat kagum dengan moderator Ibu Fatimah dan Mr. Bams yang selalu memandu kelas.

Keinginan menjadi moderator pun muncul dan ingin mencoba profesi tersebut. Pengalaman menjadi moderator tertuang dalam buku solo kedua yang berjudul," KUNCI SUKSES MENJADI MODERATOR ONLINE". Tidak puas sampai disitu saja,beliau kembali mengasah keterampilan menulis dengan mengikuti lomba blog PGRI dengan ketentuan lomba menulis tanpa jeda sejak tanggal 1-28 Februari 2021,dan mendapatkan juara 1 lomba blog PGRI Tingkat Nasional, Maret 2021.

Tidak merasa lelah walaupun banyak kendala yang dihadapi seperti sinyal yang kurang mendukung ,beliau tidak putus asa karena beliau bisa mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat seperti merajut,kuliner atau  menyanyi.Kamar sederhana menjadi saksi bisu kegiatan menulis beliau.

Sebagai juara blog PGRI Nasional maka lahirlah buku solo ke-3 berjudul  "BLOGGER INSPIRATIF" yang menceritakan kisah 28 hari ngeblog .Dengan harapan yang membaca buku ke-3 ini  terinspirasi untuk menulis pengalaman terbaiknya dan dikemas menjadi buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan