Mohon tunggu...
Ermiza Miza
Ermiza Miza Mohon Tunggu... Insinyur - PPL di BPP IV Jurai Pessel Sumbar

Hobby menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Panen Penangkaran Benih Padi di Nagari Lumpo

8 September 2022   07:26 Diperbarui: 8 September 2022   07:41 240 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wali Nagari Lumpo Suhardi, AMd melakukan Panen Padi untuk Penangkaran Benih Padi Banang Pulau bersama dengan Babinsa Kantibmas Lumpo, Petugas BPSB Kabupaten Pesisir Selatan, PPL Tambang dan PPL Lumpo Selatan beserta Ketua Gapoktan Salingka Nagari dan beberapa orang petani di Nagari Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (05/09/22).

Penangkaran benih padi ini merupakan salah satu program kegiatan yang didanai dari Dana Desa untuk Ketahanan Pangan. Hasil dari kegiatan ini nantinya padi yang di hasilkan akan dijadikan Benih bersertifikat yang akan dibagikan kepada seluruh masyarakat Nagari Lumpo yang memiliki sawah. 

Pemberian benih bersertifikat ini tidak sama akan tetapi sesuai dengan luas sawah yang dimiliki oleh petani tersebut. Apabila telah didistribusikan ke petani dan benih bersertifikat masih berlebih maka akan dijual ke petani yang berada disekitar Nagari Lumpo.

Dokpri
Dokpri

Penangkaran ini sangat perlu sekali dilakukan karena ketersediaan benih berlabel sudah mulai berkurang sehingga sulit mendapatkannya. Oleh sebab itu kami selaku PPL selali menganjurkan agar petani mau menjadi petani penangkar benih. Disamping dibutuhkan oleh petani lainnya juga bisa lebih menguntungkan karena harga perkantong isi 5 kg lebih mahal. 

Dokpri
Dokpri

Dari hasil ubinan yang dilakukan didapatkan produktifitas 9,8 t/ha. Angka ini didapatkan karena setiap tahapan budidaya padi selalu sesuai dengan anjuran seperti dimulainya pengolahan tanah yang baik dan pemakaian pupuk kandang sesuai rekomendasi, melakukan seleksi benih, penanaman sistem Jajar Legowo dan pemberian pupuk anorganik sesuai rekomendasi serta pemeliharaan tanaman secara kontinyu.

Dokpri
Dokpri

Pemanenan dilakukan menggunakan Combine Hasvester agar tingkat kehilangan padi bisa berkurang dan waktu panen bisa cepat selesai. Apalagi luas penangkaran kurang lebih seluas 2 ha jadi bisa dilalukan satu hari penuh.

Kami akan terus berusaha untuk selalu melaksanakan penangkaran benih dan mengajak petani untjk ikut juga sebagai petani penangkar padi ujar Bapak Suhardi, AMd (selaku Wali Nagari Lumpo).  Kami akan selalu memberi dukungan dan arahan selaku PPL di Lumpo Selatan (Ermiza, SP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan