Mohon tunggu...
KKN Tematik Kelompok 47
KKN Tematik Kelompok 47 Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN Veteran Jawa Timur

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kembangkan UMKM Kue Kering, Mahasiswa KKN-T 47 UPN "Veteran" Jawa Timur Melakukan Rebranding

25 Juni 2022   20:05 Diperbarui: 25 Juni 2022   20:56 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Sebelum Rebranding/dokpri

Kue kering atau cookies ialah salah satu makanan yang banyak digemari dikalangan masyarakat, oleh karena itu usaha kue kering merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi tinggi. Pentingnya desain produk yang menarik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Apabila suatu usaha dinilai kurang dalam hal desain produk maka dapat melakukan rebranding. Rebranding merupakan upaya yang dilakukan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal, yaitu berorientasi profit. Kegiatan rebranding dilakukan sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan produk agar mampu bersaing di pasar global. Tujuan dilakukan rebranding sendiri ialah untuk memperbaiki logo dan kartu nama agar lebih menarik.

Pendampingan rebranding dilaksanakan pada Kamis (9/6) UMKM yang dipilih ialah Cookies Pelangi "Dewa-Dewi" milik Ibu Narti. Usaha kue kering ini sudah dijalankan sekitar 10 tahun. Selain rasanya yang lezat banyak aneka kue kering yang dijual diantaranya seperti nastar, lidah kucing, putri salju, kastangel, dan kue kacang. Dalam bulan Ramadhan Bu Narti bisa menjual sekitar 200 toples kue kering. Hasil wawancara dengan Ibu Narti didapatkan beberapa permasalahan dalam menjalankan bisnis kue kering, salah satunya ialah kurangnya tenaga kerja serta kurangnya pengetahuan terhadap teknologi, sehingga pemasaran kue kering ini hanya dengan orang-orang terdekat seperti saudara, teman, dan tetangga.

Gambar Setelah Rebranding/dokpri
Gambar Setelah Rebranding/dokpri

Setelah melakukan observasi kami menilai bahwa desain produk untuk logo kurang menariknya serta tidak adanya kartu nama yang memudahkan pembeli untuk menghubungi penjual. Oleh karena itu kami memilih umkm ini untuk melakukan rebranding dengan memperbaiki logo serta membuatkan kartu nama. Perbaikan logo dilakukan dengan tidak menghilangkan ciri khas utama dari usaha ini yaitu pelangi.  Tak hanya itu kami juga mendaftarkan umkm cookies pelangi "Dewa-Dewi" ke dalam google bisnis. Tujuan pendaftaran umkm ke dalam google bisnis  ialah agar dapat dengan mudah dicari apabila kita serch di google.

Kegiatan rebranding terhadap UMKM Kue Kering Cookies Pelangi "Dewa-Dewi" ini diharapkan dapat terus berkembang dan lebih dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan nilai penjualan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun