Mohon tunggu...
Erlina Shinta Wati
Erlina Shinta Wati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030073

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030073

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kenali KIPI Vaksin Covid-19 dan Cara Menanganinya

30 Juni 2021   11:39 Diperbarui: 30 Juni 2021   14:17 161 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali KIPI Vaksin Covid-19 dan Cara Menanganinya
Ilustrasi (sumber : Pa&Ma)

Istilah KIPI menjadi tak asing lagi sejak dilaksanakanya program vaksinasi covid-19. Namun, siapa disini yang masih asing dengan istilah KIPI ? Yuk simak penjelasan berikut!

KIPI adalah singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, KIPI merupakan semua kejadian medik yang terjadi pasca dilakukanya imunisasi. Sejak program vaksinasi covid dilaksanakan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memberikan layanan panduan seputar pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat terkait vaksin Covid-19.

Vaksin sendiri adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu. Kandungan yang terdapat dalam vaksin berupa bagian dari virus atau bakteri yang telah dimatikan atau dilemahkan.

Sedangkan vaksinasi adalah proses dimana diberikanya vaksin ke dalam tubuh. Dengan diberikanya vaksin, tubuh bisa lebih cepat membentuk sistem kekebalan tubuh (antibodi) agar tubuh seseorang mampu mengenali virus dan dengan cepat melawan virus yang menyebabkan penyakit tersebut jika suatu saat terpapar.

Oiya, vaksinasi juga memiliki arti yang berbeda dengan imunisasi. Jika vaksinasi adalah proses dimasukanya vaksin kedalam tubuh, imunisasi adalah proses dimana terjadi pembentukan antibodi terhadap penyakit yang terjadi setelah orang itu melakukan vaksinasi. Vaksinasi perlu dilakukan sesuai dosis dan jadwal yang telah ditentukan agar antibodi dapat terbentuk.

Mengapa vaksinasi penting dilakukan ?

Saat ini, program vaksinasi mulai dilaksanakan oleh pemerintah di Indonesia, sebagai bentuk pencegahan dan upaya memutus rantai penyebaran virus corona. Pemberian vaksin juga ditujukan untuk menekan angka kasus covid dan kematian yang meningkat akhir-akhir ini.  Program vaksinasi juga menjadi harapan pemerintah agar pandemi yang melumpuhkan seluruh aktivitas ini segera usai.

Vaksinasi covid-19 juga lakukan untuk mendorong terbentuknya kondisi herd immunity (kekebalan kelompok). Hal ini menjadi sangat penting karena tidak semua orang bisa divaksin atau tidak dianjurkan untuk diberikan karena beberapa alasan. Contohnya yaitu orang-orang yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes atau hipertensi. Jadi dengan melakukan vaksinasi covid-19 kamu tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi kamu turut melindungi orang lain yang dan juga keluargamu.

Semakin banyak orang divaksin maka akan semakin banyak juga orang yang memiliki kekebalan tubuh akan virus corona. Dengan seperti ini, otomatis tingkat penyebaran dan penularan virus juga akan semakin menurun.

Walaupun vaksin tidak menjamin 100% seseorang terhindar dari virus corona, tapi dengan diberikanya vaksin pada tubuh seseorang akan meminimalisir terjadinya gejala berat atau komplikasi saat tubuh diserang oleh virus corona.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x