Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Siapa Bilang Ikut Tryout untuk SBMPTN Tidak Penting, Ini 5 Manfaatnya

1 Desember 2019   20:51 Diperbarui: 1 Desember 2019   21:00 130 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Bilang Ikut Tryout untuk SBMPTN Tidak Penting, Ini 5 Manfaatnya
Ilustrasi ujian SBMPTN (Foto: Liputan6)

Akhir-akhir ini banyak sekali informasi yang tersebar mengenai tidak pentingnya mengikuti tryout agar bisa lulus SBMPTNN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

Cerita dari orang-orang yang lulus masuk PTN tanpa megikuti bimbel ataupun tryout banyak disebar di media-media. Padahal, orang-orang yang lulus itu hanya segelintir saja diantara ratusan ribu orang yang mengikuti SMBPTN setiap tahunnya.

Banyak dari orang-orang tersebut akhirnya tidak lulus lantaran terpengaruh dengan cerita-cerita bahwa mengikuti bimbel dan tryout itu tidak penting. Mereka hanya mengandalkan belajar secara sendiri yang bahkan tidak pernah tau bentuk dan suasana dari ujian SBMPTN tersebut.

Jika ada yang menanyakan apakah mengikuti tryout itu penting agar bisa lulus masuk PTN idaman, maka jawabannya sudah pasti penting. Bahkan terlanjur sangat penting. Kenapa mengikuti tryout begitu penting agar bisa lulus SBMPTN? berikut manfaat-manfaat yang kita dapatkan ketika kita mengikuti tryout yang berguna dalam mengatasi SBMPTN.

1. Mengetahui Kekuarangan Diri
Dari semua materi belajar SBMPTN, tentunya ada satu atau dua materi yang menjadi kekurangan kita. Kita barangkali sangat lemah disana. Oleh akrena itu kita tidak akan pernah tahu bahwa materi itu adalah kelemahan kita apabila tidak mengikuti tryout SBMPTN. selanjutnya dengan mengikuti tryout tersebut, kita dapat memetakan kekurangan dan kelemahan penguasaan materi.

Sehinga untuk selanjutnya, kita bisa tahu bagian dari tipe soal seperti apa yang menjadi titik kelemahan kita. Dengan demikian, kita bisa memperkuat persiapan nantinya pada materi tersebut. Melakukan hal itu tentunya dapat membuat persiapan yang kita miliki lebih matang dan persentase kelulusan di ujian SBMPTN lebih terbuka lebar.

2. Melihat Kapasitas Diri
Apa maksudnya melihat kapasitas diri? Kita harus mengikuti tryout SBMPTN karena bisa untuk melihat seberapa besar kapasitas yang kita miliki. Sebab, banyak terjadi di lapangan yang memilih suatu jurusan tanpa melihat potensi dan kapasitas dirinya.

Dengan mengikuti tryout SBMPTN, kita bisa melihat seberapa besar persentase kita masuk ke suatu jurusan atau program studi (prodi). Hal ini sangat dapat membantu untuk memilih suatu jurusan yang sesuai dengan kapasitas yang kuta miliki.

Karena kalau kita salah dalam memilih jurusan, maka kita akan menjalani kuliah tidak serius dan tiadak menyenangkan sama sekali. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih jurusan! Gunakanlah tryout SBMPTN untuk menemukan seberapa besar kapasitas yang kita punya untuk masuk sebuah jurusan.

3. Melatih Kita Menyelesaikan Ragam Soal
Banyak diantara kita yang belum pernah sama sekali melihat seperti apa bentuk soal SBMPTN tersebut. Oleh sebab itu alasan pertama kenapa kita harus ikut tryout SBMPTN agar bisa melatih diri untuk menghadapi berbagai ragam soal ujian. Sebab, di SBMPTN, kita akan menghadapi beberapa tipe soal, seperti Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek, Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan TKD Soshum.

Tiap-tiap jenis soal tersebut pastinya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Tanpa adanya persiapan matang maka kita tidak dapat mengerjakan soal SBMPTN itu dengan baik. 

Meski sudah belajar, tentunya kita perlu menguji seberapa besar penguasaan materi untuk ujian SBMPTN. Di situlah fungsi utama tryout SBMPTN, yakni menjadi arena latihan kita sebelum menghadapi ujian yang sebenarnya. Karena tanpa adanya latihan, kita mungkin saja tidak akan tahu seberapa siapnya kita untuk ikut SBMPTN itu sendiri.

4. Meningkatkan Mental
Saat kita mengikuti tryout SBMPTN tentunya akan melatih mental yang kita miliki sebelum menghadapi ujian sebenarnya. Mental yang terlatih akan membuat seseorang dapat fokus dalam mengerjakan ujian SBMPTN. Bagi yang tak terlatih maka akan mengerjakan soal ujian SBMPTN secara berantakan dan penuh kepanikan.

Jika kita tipe orang yang pesimistis dan selalu merasa tak yakin akan mampu lulus SBMPTN, maka kita perlu melatih mental dengan mengikuti tryout SBMPTN. Dengan begitu, kita dapat mendapatkan bayangan seperti apa keadaan lapangan saat ujian SBMPTN dilaksanakan nantinya.

Sehingga, kita bisa lebih siap secara mental dan tidak akan merasa gugup saat mengerjakan soal saat ujian SBMPTN nantinya. Jadi, tryout SBMPTN pastinya akan membantu kita persoalan melatih mental ini.

5. Latihan Mengatur Waktu

Gimana maksudnya? setiap ujian pasti ada batas waktu pengerjaannya, termasuk pada pelaksanaan ujian SBMPTN. Kalau kita tidak terbiasa dengan masa tenggat waktu itu maka kamu akan mengerjakan soal ujian dengan terburu-buru dan penuh dengan kepanikan. Sudah bisa dipastikan hasilnya tidak akan bisa maksimal.

Untuk itulah hadir tryout SBMPTN. Dengan mengikuti tryout, kita bisa melatih manajemen waktu agar ujian dapat dilalui tanpa kita harus terburu-buru. Selain itu, tryout juga dapat membantu kita membuat strategi pengerjaan soal dengan pemanfaatan waktu secara maksimal.

Sehingga kita jadi tahu soal mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu di menit-menit awal ujian dan mana soal yang dikerjakan di akhir. Dengan begitu, kita bisa mengerjakan banyak soal dalam waktu yang sangat sediki

Inilah beberapa alasan kenapa kita harus mengikuti tryout SBMPTN sebelum ikut ujian SBMPTN. Oleh akrena itu, tidak ada salahnya kalau kita ikut tryout. Agar kita bisa menjadi lebih siap untuk mengikuti SBMPTN dan dapat lulus ke PTN idaman.

Nah, agar kamu tambah mudah meraih impianmu bisa lulus masuk PTN idamanmu, kamu bisa mendownload aplikasi GreatEdu di https://apps.apple.com/id/app/greatedu/id1415523009?l=id (App Store) dan https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zealap.greatedu (Play Store). Melalui berbagai fiturnya, aplikasi ini bisa membantu dan meningkatkan kemampuanmu agar kamu dapat lulus masuk di PTN idamanmu.

Selain soal-soal latihan dan materi belajar, GreatEdu juga dalam waktu dekat akan mengadakan tryout online yang bisa kamu ikuti di manapun.

VIDEO PILIHAN