Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Lulus Kuliah Langsung Jadi PNS, 5 Tips Agar Bisa Lolos Sekolah Kedinasan

16 November 2019   11:38 Diperbarui: 16 November 2019   11:42 446 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lulus Kuliah Langsung Jadi PNS, 5 Tips Agar Bisa Lolos Sekolah Kedinasan
Siswa IPDN (Institus Pendidikan Dalam Negeri) (Foto: Liputan6)

Sekolah Kedinasan masih sangat diminati di Indonesia. Pada umumnya peminatnya adalah orang-orang yang ingin langsung bisa bekerja tanpa harus repot-repot untuk melamar kerja kesana kemari. Karena memang pada dasarnya, siswa-siswa yang lulus dari Sekolah Kedinasan seperti IPDN, STIN, STAN dan lainnya akan langsung menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Setelah lulus kuliah langsung kerja, merupakan impian setiap orang. Gaji tinggi, masa depan terjamin, siapa yang tidak mau. Selain itu, setelah lulus langsung bisa menjadi PNS. Apalagi untuk menjadi PNS tidaklah mudah. Inilah beberapa faktor penyebab tingginya minat anak-anak muda Indonesia untuk sekolah di sekolah kedinasan.

Ada 12 Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang disebut sebagai sekolah kedinasan favorit di Indonesia diantaranya ada IPDN (Institus Pendidikan Dalam Negeri), STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara), STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dan lain-lain.

Namun, meningkatnya minat anak muda Indonesia dari tahun ke tahun untuk sekolah di kedinasan membuat persaingan dan seleksi semakin ketat. Apalagi jumlah kuota yang diterima oleh sekolah kedinasan sangatlah sedikit. Bahkan pada tahun 2019, peserta yang mengambil sekolah kedinasan dan sudah membuat akun  sebanyak 204.638 orang.

Pada tahun 2019 ini, Politeknik Keuangan Negara STAN masih menjadi sekolah kedinasan terfavorit dengan jumlah 65.708 pemilih. Sementara Sekolah kedinasan kedua, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) mendapat 23.719 calon taruna dan di posisi ketiga ada Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) milik Badan Pusat Statistik (BPS), yang mendapatkan 8.849 pelamar.

Tingginya persaingan di sekolah kedinasan membuat sebagian orang merasa pesimis. Apalagi kuota yang diterima sangatlah terbatas. Namun walaupun demikian, banyak cara untuk bisa lulus menjadi seorang siswa sekolah kedinasan. Sebagaimana kata pepatah, dimana ada kemauan di situ akan ada jalan. Hanya saja kembali kepada diri kamu sendiri, mau atau tidak untuk menempuh jalan tersebut.

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kita dapat lulus di sekolah kedinasan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Sejak sekarang jika kamu memang serius masuk sekolah kedinasan mulailah membaca syarat pendaftaran, serta kamu harus memenuhi syarat Perguruan tinggi kedinasan yang memiliki syarat masuk yang unik.

Sebuah kampus kedinasan dan kampus lainnya, bisa memiliki syarat yang berbeda dengan kampus lain. Persyaratan ini dimulai dari waktu dan jadwal pendaftaran, jadwal seleksi, jenis jurusan saat sekolah menengah, syarat nilai minimum ujian nasional, syarat buta warna, tinggi badan, berat badan, kekuatan fisik, dll. Kamu harus mengapdate terus kabar terbaru dan membaca semuanya dengan baik, sehingga nantinya kamu bisa menentukan kampus mana yang cocok dengan kriteria yang kamu miliki.

2. Pelajarilah semua tahapannya dengan baik dan seksama

Secara garis besar, tahapan ujian perguruan tinggi kedinasan adalah ujian SKD, psikotest, dan wawancara. Tiga tahap ini lazim dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi kedinasan untuk menentukan kualitas dari mahasiswa yang nantinya akan menjadi CPNS tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN