Mohon tunggu...
Erlangga AdhiHananto
Erlangga AdhiHananto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang

Manajemen pemasaran, teknologi, otomotif, sosial dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Bagaimana Kondisi Honda Vario 125 (Tahun 2014) Setelah 8 Tahun?

18 Agustus 2022   23:43 Diperbarui: 18 Agustus 2022   23:46 546 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejarah Singkat

Honda Vario memulai debutnya pada 2006 sebagai motor matik keluaran honda yang langsung berhadapan dengan Yamaha Mio yang sudah eksis pada tahun 2003. 

Honda Vario 110cc memiliki keunggulan seperti sudah menggunakan sistem pendingin air (Radiator), bentuk yang sporty, dan dinilai genit. 

Persaingan terus-menerus terjadi hingga akhir 2010, dimana Honda Vario langsung berhadapan dengan Yamaha Mio sebelum akhirnya diganti dengan Yamaha Xeon dan pada 2016 digantikan dengan Yamaha Aerox VVA.

Alasan Memilih Vario

Setelah melihat perkembangan Honda Vario yang cukup positif dari tahun ke tahun, keluarga kami memutuskan untuk membeli Honda Vario 125 keluaran tahun 2014 (NC12A1CF A/T). Motor tersebut dipinang kerumah dengan harapan dapat menjadi alat mobilitas selain mobil untuk menghindari kemacetan. 

Motor tersebut sering digunakan oleh ayah saya untuk mobilitas ke kantor dan meeting, terkadang sering saya gunakan untuk pergi ke sekolah dan jalan-jalan ke Kota Bogor. Motor tersebut sering kami gunakan se-keluarga untuk aktifitas masing-masing yang tentunya dengan kondisi medan jalan atau kondisi lalulintas yang bermacam-macam.

Waktu terus berputar, sampai akhirnya tidak terasa motor telah menemani kami selama 8 tahun. Honda Vario 125 tetap nyaman digunakan baik sendiri maupun berdua, banyak kisah-kisah perjalanan yang telah terukir bersama motor kesayangan keluarga. Tentunya juga sangat berarti bagi saya, sejak SMP hingga Kuliah motor Honda Vario 125 saya masih setia mendampingi.

Kelebihan Setelah 8 Tahun Pemakaian

  • Irit BBM

Dari awal beli sampai saat ini, untuk konsumsi BBM Alhamdulillah sangat irit dan sangat bersahabat untuk dompet. Isi Rp 56.000 (Full Tank) bisa digunakan untuk  1 minggu lebih 2 hari jika dengan kecepatan konstan atau bahasa awam yaitu tidak ngebut-ngebutan diseluruh kondisi medan jalan. Tapi jika digunakan untuk kecepatan tinggi atau dalam kondisi terburu-buru, Rp 56.000 cukup untuk 4 sampai 5 hari. 

Rincian hasil Real Time penggunaan:

  • Magelang ke Jogja PP (Rp 56.000) Bisa Banget.
  • Magelang ke Semarang PP (Rp 56.000) Cukup.
  • Magelang ke Semarang Via Weleri (Rp 56.000 x 2).
  • Magelang-Jogja-Purworejo-Magelang (Rp 56.000 x 3).
  • Mesin Bandel

Setelah 8 tahun bagaimana dengan kondisi mesin? Alhamdulillah untuk kondisi mesin sehat dan super aman, tidak pernah namanya mesin kepanasan, mogok tiba-tiba, dan jebol. Untuk kondisi mesin tergantung dari tingkah atau pola pemakaian sobat! Sebab jika motor sering digunakan untuk kecepatan tinggi atau kurangnya perawatan secara berkala seperti: 

  • ganti oli mesin dan gardan
  • ganti air radiator 
  • ganti suku cadang cvt
  • ganti saringan udara

Sumber: BukaLapak
Sumber: BukaLapak
  • Tenaga Cukup

Untuk tenaga motor berumur 8 tahun, Alhamdulillah dapat dikatakan sangat cukup untuk penggunaan harian dan untuk jalan jauh. Memang untuk tenaga setiap motor berbeda-beda tergantung pada tingkah laku berkendara, namun ada baiknya jika ingin tenaga motor kesayangan anda tidak menurun lebih baik secara berkala servis ke bengkel sesuai buku panduan.

Untuk pengguna kantoran dan mahasiswa, Honda Vario 125 produksi tahun 2014 masih sangat oke dikala dikejar dealine atau sekedar aktivitas mahasiswa. Disaat ingin buru-buru tenaga selalu mengisi secara optimal jika mesin optimal juga, disaat berada di tanjakan curam seperti weleri atau wonoroto jawa tengah juga sangat handal.

Untuk pengguna ibu-ibu yang rutinitas penggunaan jarak dekat seperti mengantar anak atau ke pasar, Honda Vario juga sangat cocok. karena tenaga yang optimal namun tidak terlalu menyentak jika tidak sengaja tuas gas tertarik atau nyangkut. Pastinya hal tersebut sering menjadi pertimbangan para suami untuk mencari kendaraan yang cocok untuk istri.


  • Pajak Makin Murah

Setiap kendaraan pasti terdapat sebuah penyusutan nilai, baik penyusutan nilai jual beli dan maupun penyusutan total pajak pertahun. Untuk Honda Vario 125 tahun 2012-2014 non LED memiliki rata-rata nilai pajak sebesar +/- Rp 200.000 Rp 400.000-an.

Untuk jumlah pajak Honda Vario milik saya berada di Rp 223.200, pajak tersebut berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Depok Jawa Barat. Dalam hal tersebut dapat saya simpulkan sebagai pajak kendaraan yang terjangkau bagi mahasiswa dan pegawai kantoran dengan pertimbangan ingin memiliki motor dengan tahun yang belum terlalu tua, irit, dan terjangkau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan