Berkembangnya teknologi informasi yang menyebabkan menyebarnya informasi diketahui secara cepat merupakan adanya perkembangan zaman yang sangat pesat. Pengiriman data, pengiriman berita, dan Informasi global bisa diketahui dengan mengikuti arus perkembangan teknologi informasi di dunia.Â
Kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini akan berakibat pada dunia perbisnisan yang juga mengalami peningkatan perkembangan dan persaingan usaha yang daya saingnya semakin kuat. Akibat dari persaingan usaha yang semakin kuat tersebut akan berdampak pada hubungan perusahaan dengan konsumen.Â
Faktor utama dalam dunia bisnis adalah Konsumen yang merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan yang kuat antar perusahaan. Tidak hanya produk atau jasa yang berkualitas yang diinginkan konsumen, tetapi layanan pelanggan yang cepat dan unggul demi kebutuhan dan keinginan konsumen yang meningkat dari waktu ke waktu merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Untuk memenangkan persaingan pasar yang kompetitif diperlukan strategi yang unggul salah satunya dengan strategi merek.
Pada saat  ini membludaknya perusahaan dengan kompetisi untuk menguasai pangsa pasar  yang  ada, dengan  strategi pemasaran yang cepat dan unggul unuk mendapat tanggapan yang positif di benak konsumen. Perusahaan harus menuntut pihak manajemen  di perusahaannya supaya dapat mempertahankan pelanggan dan menambah konsumen supaya keuntungan perusahaan semakin tinggi.Â
Tidak hanya  itu, perusahaan yang mampu berinovasi secara terus menerus dibutuhkan kinerja yang optimal oleh sumber daya manusianya sehingga dapat bersaing dalam dunia bisnis yang kompetitif.  Strategi pemasaran yang  cepat dan unggul tidak hanya diterapkan  di suatu perusahaan besar tetapi UKM juga harus menerapkan strategi pemasaran yang sama demi kelangsungan hidup perusahaan pada masa yang akan datang dengan menerapkan produk di dalam benak konsumen. Kelebihan dan keistimewaan produk serta kualitas produk yang terjamin dapat dihasilkan dari kegiatan promosi untuk menciptakan kepuasan pada konsumen.Â
Adanya keberadaan merek dianggap sebagai faktor bisnis yang utama sehingga minat konsumen untuk membeli produk tersebut semakin besar. Setiap merek yang ditawarkan harus mempunyai keistimewaan tersendiri yang membuat unik dan menjadi pembeda dengan produk lainnya. Merek merupakan tanda pengenal yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang biasanya terdiri dari kombinasi desain, nama, simbol,dan tanda, untuk mengidentifikasi dan pembeda barang dan jasa dari suatu perusahaan sendiri dan pesaingnya.
Untuk memengaruhi dan memahami keputusan pembelian, maka perusahaan harus memiliki citra merek/brand name yang melekat kuat dibenak konsumen. Perusahaan yang mampu dalam menciptakan dan membangun merek yang melekat kuat akan memiliki nilai pembeda dan keistimewaan dari perusahaan lain.
Citra merek merupakan akibat dari hasil pemahaman konsumen tentang merek suatu produk yang dirasa, dipikirkan atau dibayangkan. Citra merek yang diciptakan untuk suatu produk pastinya sangat berguna bagi para konsumen karena pengaruhnya yang kuat tersebut. Banyaknya produk yang ditawarkan dalam dunia bisnis membuat konsumen bingung akan fungsi dari produk tersebut, karena itulah merek sangat dibutuhkan untuk mengenali produk dan memberikan informasi tentang produk tersebut. Maka dari itu, adanya suatu brand name akan memudahkan konsumen untuk memberi penilaian suatu produk.
Strategi pemasaran dapat dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkuat merek produk di benak konsumen, dengan cara menggunakan strategi merek. Merek bisa menjadi ciri khas yang unik antara produk yang sejenis, semakin merek tersebut kuat maka produk tersebut semakin terkenal dikalangan masyarakat. Namun diperlukan cara untuk membuat merek melekat dibenak konsumen dengan meningkatkan kualitas produk, maka akan menarik perhatian konsumen dan menciptakan kesan yang positif dimata konsumen.Â
Konsumen berpikir bahwa merek dapat memberikan nilai tambah bagi mereka. Hal tersebut dikarenakan adanya pemahaman yang menyebabkan konsumen tertarik untuk membelinya, dengan begitu konsumen rela membayar mahal untuk memperoleh produk yang diinginkan. Perusahaan yang baik pastinya mampu memberikan citra produk positif bagi konsumen.
Untuk dapat bersaing di dunia bisnis yang sangat pesat sekarang, diharapkan perusahaan bukan hanya mengandalkan brand namenya saja tetapi juga memperhatikan kualitas produk, strategi pemasaran, dan memberikan pelayanan terbaik.