Mohon tunggu...
Eriyani Juniar
Eriyani Juniar Mohon Tunggu... Dosen - ੈ♡‧₊˚

hi there

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila dan Segala Tantangannya dalam Era Revolusi 4.0

8 Desember 2021   22:20 Diperbarui: 8 Desember 2021   22:25 117 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi Pancasila sebagai cara hidup, dasar negara, dan identitas nasional memiliki berbagai tantangan dari waktu ke waktu sehingga keberadaan Pancasila sebagai sebuah ideologi harus dipertahankan, terutama dalam revolusi industri 4,0. Revolusi industri 4.0 memiliki dampak yang positif bagi tata dunia modern. 

Namun perlu diketahui , revolusi Industri 4.0 juga memiliki dampak untuk masa depan ideologi, system social, agama, dan manusia. Secara meyakinkan sains dan high-technology memberikan alternative bagi terciptanya tatanan dunia baru.

Dengan adanya revolusi industri 4.0 sehingga tantangan ideologi Pancasila semakin kompleks dalam mengikuti perkembangan zaman tantangan tidak hanya datang dari ideologi liberalisme, komunisme, individualisme, atheisme, kapitalisme, dalam kehidupan sosial; narkoba, terorisme, dan korupis serta kebudayaan global.

Revolusi industry 4.0 adalah era dimana teknologi menjadi suatu kebutuhan dalam mempermudah setiap pekerjaan, ada hal yang urgen dalam mengembangkan karakter bangsa dengan cara mengamalkan Pancasila yaitu baik dalam menggunakan media sosial.

Peristiwa revoluss 2.0 sampai revolusi 3.0 sudah dilalui oleh ideologi Pancasila dengan benar dan tepat , sehingga tantangan yang dihadapi pada masa revolusi selanjutnya harus dijalankan oleh Indonesia melalui ideologi Pancasila dengan benar dan tepat juga agar ideologi negara republik Indonesia tetap eksis dibumi pertiwi maupaun di bura musantara mi , Pancasila dianggap sebagai leitstar ( bintang penunjuk jalan ) Sehingga perlunya sebuah kajian.

Tantangan yang dihadapi dalam proses penanaman nilai-nilai Pancasila pada era revolusi industri 4.0 saat ini yaitu salah satunya terletak pada peserta didik yang sudah tidak dapat terlepas dari Handphone dan Gadjet. Mereka dengan mudah mendapatkan informasi-informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan