Mohon tunggu...
Eris Kelanadipura
Eris Kelanadipura Mohon Tunggu... Wiraswasta - Tech startup enthusiast & Passive investor

Tech startup enthusiast & Passive investor

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Tips Meningkatkan Omset Penjualan Cafe di Era Pandemi Covid-19

24 Juni 2021   15:24 Diperbarui: 24 Juni 2021   15:33 1293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pandemi Covid-19 sudah satu tahun berlangsung dan hingga hari ini semua elemen kehidupan masih terus berjuang untuk beradaptasi, demikian juga dengan bisnis.  Sejak diberlakukannya social distancing atau menjaga jarak, aturan ini memberikan dampak signifikan dalam produktivitas banyak bisnis, seperti restoran atau cafe, baik yang berskala besar atau kecil. Semua mendapatkan dampak yang sama.

Masyarakat tidak diperbolehkan lagi menikmati menu favorit di restoran atau cafe karena peraturan pemerintah yang wajib ditaati oleh semua orang. Ada banyak tempat makan yang tutup karena berkurangnya pengunjung yang datang sehingga penjualan menurun drastis. Pemilik usaha berusaha keras memutar otak agar bisnisnya tidak hancur. Sekarang setelah satu tahun berlalu, apakah restoran dan cafe masih bisa bertahan dalam krisis pandemi ini?

Meskipun banyak bisnis yang tutup tetapi masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mendorong penjualan dan mendapatkan profit. Namun ini artinya, Anda tidak dapat melakukan strategi yang sama karena memang kondisi ekonomi secara global sudah berubah. Satu hal yang menjadi harapan baik bagi para pelaku usaha adalah masih banyak orang yang mengandalkan restoran atau cafe untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, karena tidak semua orang bisa atau mau membuat makanannya sendiri di rumah. 

Di bawah ini, 5 tips yang bisa menjadi inspirasi untuk meningkatkan omset penjualan restoran dan cafe selama pandemi masih berlangsung:

1. Memperbaiki tampilan produk makanan
Sekarang saatnya para pemilik usaha untuk memberi perhatian lebih pada tampilan produk untuk delivery atau dibawa pulang. Anda masih bisa berimprovisasi dalam hal pengalaman personal pelanggan melalui cara ini. Tampilan produk harus meninggalkan kesan kuat pada pelanggan, misalnya dengan memajang foto produk menggunakan digital signage.

Solusi ini bisa membantu Anda memajang konten produk dengan mudah dan praktis melalui komputer atau smartphone. StoreVue, unit digital signage dari Advantech menawarkan pengelolaan konten terpusat melalui pesan digital. Anda hanya perlu terhubung dengan WiFi, jaringan 3G, atau modul LTE untuk bisa membuat konten baru atau memperbarui konten yang sudah ada dengan mudah. 

2. Memperbaiki sistem layanan ordering
Sistem layanan pemesanan tentunya harus ikut berubah untuk bisa memeuhi permintaan yang lebih banyak dari pelanggan. Hal ini bisa dikelola dengan bantuan sistem tampilan dapur atau Kitchen Display System. Sistem ini membuat para koki bisa melihat dengan mudah pesanan yang datang, menetapkan prioritas untuk menyiapkan menu, menentukan perkiraan waktu penyajian, dan banyak lagi. Menggunakan sistem cerdas seperti ini akan mengurangi biaya pekerja. Jadi Anda bisa mengoptimalkan produktifitas dengan sumber daya minimal.

3. Kemudahan menemukan tempat usaha
Di era serba digital dan online seperti sekarang, Anda harus bisa memberikan kemudahan pada pelanggan untuk menemukan restoran atau cafe Anda. Jika bisnis Anda tidak memiliki website sendiri maka media sosial bisa menjadi solusinya, misalnya dengan mengoptimalkan platform Instagram atau Facebook lalu menghubungkan pemesanan melalui chat atau telepon langsung. Anda bisa menggunakan jasa mutilchannel chat sebagai saluran komunikasi yang tersentralisasi dalam satu dashboard yang memudahkan dan efektif. Selain itu, daftarkan cafe atau restoran Anda di aplikasi pemesanan makanan yang populer untuk mendapatkan lebih banyak pesanan.

4. Inspeksi kebersihan secara teratur
Kualitas dan kebersihan makanan harus dijaga dengan baik karena dua hal ini menjadi penentu apakah pelanggan Anda akan kembali memesan atau tidak. Pastikan Anda melakukan inspeksi berkala dan memberikan panduan yang tepat pada staf Anda untuk menjaga kebersihan di dapur juga pribadinya. 

5. Fokus pada digital marketing

Orang lebih banyak tinggal di rumah di masa pandemi ini dan melakukan banyak pekerjaan melalui internet. Situasi ini membuat Anda harus meningkatkan promosi produk melalui digital marketing. Memasang iklan di media sosial atau mengirimkan newsletter pada pelanggan adalah strategi yang baik untuk meningkatkan penjualan Anda. Menciptakan konten di media sosial secara teratur, memanfaatkan layanan iklan gratis ataupun berbayar bisa menambah jangkauan pelanggan yang lebih luas secara online.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun