Mohon tunggu...
Erista Zulki Fahrudi
Erista Zulki Fahrudi Mohon Tunggu... -

Praktisi Pendidikan, dengan fokus Pendidikan Sejarah. Lahir di Pacitan, Jawa Timur pada 20 September 1989. Pendidikan S1: STKIP PGRI Pacitan dan S2: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Upacara Adat Ceprotan Daerah Donorojo, Kabupaten Pacitan

10 Maret 2015   10:15 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:54 1435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

A.PACITAN

Pada masa pemerintahan Sultan Agung (1613-1645) nama  Pacitan telah muncul dalam babat Momana. Sejarah Pacitan berawal dari kedatangan Ki Buwanakeling, yaitu salah satu utusan Raja Brawijaya ke daerah di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah pada abad ke-XII M. Keturunan Ki Buwanakeling menjadi penguasa hingga empat generasi. Ketika Islam mulai masuk Ki Buwonokeling ke-IV yang menjadi penguasa daerah itu keberatan ketika Kyai Ageng Petung, salah satu penyebar Islam di tanah Jawa, menyebarkan agamanya ke Pacitan. Keduanya bersitegang dan berperang. Konon Ki Buwanakeling Ke-IV memiliki kesaktian yang membuatnya tidak bisa dibunuh. Dalam perang itu, Kyai Ageng Petung berhasil membunuhnya dengan memenggal tubuh Ki Buwanakeling menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian tubuhnya dimakamkan di tiga tempat berbeda yang dipisahkan dengan aliran sungai. Islam pun mulai tumbuh di Pacitan.

Nama Pacitan berasal dari kata “Pace” (buah Pace atau Mengkudu). Nama itu pertama kali disebutkan oleh Raja Mangkubumi yang berhasil disembuhkan oleh air buah pace saat lumpuh. Setroketipo, salah satu keturunan Buwanakeling ke-V yang beragama Islam adalah orang yang memberikan air buah Pace kepada Mangkubumi. Sejarah berlanjut hingga akhirnya Pacitan dipegang oleh Joyoniman atau Kanjeng Jimat keturunan Buwanakeling ke-XII yang berkuasa sejak 1840. Kata “Jimat” atau kabarang keramat yang diberikan kepada Joyoniman berawal dari tugas yang diberikan Pangeran Diponegoro kepada Joyoniman untuk menjaga gedung yang berisi barang keramat.

Kanjeng Jimat adalah sosok yang sederhana dan penganut Islam yang taat. Pembangunan Pacitan beraroma keislaman adalah salah satu cita-citanya. Oleh karena itu ketika Kanjeng Jimat meninggal dunia beliau mewasiatkan untuk dikubur di atas bukit yang berhadapan dengan kota Pacitan yaitu di Giri Sampoerna. Meski di giri sampoerna bersemayam tokoh besar Pacitan, namun makam seluas 8x10 meter itu tergolong sederhana karena tidak ada ornamen yang terukir disana. Akan tetapi makam Kanjeng Jimat menjadi magnet bagi warga Pacitan yang masih percaya pada kekeramatan sebuah makam. Ada tiga makam di Pacitan yang sering dikunjungi, yaitu Makam Kanjeng Jimat, Makam Setroketipo, dan Makam Buwanakeling.

Pacitan memang memiliki sejarah yang jauh dari panjang. Daerah ini adalah daerah tujuan Raja-raja Jawa yang ingin melakukan tapa nyepi. Ketika Jendral Sudirman dikejar-kejar Belanda, Beliau memilih bersembunyi di Pacitan dan memimpin strategi penyerangan disalah satu bukit di Pacitan. Demikianlah sejarah kota Pacitan yang merupakan kota yang penuh dengan kesederhanaan yang ditorehkan oleh Ki Buwanakeling, Ki Stroketipo, dan Kanjeng Jimat. Dan juga merupakan kota  kelahiran Pemimpin Negara Indonesia yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

B.DONOROJO

Donorojo adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Donorojo terdiri dari 12 desa yaitu: desa Donorojo, desa Belah, desa Sukodono, desa Gendaran, desa Cemeng, desa Gedompol, desa Sekar, desa Klepu, desa Widoro, desa Sawahan, dan desa Kalak. Batas kecamatan Donorojo di sebelah barat dan sebelah utara adalah Kabupaten Wonogiri, sebelah timur Kecamatan Punung, dan sebelah selatan adalah Samudra Hindia.

Kehidupan masyarakat Donorojo sebagian besar adalah bekerja pada bidang pertanian dan mengelola lahan kering. Pada waktu musim penghujan ditanami padi dan menjelang musim kemarau ditanami palawija. Hanya sebagian kecil yang menggunakan persawahan. Sebagian penduduk juga sebagai perantau atau penduduk boro yang merantau di Jakarta, Solo, dan kota besar lainnya.

Potensi Kecamatan Donorojo antara lain adalah kerajinan batu akik, pertanian (gaplek, padi, dan palawija), dan tanaman rempah. Potensi di bidang pariwisata meliputi pantai klayar, pantai watu karung, goa kalak, sedangkan untuk kesenian terdapat peninggalan bersejarah yaitu wayang beber yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Beberapa kesenian yang lainnya adalah jaranan enem, tari oklik/oglor, dan upacara adat Ceprotan.

C.CEPROTAN

Upacara adat Ceprotan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Pacitan khususnya masyarakat Desa Sekar Kecamatan Donorojo selalu dilaksanakan tiap tahun pada bulan Dzulqaidah (Longkang), hari Senin Kliwon. Acara ini dimaksudkan untuk mengenang pendahulu Desa Sekar yaitu Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun melalui kegiatan bersih desa. Upacara ini diyakini dapat menjauhkan desa tersebut dari bala dan memperlancar kegiatan pertanian yang merupakan mata pencaharian utama bagi kebanyakan penduduknya. Lokasi upacara Ceprotan yaitu di Desa Sekar, Kecamatan Donorojo, kota Pacitan yang jaraknya kurang lebih 40 km ke arah barat dari pusat kota.

1.Kronologis

Upacara adat ini dimulai dengan pengarakan kelapa muda yang digunakan sebagai alat “ceprotan” menuju tempat dilaksanakannya upacara yang biasanya berupa tanah lapang. Kelapa-kelapa ini ditempatkan pada keranjang bambu dengan anyaman yang jarang-jarang dan dibawa oleh pemuda setempat.

Sebelum acara dimulai, tetua adat membacakan doa-doa. Upacara dilanjutkan dengan ditampilkannya sendratari yang menceritakan pertemuan antara Ki Godeg dengan Dewi Sekartaji. Kemudian pemuda-pemuda ini dibagi menjadi dua kubu yang ditempatkan secara berseberangan. Keranjang berisi kelapa muda yang telah dikuliti dan direndam selama beberapa hari agar tempurungnya melunak, diletakkan di depan masing-masing anggota kubu yang telah berjajar dengan posisi menghadap ke arah kubu lawan. Antar kedua kubu ini diberi jarak beberapa meter sehingga mereka tidak berhadapan secara langsung dan diantara mereka diletakkan sebuah ingkung atau ayam utuh yang dipanggang.

Setelah semua siap, anggota dari kedua kubu mulai saling melempar kelapa muda yang berada di depan mereka. Setiap orang yang terkena lemparan hingga kelapa yang dilempar pada mereka pecah dan airnya membasahi tubuhnya dianggap sebagai orang yang kelak akan mendapatkan rezeki yang melimpah.

Ayam panggang yang diletakkan di tengah-tengah arena tidak diperebutkan melainkan disimpan untuk dimakan bersama-sama pada akhir acara. Setelah semua kelapa habis, kegiatan saling melempar kelapa yang dinamakan ceprotan ini diakhiri dengan pembacaan doa kembali. Pada penutupan acara ceprotan ini juga dilakukan tarian-tarian singkat yang mengiringi kepergian pemuda-pemuda yang telah melakukan ceprotan.

2.Peralatan dan Makna Simbolik

Sendratari yang ditampilkan pada awla acara menceritakan tentang pertemuan antara Ki Godeg dengan Dewi Sekartaji. Menurut kepercayaan masyarakat Donorojo, Ki Godeg merupakan orang pertama yang membuka atau istilahnya “membabad” wilayah itu yang semula berupa hutan belantara. Ki Godeg merupakan nama lain dari Panji Asmorobangun, seseorang yang sakti mandraguna dari daerah Kediri. Karena keuletan dan keahlian dari Ki Godeg tersebut, wilayah yang semula berupa hutan belantara berhasil diubah menjadi lahan pertanian.

Suatu ketika, beliau bertemu dengan dua orang wanita yang sedang menempuh perjalanan. Kedua wanita tersebut sebenarnya adalah titisan dewi yaitu Dewi Sukonadi dan Dewi Sekartaji. Mereka beristirahat di wilayah yang telah dibabad Ki Godeg. Salah satu dari dewi tersebut yaitu Dewi Sekartaji merasa kehausan. Karena merasa kasihan, Ki Godeg menawarkan diri untuk mencarikan minuman bagi dewi tersebut. Dewi Sekartaji kemudian meminta air kelapa muda untuk mengobati dahaganya. Sayangnya, diwilayah tersebut tidak terdapat pohon kelapa sama sekali. Namun demi memenuhi permintaan dari Dewi Sekartaji, Ki Godeg melakukan matekaji atau menggunakan  ilmunya untuk masuk ke dalam tanah guna mencari kelapa muda di tempat yang cukup jauh. Tempat dimana Ki Godeg masuk ke dalam tanah berubah menjadi sumber mata air, kemudian tempat beliau keluar dari tanah juga menjadi mata air yaitu di daerah Wirati, Desa Kalak. Mata air tersebut dinamakan Kedung Timo. Setelah beliau menemukan pohon kelapa, Ki Godeg memanjat dan mengambil kelapa mudanya, lalu kembali lagi ke tempat semula dimana Dewi Sekartaji menunggu beliau. Tempat beliau kelaur dari tanah saat kembali juga menjadi mata air. Dewi Sekartaji yang kehausan segera meminum air kelapa muda yang dibawakan oleh Ki Godeg.

Sisa dari air kelapa muda yang tidak habis diminum oleh Dewi Sekartaji ditumpahkannya di tempat dewi tersebut berdiri. Air kelapa yang menyentuh tanah seketika menjadi sumber air yang hingga sekarang dikenal sebagai Sumber Sekar. Dewi Sekartaji kemudian berpesan pada Ki Godeg, jika kelak tempat tersebut menjadi pemukiman agar dinamai Desa Sekar. Untuk pemuda yang ingin ngalap berkah untuk mencari sandang pangan disuruhnya menggunakan cengkir yang dalam Bahasa Indonesia adalah kelapa muda. Hari terjadinya peristiwa tersebut adalah Senin Kliwonpada bulan Longkang atau Dzulqaidah.

Kelapa muda yang digunakan sebagai alat utama dalam upacara ini merupakan cengkir yang dimaksud oleh Dewi Sekartaji. Makna simbolik dari cengkir ini terletak pada kepanjangan dari cengkir menurut orang Jawa yaitu ceng-cenge pikir. Jadi, merujuk dari pesan Dewi Sekartaji bahwa untuk pemuda yang ingin ngalap berkah untuk mencari sandang pangan, disuruh menggunakan cengkir atau ceng-cenge pikir yang artinya mengandalkan daya pikir atau otaknya.

Kemudian mengenai acara saling melempar kelapa muda, mengandung makna saling membantu dalam mencari rezeki dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. “Ingkung” atau ayam panggang utuh yang berada di tengah arena upacara melambangkan rezeki yang harus di usahakan atau dicari oleh para pemuda.

3.Nilai-nilai yang Trekandung dalam Upacara Adat Ceprotan

Selain nilai kebudayaan dan sejarah, upacara adat Ceprotan sekaligus legenda yang melatarbelakangi sarat dengan nilai-nilai lain yang harus dicermati dan dapat diamplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama mengenai kegigihan Panji Asmorobangun atau yang dikenal sebagai Ki Godeg dalam usaha-usahanya membuka dan membangun suatu wilayah di Pacitan yang kini dikenal dengan nama desa Sekar, kecamatan Donorojo menjadi daerah pertanian. Daerah ini sebenarnya merupakan daerah yang tandus mengingat kandungan kapur dalam tanahnya yang cukup tinggi. Namun kini wilayah tersebut menjadi salah satu penghsail padi dan kelapa yang cukup diperhitungkan di Kabupaten Pacitan.

Kedua mengenai kebaikan hati beliau menolong orang yang kesusahan yaitu dalam legenda ini Dewi Sekartaji, serta pengorbanan yang dilakukannya.

Ketiga mengenai pesan yang disampaikan oleh Dewi Sekartaji pada generasi muda yaitu untuk mengandalkan pikirannya dalam mencari penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup.

Nilai lain yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah mengenai ingkung yang disediakan di tengah arena. Ingkung ini memang seolah menjadi sntral dari Upacara Ceprotan karena melambangkan rezeki yang dicari. Namun ingkung tersebut tidak diperebutkan. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda harus berusaha optimal dalam meraih apa yang diinginkan, tetapi jangan sampai melanggar hak dan kepentingan orang lain.

Doa pada awal dan penutup upacara juga memiliki nilai tersendiri, bahwa generasi muda harus memulai dan mengakhiri setiap usaha-usaha yang dilakukan dengan doa. Dengan doa yang melambangkan pengharapan dan kepasrahan terhadap Sang Pencipta. Kita harus meyakini jika usaha yang kita lakukan sudah maksimal, Tuhan akan membalasnya dengan hasil yang memuaskan.

4.Prospek Nilai dalam Kehidupan Nasional

Nilai-nilai dalam Upacara Adat Ceprotan tersebut tentu memiliki prospek dalam kehidupan Nasional. Pertama adalah masalah keyakinan kita terhadap Tuhan. Kegiatan doa pada awal dan penutupan upacara yang melambangkan pengharapan dan kepasrahan kita terhadap Sang pencipta, mengingat bahwa kita harus memulai dan mengakhiri setiap usaha-usaha yang kita lakukan dengan doa.

Disadari atau tidak, masyarakat Indonesia yang terkena imbas globalisasi dan meningkatnya tekanan hidup terutama di bidang ekonomi, kebanyakan menjadi semakin populer. Mereka bersusah payah mengejar tujuannya namun lupa berdoa untuk meminta bantuan, rakhmat, serta restu dari Sang Penguasa Alam. Saat mereka mendapat apa yang dicita-citakan, mereka lupa bersyukur pada Kekuatan Tak Terlihat yang menuntun dan memudahkan jalan mereka dalam proses pencapaian tersebut. Sedangkan jika mereka gagal, orang-orang tersebut akan menggerutu pada Tuhan. Mereka mengalihkan kekecewaannya dan mencoba menutupi kegagalan yang sebenarnya bersumber dari diri mereka sendiri dengan menyalahkan Penciptanya.

Selanjutnya mengenai sikap gemar menolong yang rupanya saat ini ikut menghilang. Manusia yang menjadi komponen bangsa ini tampaknya lebih senang saling menuding atas kerusakan-kerusakan serta kesulitan di berbagai sektor yang dialami oleh negara. Jika sikap saling menolong ini saja sudah langka, apalagi pengorbanan yang dibutuhkan untuk menjadikan bangsa ini menjadi lebih baik hanya sebuah impian belaka.

Intisari dari upacara tersebut yaitu mengenai cengkir atau ceng-cenge pikir. Bangsa ini membutuhkan otak-otak yang siap diperas untuk memikirkan banyak hal demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Generasi muda yang menjadi fokus utama, harus giat menuntun ilmu pengetahuan, bukan hanya untuk formalitas, gelar, ataupun merencanakan masa depannya sebagai karyawan melainkan lebih dari itu, yaitu untuk mewujudkan lapangan-lapangan kerja, inovasi-inovasi, dan kreatifitas tingkat tinggi yang diperlukan untuk mengangkat kesejahteraan, harkat, serta maertabat bangsa.

Mengenai ingkung, kita diingatkan agar dalam usaha mencapai tujuan, tidak boleh saling sikut. Fenomena negatif ini telah mewarnai berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Secara utuh, upacara ini mengajak generasi penerus untuk menengok ke belakang, melihat dan meneladani apa yang dilakukan oleh para pendahulu kita dan menerapkannya dalam kehidupan masa kini. Dimulai dari perilaku pribadi hingga sikap berbangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

D.    KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, Upacara adat Ceprotan merupakan tradisi masyarakat Pacitan khususnya masyarakat Desa Sekar Kecamatan Donorojo yang dilaksanakan tiap tahun pada bulan Dzulqaidah (Longkang), hari Senin Kliwon. Acara ini dimaksudkan untuk mengenang pendahulu Desa Sekar yaitu Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun melalui kegiatan bersih desa. Upacara ini diyakini dapat menjauhkan desa tersebut dari bala dan memperlancar kegiatan pertanian. Lokasi upacara Ceprotan yaitu di Desa Sekar, Kecamatan Donorojo, kota Pacitan yang jaraknya kurang lebih 40 km ke arah barat dari pusat kota. Upacara adat ceprotan ini juga menuntun kita untuk berusaha dalam mencapai tujuan hidup. Saling tolong menolong sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Doa yang merupakan pengharapan pada Sang Pencipta sangat berberan penting dalam pencapaian apa yang dicita-citakan. Ingkung yang melambangkan hasil dari usaha yang dicapai mencontohkan pada kita bahwa setiap usaha pasti ada hasilnya. Jika usaha yang kita lakukan sudah maksimal, pasti hasilnya akan memuaskan pula.

6.Saran dan Pesan

Pesan yang disampaikan adalah:

·üSudah seharusnya generasi muda membekali dirinya dengan ilmu pengetahuan serta ketrampilan agar dapat mencapai kesejahteraan bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

·üDiharapkan generasi muda saling bahu membahu dalam mencapai cita-cita yang ingin dicapai.

·üGenerasi muda harus berusaha optimal dalam meraih apa yang diinginkan, tetapi jangan sampai melanggar hak dan kepentingan orang lain.

üGenerasi muda harus memulai dan mengakhiri setiap usaha-usaha yang dilakukan dengan doa. Karena doa melambangkan pengharapan dan kepasrahan terhadap Sang Pencipta. Kita harus meyakini jika usaha yang kita lakukan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun