Mohon tunggu...
Mary Senlitanto
Mary Senlitanto Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru yang mengajar di SMP Swasta Katolik Santo Yoseph Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Canva terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik di SMP Katolik Santo Yoseph Noelbaki

21 November 2022   12:51 Diperbarui: 21 November 2022   13:01 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mary Senlitanto, S.Pd (11 November 2022)


"Tak kenal maka tak sayang". Mari berkenalan. Nama saya Mary Senlitanto, S.Pd. Saya adalah seorang guru bahasa inggris di SMP Swasta Katolik Santo Yoseph Noelbaki. SMP Swasta Katolik Santo Yoseph Noelbaki adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang terletak di jalan KM. 15 Noelbaki, tepatnya di desa Noelbaki, kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Letak sekolah ini sangat strategis persis di pinggir jalan sehingga tidaklah sulit untuk menemukannya. 

Sekolah ini adalah sebuah sekolah swasta yang disebut sebagai sekolah independen di bawah naungan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Swasti Sari Keuskupan Agung Kupang yang diketuai oleh RD. Hironimus Pakaenoni dan dipimpin oleh seorang kepala sekolah bernama Egidius Riwu, S.Fil. Meskipun berstatus sekolah swasta, namun sekolah ini juga ikut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia berkarakter unggul yang tercantum sangat jelas dalam Visi dan Misi dari sekolah ini.

Salah satu misi sekolah ini adalah melaksanakan proses belajar mengajar yang ramah anak dan kontekstual berdasarkan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Dalam proses pembelajaran dibutuhkan keaktifan yang tinggi baik oleh peserta didik maupun guru. 

Peran guru yang inovatif dibutuhkan sebagai fasilitator agar dapat membantu peserta didik mengembangkan potensinya untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru selama proses belajar mengajar. Hal ini dapat tercapai jika pembelajaran didesain dengan menarik sehingga efektif digunakan. Kualitas dari pembelajaran salah satunya ditentukan oleh kemenarikan desain pembelajaran yang disusun secara sistematis. Nah, media yang akan digunakan juga merupakan bagian yang terpenting dalam proses desain pembelajaran.

Di era industri 4.0 ini, pembelajaran di sekolah diharapkan menggunakan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Berkaitan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju berdampak pula terhadap semua kegiatan pembelajaran di sekolah termasuk salah satunya yaitu pembelajaran bahasa inggris. 

Dimana dalam proses belajar guru diharapkan mampu menggunakan teknologi yang canggih untuk membuat kegiatan belajar yang kreatif, semangat dan terampil. Salah satu perkembangan teknologi media yang dimaksud adalah CANVA sebagai media yang menarik dan memotivasi peserta didik untuk berpikir kreatif. Canva merupakan aplikasi desain online yang di dalamnya terdapat berbagai desain poster, grafik, brosur, presentasi, logo, video, sampul buku dan lainnya serta bisa juga berkoneksi dengan media sosial yang kita punya. Penggunaan serta manfaatnya itu untuk membuat media ajar yang menarik dengan desain yang ada. 

Guru dan peserta didik berkreasi menciptakan suatu karya yang menarik untuk ditampilkan sebagai media pembelajaran di kelas. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, kreativitas serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik sehingga media ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai ranah kehidupan. Media Canva sebagai media yang menyenangkan karena peserta didik menggunakan fitur -- fitur yang menarik di dalamnya.

Nah, bertolak dari pengalaman saya selama mengajar bahasa inggris di SMP Swasta Katolik Santo Yoseph Noelbaki penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif belum dimaksimalkan. Media pembelajaran ini belum banyak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas ataupun pembelajaran mandiri. 

Hal ini menyebabkan siswa pasif pada saat proses pembelajaran dalam kelas sedang berlangsung. Peserta didik kelihatan tidak bersemangat, malas bahkan mengantuk seakan-akan mereka tidak tertarik pada pembelajaran bahasa inggris. Hal ini ditunjukkan dari sikap peserta didik selama pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, kreatif dan inovatif. 

Maka praktik ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran yang menarik dan kreatif agar minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa inggris pun semakin meningkat yang terintegrasi dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan materi procedure text. Dan sekarang, saya sedang mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun