Mohon tunggu...
Erisa Setyaviani Alfrizki
Erisa Setyaviani Alfrizki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lensa UNISA: Media Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi

27 Januari 2022   09:40 Diperbarui: 27 Januari 2022   09:42 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Apakah anda masih ingat dengan berita yang tayang pada tanggal 11 maret 2020 lalu ? Pada hari rabu itu organisasi kesehatan dunia (WHO) mengumumkan bahwa virus corona atau Covid-19 menjadi pandemi. Virus ini  menyebar ke seluruh dunia dengan cepat dan semua negara didunia mengalami dampak virus Covid-19 ini. 

Virus yang menyebar melalui percikan kecil atau droplet tetapi mempunyai dampak yang dahsyat terutama dalam dunia kesehatan, semua rumah sakit penuh dan overload dipenuhi pasien yang terjangkit virus Covid-19 ini. Dan semua negara memberlakukan pembatasan besar besaran untuk mencegah penularan lebih besar lagi, semua aktifitas lumpuh total semua dilakukan dari rumah mulai dari pekerjaan sampai pendidikan.

Dampak dari pandemi Covid-19 di bidang pendidikan sangat signifikan, mulai dari sekolah dasar, menengah, atas, sampai perguruan tinggi mengalami dampaknya , sehinga semua kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah walaupun pada awal awal penerapan pembelajaran dari rumah ini banyak kendala yang dirasakan oleh murid maupun guru , mahasiswa maupun dosen. 

Tetapi seiring dengan berjalanya waktu semua dapat beradaptasi dengan keadaan ini. Semua lembaga pendidilan dari dasar sampai perguruan tinggi mencari solusi dan cara agar kegiatan pembelajaran bisa dilakukan walaupun dengan belajar jarak jauh.

Salah satunya di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta mempunyai teknik dan cara yang efektif media untuk pembelajaran secara jarak jauh atau biasa disebut pembelajaran daring yaitu dengan mengunakan media LENSA UNISA , lensa unisa ini adalah media web dari UNISA di dalamya audah lengkap dengan fitur fitur yang memudahkan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran , cara kerja lensa unisa adalah dengan mahasiswa login ke akun lensa dan jika sudah login bisa mengakases semua fitur di lensa unisa, fitur fitur lensa diantaranya semua materi yang diajarkan dosen ada didalamnya, disitu juga dosen biasa mengirim tugas , mengirim link video edukasi pebelajaran, sampai soal soal latihan sehari hari, soal UTS dan soal UAS semua ada di dalam lensa , penggunaannya juga tidak ribet mudah dipahami dan mudah diakses.

Dengan adanya lensa unisa ini pembelajaran di masa pandemi Covid-19 bisa dilakukan dengan efektif serta tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan lebih besar lagi, jika tidak ada lensa unisa ini kemungkinan pembelajaran akan sulit terlaksana karena jika hanya mengandalkan media sosial tanpa ada sistem web yang mengatur nya akan tidak efektif. 


Sebagai mahasiswa tentunya kita tidak mau ketingalan pembelajaran karena jika sampai ketingalan pembelajarn otomatis berpengaruh pada kelulusan yang tertunda, dengan sudah adanya lensa unisa ini kedepanya diharapkan bisa tercapai pembelajaran yang lebih bagus lagi dan juga akan ada solusi lagi bagi mahasiswa khususnya fakultas kesehatan yang memerlukan praktikum offline untuk meningkatkan kemampuan diri nya, semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu agar kita bisa melakukan aktifitas normal seperti biasa, beruntung kita mempunyai sistem lensa unisa ini yang menjadi solusi pembelajaran mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta di tengah keterbatasan di masa pandemi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun