Abstrak
Pendidikan karakter, khususnya dalam hal pembentukan disiplin dan tanggung jawab siswa, merupakan aspek krusial dalam pengembangan potensi peserta didik. Guru sebagai agen utama pendidikan memiliki peran strategis melalui penerapan teknik modifikasi perilaku untuk membimbing perubahan perilaku positif pada siswa. Artikel ini membahas peran guru dalam menerapkan modifikasi perilaku sebagai upaya membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dengan berbagai pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukan bahwa guru berperan sebagai teladan, pembimbing, dan fasilitator yang konsisten dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembentukan karakter siswa. Sinergi antara guru, orang tua, dan lingkungan sosial menjadi kunci keberhasilan modifikasi perilaku dalam proses pendidikan karakter di sekolah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin Siswa, Tanggung Jawab Siswa, Peran Guru.
Abstract
Character education, especially in the formation of student discipline and responsibility, is a crucial aspect in developing the potential of learners. Teachers, as the main agents of education, play a strategic role through the application of behavior modification techniques to guide positive behavioral changes in students. This article discusses the role of teachers in implementing behavior modification as an effort to shape disciplined and responsible character through a qualitative study using various approaches including observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that teachers act as role models, mentors, and facilitators who consistently create a learning environment that supports character building in students. The synergy among teachers, parents, and the social environment becomes a key to the success of behavior modification in the process of character education in schools.
Keywords: Character Education, Student Discipline, Student Responsibility, Teacher's Role.
Â
PENDAHULUAN
Perilaku disiplin dan tanggung jawab pada siswa merupakan bagian integral dari pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Guru memegang peran sentral sebagai pendidik dan teladan dalam membimbing siswa agar memiliki sikap bertanggung jawab dan disiplin yang kuat. Pembentukan karakter ini bukan hanya tentang pengajaran kognitif, tetapi juga melibatkan perubahan perilaku yang berkelanjutan melalui teknik modifikasi perilaku yang terencana dan sistematis. Modifikasi perilaku menjadi penting karena usia dini merupakan masa perkembangan pesat dari aspek sosial dan emosional yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Melalui tindakan nyata guru di kelas dan lingkungan sekolah, perubahan perilaku, baik pengurangan perilaku negatif maupun penguatan perilaku positif, dapat dilakukan dengan efektif. Selain itu, keterlibatan orang tua dan komunikasi yang baik antara guru dan keluarga juga sangat menentukan keberhasilan pembentukan karakter ini. Pendidikan karakter yang komprehensif akan membekali siswa dengan sikap dan kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan akademik dan sosial secara bermakna. Oleh karena itu, guru sebagai agen perubahan harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang selain mengembangkan aspek intelektual, juga membangun karakter siswa secara utuh.
PEMBAHASAN
Peran guru dalam membentuk karakter siswa merupakan aspek yang sangat penting dan strategis dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi pembelajaran secara akademis, tetapi juga memiliki tanggung jawab sebagai teladan dalam sikap dan perilaku yang positif. Hal ini sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian siswa, terutama dalam hal kedisiplinan dan rasa tanggung jawab. Guru yang konsisten dan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana guru menjalankan perannya sebagai pembimbing, fasilitator, dan model perilaku positif yang mampu menuntun siswa ke arah perubahan perilaku yang lebih baik.