Mohon tunggu...
Ririe aiko
Ririe aiko Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis, Pengajar dan Pengusaha

Penulis, pengajar sekaligus seseorang yang bergelar "ibu" yang hobi memasak, berwisata dan berkreasi.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Nikmatnya Nasi Liwet Bakar

5 November 2022   10:59 Diperbarui: 5 November 2022   11:00 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hidangan nasi liwet ala kota priangan memang selalu menjadi menu pilihan yang bisa memanjakan lidah. Tak dikota maupun di desa menu liwet sunda selalu jadi menu andalan, bagi para pecinta kuliner. Rasa nasinya yang gurih dipadu dengan Aroma rempah yang menggugah selera, akan membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan. Apalagi dinikmati sambil duduk lesehan bersama sanak keluarga.  Tentu akan menjadi kenikmatan luar biasa yang tak ternilai. 

Menu liwet andalan tiap keluarga berbeda-beda disesuaikan dengan kesukaan para anggota keluarga. Ada yang suka menu liwet pete, liwet teri, liwet tongkol dan bahkan ada juga menu liwet bakar. 

Menu liwetan bakar mungkin masih terdengar asing, namun menu ini juga bisa menjadi menu alternatif pilihan, bagi anda yang suka mengadakan acara liwetan bersama sanak maupun kerabat. 

Cara memasaknya pun tak jauh berbeda dengan nasi liwet pada umumnya. Rempah-rempah yang digunakan untuk pembuatan nasi liwet bakar juga hampir sama dengan nasi liwet biasa. Anda juga bisa menambahkan topping kesukaan kedalam nasinya seperti ikan teri, ikan asin cumi, tumisan ayam atau petai. Yang menjadi pembeda pada nasi liwet bakar ini adalah takaran air yang digunakan untuk membuatnya, pada nasi liwet bakar air ditambahkan lebih banyak, agar tekstur nasi lebih lembut dan tidak kering saat dibakar dengan bungkusan daun pisang. 

Berikut proses sederhana yang bisa anda simak dalam membuat liwet bakar :

1. Persiapkan bahan-bahan nasi liwet seperti beras, rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, bombay daun salam, serai dan cabai (opsional).

2. Pilihlah topping lauk sesuai selera anda, bisa ikan asin, ikan teri maupun petai.

3. Tumis rempah dan topping hingga harum lalu masukkan garam dan penyedap sesuai selera.

4. Bersihkan beras lalu masukkan kedalam panci kastrol atau rice cooker. Masukkan tumisan rempah kedalam beras yang akan di proses menjadi liwet. 

4. Tambahkan takaran air sedikit lebih banyak dari saat anda biasa memasak nasi. Tak perlu terlalu banyak. Secukupnya saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun