Mohon tunggu...
Ririe aiko
Ririe aiko Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis, Pengajar dan Pengusaha

Penulis, pengajar sekaligus seseorang yang bergelar "ibu" yang hobi memasak, berwisata dan berkreasi.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Efek Berada di Circle yang Tidak Tepat

3 November 2022   18:57 Diperbarui: 3 November 2022   19:00 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Banyak dari kita terkadang lupa bahwa yang paling harus dihargai adalah diri sendiri. Kita kadang terlalu berfokus pada penilaian orang, sampai kita lupa untuk hidup menjadi diri kita apa adanya. Hal ini bisa terjadi karena kita berada di lingkungan yang salah. Dalam artian lingkungan tersebut tidak tepat untuk kita. 

Karena lingkungan yang tidak tepat akan membuat kita sibuk memaksakan diri kita untuk memenuhi ekspektasi mereka. Alhasil kita terpacu untuk terus dan terus hidup berdasarkan penilaian mereka. Kita seakan sedang bersaing untuk mendapat pengakuan diterimanya diri kita dalam lingkungan tersebut. Tanpa kita sadari, bahwa diri kita sudah banyak berubah dan tak lagi menjadi apa adanya. 

Lingkungan yang seperti itu bisa jadi kita temukan dalam lingkungan kerja maupun lingkungan pertemanan. Jika anda menemukan lingkungan seperti itu segeralah menarik diri, karena bisa dipastikan lingkungan seperti itu bukanlah lingkungan yang layak untuk anda pertahankan. mengapa demikian?

Karena lama kelamaan mental anda akan merasa lelah, anda tidak bisa menjadi diri anda sendiri, dan yang paling utama adalah anda tidak akan pernah dihargai dalam circle seperti itu. Bukan karena anda tidak berharga, tapi karena anda berada di dilingkungan yang salah. 

Lingkungan yang tepat adalah ketika anda bisa menjadi diri anda apa adanya, anda akan merasa diterima dan dihargai sekalipun anda tetap menjadi diri sendiri. Anda tak perlu takut berbuat salah karena dengan orang-orang yang tepat dilingkungan yang tepat anda bisa belajar sama-sama memperbaiki kesalahan. 

Ketika anda mendengar ungkapan yang menjatuhkan kepercayaan diri anda, maka ingatlah bahwa hidup ini adalah anugerah berharga yang sudah diberikan Tuhan pada anda, catat bahwa "ANDA TAK BUTUH  PENILAIAN MEREKA UNTUK BISA BAHAGIA", banyak hal lain yang harus disyukuri, banyak hal hal baik yang menunggu anda didepan. 

Tinggalkan mereka yang berusaha menjatuhkan mentalmu dan fokuslah dengan mereka yang menyayangi dan menghargaimu. Tetap semangat dan Optimis!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun