Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Musisi - Memanfaatkan Waktu untuk Menulis

Manfaat waktu untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

YNS Melakukan ToT 46 TPPS Untuk 6 Kabupaten/Kota di Papua

20 September 2021   15:58 Diperbarui: 20 September 2021   16:11 395 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
YNS Melakukan ToT 46 TPPS Untuk 6 Kabupaten/Kota di Papua
Dok. Pribadi

Sumber daya manusia selalu dititikberatkan pada kurangnya minat Baca-tulis, hal ini membuat kurangnya penulis dari Papua bahkan Papua merupakan darurat akan baca tulis atau literasi sehingga mempengaruhi dampak rendahnya IPM di Papua.

Untuk menjawab hal ini Yayasan Nusantara Sejati (YNS) yang bekerjasama dengan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi melakukan Training of Trainers (ToT) bagi 46 Tenaga Pelatih dan Pendamping Sekolah (TPPS) melalui "Program Revitalisasi Pendidikan Dasar di Provinsi Papua Melalui Penguatan Kemampuan Baca-Tulis / Literasi dan Pengembangan Karakter di Jenjang Dasar" di @HOM Abepura mulai hari ini (20/09/2021) hingga 03 Oktober mendatang.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Ke-46 TPPS ini akan bertugas sebagai fasilitator dibeberapa wilayah di Papua seperti kabupaten Fakfak, Teluk Bintuni, Jayapura, kota Jayapura, Mamberamo Tengah, Keerom, Lanny Jaya dan Sarmi.

Gambaran umum program intervensi sekolah dasar ini merupakan program intervensi sekolah khususnya untuk kelas awal (kelas 1, 2 dan 3), yang dikembangkan bersama Unicef dan beberapa mitra lain.

Banyak hal nyata yang terjadi di Papua terlebih pada sekolah - sekolah di pedalaman bahkan di perkotaan banyak siswa yang belum bisa baca tulis.

Seperti dikomentari oleh direktur eksekutif YNS Eka Simanjuntak bahwa memang banyak jumlah dana yang mengalir ke saku - saku khas Papua salah satunya dana Otonomi Khusus (Otsus) namun tidak ada perubahan apa - apa.

"YNS sudah hadir di Papua sejak tahun 1997 sebelum munculnya Otsus Papua. Bahkan Otsus munculpun Papua tidak mengalami perubahan apa terlebih pada SDM Papua. Hingga saat ini anak - anak Papua banyak yang belum bisa membaca dan itu fakta, salah satu contoh beberapa hari lalu seorang mahasiswa asal Papua kuliah di Jawa memposting status di akun facebooknya yang bahasanya tidak jelas. Hal ini menunjukkan begitu rendah kemampuan Baca-tulis atau literasi di Papua," ucap bung Eka Simanjuntak.

Hal - hal sederhana inilah yang membuat YNS bergerak cepat untuk menangani masalah ini dan akan dimulai dalam waktu dekat lewat bantuan ke 46 fasilitator yang sudah direkrut dari seluruh Indonesia.

Beberapa tugas yang wajib dilakukan oleh TPPS di  115 sekolah, ialah orientasi sekolah dan kampung, sosialisasi program kepada masyarakat, sosialisasi program kepada warga sekolah dan stakeholder lainnya, mengaktifkan komite sekolah, pelatihan literasi baca-tulis, pelatihan penerapan disiplin berkarakter, pendampingan guru di kelas, pembuatan atau revitalisasi sudut baca, pertemuan kelompok kerja guru (KKG), kampanye pendidikan, peningkatan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan, pelatihan manajemen berbasis sekolah (MBS), rapat koordinasi fasilitator dan manajemen, pelatihan manajemen dan perpustakaan, implementasi manajemen dan revitalisasi perpustakaan, dan rapat koordinasi kampung.

Hasil dari semuanya ini outputnya agar ada perubahan di sekolah terlebih pada peserta didik, dan terlebih bisa IPM semakin baik, dan kualitas anak - anak Papua semakin baik sehingga bisa bersaing dengan wilayah - wilayah lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan