Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Memanfaatkan Waktu untuk Menulis

Memanfaatkan Waktu Untuk Menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Acara Penamatan Siswa PAUD Nuri Ayapo Angkatan ke-XIII

11 Juni 2021   13:40 Diperbarui: 11 Juni 2021   14:20 124 1 1 Mohon Tunggu...

Yofa Online. Kualitas sumber daya manusia telah menjadi indikator utama dalam mengukur serta menggambarkan kemajuan suatu bangsa. Atas dasar itu, setiap negara menempatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai isu, program, strategi, dan arus utama  pembangunan termasuk negara Indonesia.

Berbagai penelitian yang terkait anak usia dini menunjukkan bahwa penyiapan sumber daya manusia berkualitas harus diawali sejak usia dini, bahkan sejak masih janin dan berada dalam buaian atau kandungan. Karena itu investasi negara terhadap PAUD berkualitas memiliki arti penting dimasa depan.

Input, proses dan output pada PAUD sudah berjalan dengan baik. Penerimaan siswa baru, kegiatas belajar, hingga kelulusan sudah berjalan sesuai dengan kebijakan pendidikan.

Salah satu contoh, hari ini salah satu PAUD melakukan penamatan pada siswa yang dianggap sudah layak melanjutkan ke jenjang berikutnya. Ia itu adalah PAUD Nuri di kampung Ayapo distrik Sentani timur kabupaten Jayapura.

PAUD Nuri pada hari ini (11/06/2021) melakukan penamatan 11 siswa pada angkatan ke XIII tahun ajaran 2020 - 2021.

"Kami hari ini melakukan acara penamatan anak - anak kita yang berjumlah 11 siswa, kami melihat mereka sudah layak untuk lanjut ke SD, ujar bunda Marice Pulalo yang merupakan salah satu guru atau bunda di PAUD Nuri.

Dari segi usia, ke 11 anak ini sudah masuk pada usia SD dan juga mereka layak melanjutkan ke jenjang berikutnya karena kualitasnya baik mengenal angka, huruf, mewarnai, dan terlebih-lebih mereka sudah sangat berani untuk tampil didepan.

"Penamatan ke 11 siswa ini sekaligus kami serahkan kepada orangtuanya, mereka anak - anak yang cerdas, kami berharap di SD mereka dapat bersaing dengan anak - anak lainnya, ujar Bunda Marice Pulalo.

Anak - anak PAUD adalah anak - anak yang disiapkan dan diasa guna mencapai cita - citanya. Anak - anak yang sekarang sekolah melalui jenjang PAUD, rata - rata mereka mempunyai pemahaman sangat baik dibandingkan anak - anak yang sekolah tanpa melalui PAUD.

"Seperti tertulis dalam Alkitab mengatakan dengan jelas bahwa makota - makota kita akan bercahaya dengan bintang - bintang, termasuk anak - anak kita mereka tamat mereka akan datang memberikan kamu inovasi dalam lingkungan masyarakat, ucap bunda Margaretha Nere selaku bendahara HIMPAUDI Kabupaten Jayapura.

Anak - anak kita siapkan sejak kecil berarti kita sudah mempersiapkan masa depannya yang baik. Jika mereka lulus dari PAUD ke SD hingga ke perguruan tinggi, saya yakin mereka mampu memberikan hal - hal positif di kampung ini, lanjut bunda Margaretha Nere.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN