Mohon tunggu...
Erahajj Indonesia
Erahajj Indonesia Mohon Tunggu... Lainnya - ERAHAJJ INDONESIA

Sistem Erahajj dilengkapi dengan berbagai fitur dan layanan yang mendukung performa perusahaan Anda dalam bertransformasi digital, mengantarkan bisnis travel Anda tetap unggul dan terus maju menjadi lebih baik dari waktu ke waktu

Selanjutnya

Tutup

Financial

Cara agar Bisnis Travel Umrah Anda Tetap Eksis Tanpa Banyak Biaya

19 September 2022   12:59 Diperbarui: 19 September 2022   13:21 79 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo by Marcos Paulo Prado on Unsplash

Membuat bisnis bertahan di masa pandemi memang terbilang sungguh berat. Apalagi bila bisnis Anda bisa dibilang sudah besar. Tentunya biaya operasional yang harus ditanggung juga cukup membebani, ditambah apabila tidak ada pendapatan sama sekali.

Namun, bukan pebisnis namanya bila tak tahan banting. Walau kondisi sedang sulit, selalu ada jalan bagi Anda untuk tetap mempertahankan dan melanjutkan bisnis. Mental seorang pebisnis yang penting untuk dikembangkan saat masa ini adalah kreativitas dan manajemen perusahaan yang efisien. Walaupun terdengar klise, kreativitas bisa mendatangkan rezeki bagi Anda dari arah yang tidak disangka-sangka.

Salah 1 kreativitas yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengalihkan biaya operasional kantor Anda (yang mungkin sudah tutup berbulan-bulan) untuk memulai menekuni digital marketing. Seperti yang kita rasakan sendiri, sejak wabah virus Covid-19 banyak orang yang melek informasi melalui online, sehingga Anda mendapatkan kesempatan untuk bisa tetap membuat bisnis Anda eksis melalui jalur online.

Anda dapat memanfaatkan yang gratisan maupun berbayar. Gratisan contohnya adalah dengan optimasi melalui media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook, dll. Contoh lain ialah dengan menyelenggarakan webinar-webinar yang dapat Anda sisipi dengan "iklan" bisnis Anda, juga untuk mengumpulkan database pelanggan.

Nah, apabila ingin usaha lebih serius, Anda dapat menggunakan cara berbayar. Anda dapat mulai mengumpulkan informasi tentang sistem atau software manajemen khusus untuk travel umrah yang dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis Anda secara online.

Membangun sebuah website dari nol, mungkin akan terasa berat dan sulit untuk dikerjakan. Namun, membangun website yang didukung oleh software khusus manajeman travel umrah adalah investasi terbaik bagi bisnis travel umrah Anda. Mengapa? Simak alasannya berikut ini!

Website Sebagai Tanda Bisnis Anda Eksis

Tak bisa disangkal bahwa seluruh bisnis membutuhkan website sebagai "etalase" atau kantor virtual yang dapat ditemukan oleh calon pelanggan. Saat kantor fisik Anda tutup, kemungkinan calon jamaah Anda akan bingung karena tak dapat menghubungi Anda. Padahal, suatu saat mereka pasti membutuhkan jasa Anda saat ibadah umrah kembali dibuka.

Photo by Icons8 Team on Unsplash
Photo by Icons8 Team on Unsplash

Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat sebuah website yang berisi informasi penting dari kantor Anda. Apakah website biasa saja cukup? Sepertinya tidak! Anda memerlukan website dengan dukungan sistem untuk memudahkan Anda dalam mengatur perusahaan Anda secara lebih baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan