Mohon tunggu...
Epivanius Geraldi
Epivanius Geraldi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Keprihatinan Bahasa Indonesia Pada Era Modern

21 April 2024   14:02 Diperbarui: 22 April 2024   17:32 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Anak tongkrongan kerap diasosiasikan sebagai kelompok yang buruk. (Sumber: Freepik/javi_indy via kompas.com)

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Indonesia dan mempunyai peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan. Namun, terdapat berbagai kekhawatiran di kalangan generasi milenial masa kini terkait persoalan penggunaan bahasa Indonesia.

Hal ini antara lain kurangnya pemahaman kaidah tata bahasa, penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai konteks dan norma, serta semakin besarnya pengaruh bahasa asing. 

Ini menjadi perhatian penting karena bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia harus tetap menjaga keaslian dan kehadirannya di era digital saat ini.

Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa resmi Indonesia dan mempunyai peranan penting dalam banyak bidang kehidupan.Namun pada milenium saat ini, terdapat berbagai tantangan terkait penggunaan bahasa Indonesia. 

Kurangnya pengetahuan tentang kaidah tata bahasa, penggunaan bahasa Indonesia yang bertentangan dengan konteks dan norma, serta semakin besarnya pengaruh bahasa asing. 


Hal ini menjadi persoalan besar karena bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa Indonesia dan penting untuk dijaga keaslian dan kehadirannya di era digital saat ini. 

Bahasa indonesia merupakan, Bahasa Nasional Indonesia dan menjadi Bahasa ibu orang Indonesia, Indonesia merupakan salahsatu negara yeng memiliki berbagai suku rasa, agama dan budaya. 

Dalam perbedaan ada banyak muncul berbagai Bahasa dalam setiap wilayah dan sukunya, tetapi perbedaan tidak akan pernah melupakan akan Bahasa Indonesia sendiri. Bahasa Indonesia tetap menjadi dasar persatuan meskipun perbedaan yang ada

Ketertarikan saya terhadap tema ini karena di era modern dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat,tantangan dari anak muda sendiri yaitu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Saya dapat katakan begitu karena dalam pergaulan hampir penggunaan bahasa asing yang berlebihan,yang dimana ketika kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat di kucilkan dan di anggap tidak mengikuti perkembangan zaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun