Mohon tunggu...
Eny Choi
Eny Choi Mohon Tunggu... Ganbatte Bushido

Social Worker, Community Development

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Penjual Getuk Keliling Berani Graduasi PKH

25 Juni 2019   09:20 Diperbarui: 25 Juni 2019   09:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Penjual Getuk Keliling Berani Graduasi PKH
Kika: Supervisor S.Indaryani,M.Sos, Pak Kasno, Pdp M.Said,S.Pd (Dokpri)


Pak Kasno, seorang penjual getuk Paritan, Keras Diwek kabupaten Jombang memberanikan diri untuk Graduasi. Meski masih eligible menerima bantuan dari Program PKH (Program Keluarga Harapan), namun tidak menyurutkan niat pak Kasno bersama istri untuk mundur dari kepesertaan PKH. 

Keinginan utama Pak Kasno adalah ingin mengetuk hati para keluarga penerima manfaat program keluarga harapan ( KPM PKH ) terutama yang mampu untuk bisa mundur dari kepesertaan PKH sehingga memberi kesempatan pada yang lainnya yang lebih membutuhkan.

Ditemui Senin (24/6/19) siang jam 10.00 WIB di rumahnya yang sederhana. Hanya ditemui pak Kasno karena istrinya sedang membantu tetangganya yang punya hajat. 

Pak Kasno mengharap dari orang-orang yang mampu untuk bisa mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.  Sebagai ketua RT tentu Pak Kasno mengetahui situasi kondisi dari warganya.  

Meskipun sebenarnya pak Kasno masih eligible sebagai keluarga penerima manfaat program keluarga harapan. Namun melihat sekelilingnya dari penerima manfaat ada yang jauh sangat mampu dan masih banyak warga yang lebih membutuhkan, mendorong pak Kasno untuk keluar.

Sebagai penjual getuk keliling dan istri yang hanya menjadi ibu rumah tangga,  tanggungan atau komponen masih satu anak yang sekolah di SMK 3 Jombang, dan dua putrinya yang sudah menikah.  

Pak Kasno sosok sederhana namun mempunyai empati yang luar biasa untuk warga yang kurang beruntung.  Berbagi rejeki melalui niat dan upaya mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.

Berpesan semoga mereka yang jauh lebih mampu dari beliau juga ikut mengundurkan diri. Supaya warga yang tidak mendapat bantuan apapun namun kondisi tidak mampu bisa segera mendapatkan. 

Mengucapkan terimakasih kepada PKH selama setahun dibantu untuk menambah uang sekolah anaknya hingga lulus MTs dan sekarang masuk SMK.  Mengharap juga segera direalisasikan pelabelan untuk seluruh keluarga penerima manfaat PKH.  Supaya ada efek malu,  dan mengundurkan diri.  Pak Kasno gemes dengan situasi kondisi orang yang mampu namun tidak segera mengundurkan diri dari kepesertaan PKH. Graduasi Sejahtera Mandiri Keren...