Ernip
Ernip Wanita-Karyawan

Belajar menulis I Introvert.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Ada Apa di Balik Tulisan, "Kemasan Plastik ini Akan Hancur dengan Sendirinya?"

8 Agustus 2018   12:38 Diperbarui: 8 Agustus 2018   18:39 1121 4 4
Ada Apa di Balik Tulisan, "Kemasan Plastik ini Akan Hancur dengan Sendirinya?"
Plastik biodegradable-Dokpri

"Plastic aren't intherently bad. It's what we do, or don't do, wise them that count's." Sylvia Earle

Pernah membaca tulisan dalam sebuah kemasan yang kamu peroleh, bertuliskan "kemasan ini akan hancur dengan sendirinya" atau "... kemasan bisa terurai dalam 2 (dua) tahun"?

Di tengah hangatnya isu permasalahan plastik akhir-akhir ini, bagi beberapa orang dua pernyataan ini rasanya menyejukkan sekali. Wow.. Amazing! Senang deh akhirnya ada plastik yang begitu cepat terurai.

Bagi beberapa orang lain malah mengernyit, lho kok, bukannya plastik baru terurai setelah beratus-ratus tahun? Waah, jebakan Batman ini! Bagaimana mungkin kemasan yang terurai hingga beratus-ratus tahun, bisa terurai dalam waktu sangat singkat?

Sebelum kita tergoda berhenti melakukan aksi diet plastik, daur ulang plastik, dan bahkan berhenti membawa tas belanja dari rumah, ada baiknya kita mengenali maksud tulisan dalam kemasan plastik.

Hal yang pasti, jika ada plastik dengan sifat seperti di atas, dalam waktu dekat bisa terurai, bukan berarti kita bebas menggunakan bahkan membuang plastik secara sembarangan atau malah tidak percaya sama sekali ada kemasan yang memang terurai dalam waktu lebih singkat dari plastik konvensional.

Serbuan Pencemaran Kemasan Plastik di Lingkungan Kita di Depan Mata

Pada dasarnya, plastik sangat bermanfaat pada banyak bidang kehidupan kita. Dari antara semua produk plastik, kemasan menjadi sorotan utama.

Kemasan mendominasi semua produk plastik hingga 35%. Selebihnya produk plastik digunakan sebagai bahan bangunan 23%, barang elektronik 8%, keperluan rumah tangga 8%, transportasi 8%, pertanian 7%, mainan/alat olahraga 3%, alat mekanik 2%, peralatan rumah sakit 2%, pakaian 1%.1

Jika dibandingkan dengan kemasan lain, plastik masih kemasan pilihan. Dalam pengemasan seringkali lebih enak menggunakan plastik. Sifatnya yang elastis, ringan, murah, tidak berkarat membuat kebersihan dan keamanan barang terjaga membuat kita nyaman menggunakannya. Sering misalnya ketika berhadapan dengan benda yang bersifat cair, plastik menjadi kemasan pilihan utama.

Sayangnya, masa urai plastik yang begitu lama, mulai dari 100, 500 hingga 1000 tahun sehingga menyebabkan penumpukan di lingkungan. Akibatnya sangat jelas; terjadi pencemaran plastik.

Berbagai fakta pencemaran plastik tidak bisa kita pungkiri, sekaligus isu ini pun bukan fakta yang baru. Banyak hewan sedang menderita karena penumpukan plastik dalam tubuh mereka.

Aroma plastik dikatakan mirip dengan makanan berbagai binatang di perairan, membuat mereka sulit membedakan antara makanan dan mikroplastik. Mikroplastik masuk ke dalam tubuh dan menumpuk bertahun-tahun yang mengakibatkan kematian.

Tidak sedikit hewan, mati akibat plastik. Terlebih, diprediksikan menuju ambang punah. Kejadian ini ke depan akan berpengaruh pada rantai ekosistem.

Seandainya ya hewan bisa membedakan antara makanan dan mikroplastik, mungkin mereka masih hidup sampai sekarang.

Ilustrasi: Recsa Recycling.com
Ilustrasi: Recsa Recycling.com
Tak Pernah Lelah Bijak Berplastik 

Menghadapi permasalahan ini, berbagai daya dan upaya dilakukan oleh semua pihak. Salah satunya, membuat plastik dengan masa urai lebih cepat. Sekarang beredar produk plastik yang dapat terurai dalam waktu singkat ialah plastik Oxo-Biodegradable dan Biodegradable

Kemasan biodegradable akan dimakan oleh bakteri dalam waktu singkat. Kemasan ini berasal dari tanaman muda yang dapat dimakan bakteri. Dalam sample uji laboratorium, plastik jenis biodegradable akan ditumbuhi bakteri di atas 60% dalam 28 hari masa percobaan.

Sedangkan, plastik oxo-biodegradable sering menjadi perbincangan mengingat penurunan masa urainya sangat drastis. Kepada plastik konvensional ditambahkan pro-degradant yang berfungsi untuk mempercepat fragmentasi plastik.

Adanya sinar matahari suhu dan tekanan yang menerpa kemasan oxo-biodegradable, menyebabkan terjadinya proses fragmentasi plastik. Proses ini dikatakan akan lebih cepat dengan bantuan prodegradant atau katalis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2