Mohon tunggu...
Enjang Kusnadi
Enjang Kusnadi Mohon Tunggu... Dosen - Belajar dan Mengajar

Teman Sejati Selalu Menemani

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Omicron Hantam Timnas Indonesia, Gelar Juara AFF U23 pun 'Melayang'

11 Februari 2022   11:06 Diperbarui: 11 Februari 2022   11:19 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF U23 2022 (Sumber: IG PSSI)

Tekad PSSI untuk menggulirkan Liga Sepak Bola Indonesia di tengah Pandemi Covid-19 akhirnya terimbas juga. Meski berbagai upaya sudah dilakukan demi prestasi dan industri olahraga terpopuler di Indonesia bisa berjalan baik dan aman, namun PSSI dan berbagai pihak penyelenggara harus berhitung ulang.

Apa hendak dikata, di penghujung musim Liga 2021-2022, serangan Gelombang 3 Covid-19 yang diindikasi serangan varian Omicron mulai menyerang klub-klub Liga sepak bola Indonesia hingga bermuara ke skuad timnas Indonesia yang disiapkan mempertahankan gelar juara Piala AFF U23.

Keputusan berat pun terpaksa diambil PSSI, skuad Timnas Indonesia U23 asuhan Shin Tae-yong urung berangkat ke Kamboja. Hal ini disampaikan PSSI melalui akun resminya dengan judul "Indonesia Batal Ikut Turnamen Piala AFF U-23", pada Jumat (11/2/2022), pagi hari WIB.

Sejak keputusan yang membuat 'sesak napas' para pecinta sepak bola Indonesia dikabarkan, dalam hitungan satu jam, akun resmi PSSI itu pun diserbu ribuan komentar. Mulai yang menerima apa adanya hingga menyalahkan langkah gegabah PSSI dalam menjaga pemain Liga Indonesia dan skuad Timnas Indonesia.

Dikabarkan PSSI, pembatalan timnas Indonesia ke Piala AFF U23 yang segera digelar di Kamboja mulai 14 sampai 26 Februari 2022 dihantam gelombang 3 Covid-19 yang sedang merebak di tanah air dan dunia.

Tujuh pemain dan seorang ofisial mendapat hasil positip setelah menjalani tes PCR pada Kamis (10/2) menjelang keberangkatan ke Kamboja. Sementara yang lainnya, meski hasil tes dinyatakan negatif, tapi harus menunggu masa inkubasi karena satu sama lain tinggal se kamar dengan pemain yang terpapar Covid-19.

Sementara tiga pemain yang diproyeksikan masuk skuad  AFF U23 2022 mengalami cedera saat membela klub masing-masing di Liga Indonesia yang masih bergulir menyelesaikan musim kompetisi.

Alhasil, hanya tersisa satu pemain yang dinilai bebas dari Covid-19 dan cedera, yaitu penjaga gawang Muhammad Riyandi. Walau sebenarnya kiper kelahiran Bogor itu juga baru saja selesai menjalani karantina selama 10 hari, jadi kondisi kebugarannya belum pulih sepenuhnya.

Dengan kondisi pemain yang hampir semua tidak memungkinkan untuk diberangkatkan, akhirnya PSSI memutuskan Timnas Indonesia U23 gagal berangkat ke Kamboja untuk mengikuti Turnamen Piala AFF U23 2022. Meski posisi Indonesia sebagai juara bertahan.

Timnas Indonesia sendiri berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. Turnamen sepak bola Usia 23 tahun ke bawah itu untuk gelaran tahun 2022 diikuti oleh 11 negara kawasan Asia Tenggara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun