Mohon tunggu...
ENI KURNIATI
ENI KURNIATI Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Nature

Motivasi Mengikuti Diklat Online Guru Melek IT Angkatan 19

19 Mei 2015   23:23 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:48 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran & Membangun Tes Online

A. Latar belakang Masalah

Kenyataannya dalam mata pelajaran matematika, pelaksanaan ujian tertulis atau ulangan harian masih menggunakan sistem offline. Siswa mengerjakan soal-soal ujian atau ulangan harian dengan menggunakan kertas ulangan dari sekolah. Kadang kala soal-soal ulangan di foto copy sesuai dengan jumlah siswa.

Ujian tertulis dengan cara seperti itu jelas sangat memboroskan biaya. Terutama untuk foto copy soal dan pembelian kertas ulangan. Kertas Ulangan dan soal ujian pun menjadi menumpuk di meja guru ketika dikoreksi. Apalagi bila soal yang dibuat berbentuk soal Essay atau uraian. Melihat kenyataan itu, dibuatlah sebuah upaya agar ujian tertulis dilakukan secara online. Guru melakukan inovasi dengan menuliskan soal-soal ulangannya di media online yang bernama blog di internet. Blog adalah alat rekam yang ajaib. Kita bisa menuliskan apa saja yang disukai dan dikuasai. Semua tulisan yang dibuat dapat tersimpan dengan baik berdasarkan bulan penyimpanan. Para pengguna internet (netter) dapat melihat, dan membaca tulisan-tulisan kita bila mengetahui alamat blog yang dikelola. Semakin bagus isi (content) blog yang dibuat, maka semakin banyak netter yang akan melahap habis tulisan-tulisan pengelola blog yang biasa disebut blogger. Kreativitas menulis akan terbentuk kalau kita sering menulis.

Blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online. Para guru dapat membangun dan mengelola blog pembelajaran untuk para peserta didiknya. Terjadilah proses interaksi antara guru dan siswa melalui blog di internet. Guru dan siswa sama-sama belajar aktif dalam dunia maya yang tak pernah tidur atau online 24 jam. Guru bisa memasukkan semua materi pelajarannya ke dalam blog dengan cara yang lebih menarik, dan para siswa diminta untuk membaca materi pelajaran yang sudah dituliskan dalam blog guru. Blog dapat dijadikan sarana meningkatkan minat dan budaya membaca peserta didik.

Selain memasukkan materi pembelajarannya, para guru dapat juga membuat soal-soal di dalam blog, dan siswa diminta untuk menjawabnya melalui bagian komentar yang dimoderasi oleh guru sebagai pengelola blog. Dengan begitu, setiap jawaban soal dari siswa tidak bisa dilihat dan dibaca siswa lainnya sebelum dimoderasi oleh guru sebagai admin blog.

Berdasarkan kenyataan di atas, untuk membuat ujian tertulis atau test online, maka perlu dipikirkan efektivitas, cara penyajian, dan model pembelajaran pada pembuatan soal-soal online di blog.  Blog di internet memungkinkan setiap siswa dapat berpatisipasi aktif dalam pembelajaran, karena bahan ajar dengan menggunakan media blog di internet dikemas dalam bentuk interaktif dan bersifat edukatif di dalam blog yang dikelola oleh guru. Dan saya bermaksud mengembangkan suatu blog pembelajaran matematika dengan content-content yang lebih lengkap sebagai perpaduan dari beberapa kajian yang isinya disesuaikan dengan pembelajaran matematika. Blogini nantinya tidak hanya berisi materi pembelajaran bagi siswa tetapi sumber belajar atau materi lain yang dibutuhkan guru dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran.

B. Rumusan Masalah:

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah :

1. Bagaimanakah mengembangkan dan memanfaatkan blog pembelajaran matematika di SMPN 72 Jakarta yang valid dan praktis?

2. Apakah blog pembelajaran matematika SMPN 72 Jakarta yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap pengurangan pembiayaan pendidikan dalam pembelian kertas (ATK)?

C. Ruang Lingkup

Ruang Lingkup permasalahan dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut:


  1. Pengembangan dan pemanfaatan blog pembelajaran matematika di SMPN 72 Jakarta, sehingga dapat membangun karakter siswa yang mandiri
  2. Pengurangan pembiayaan pendidikan dalam pengadaan kertas (ATK)

D. Tujuan penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka secara umum tujuannya adalah untuk memanfaatkan blog di internet sebagai media pembelajaran matematikadalam meningkatkan hasil belajar matematikadi SMP Negeri 72 Jakarta. Secara rinci tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah


  1. Menghasilkan blog pembelajaran matematika di SMP Negeri72 Jakarta yang memenuhi kriteria valid dan praktis dalam proses pembelajaran matematika
  2. Mengetahui efek potensial media blog pembelajaran matematika SMP yang dikembangkan terhadap proses dan hasil pembelajaran matematika serta pengurangan dalam pembiayaan ATK di SMP Negeri 72 Jakarta

Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan dapat memberikan manfaat ke berbagai pihak sebagai berikut:

Bagi Siswa:


  • Siswa menjadi senang belajar matematika berbasis IT, dan tidak perlu lagi menjawab soal-soal dengan cara offline, karena semua soal dijawab dengan cara online melalui blog.
  • Ikut mengkampanyekan gerakan “Go Green Technologi” yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah dengan menghemat penggunaan kertas.

Bagi Guru:


  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang model-model pembelajaran berbasis online yang kreatif dan inovatif
  • Meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis IT
  • Memperluas wawasan guru mengenai penelitian tindakan kelas (PTK) dan pemanfaatan teknologi IT dalam proses pembelajaran di kelas.

Bagi Sekolah:


  • Mengurangi biaya pembelian kertas dan foto copy soal-soal ujian tertulis
  • Terobosan baru untuk melakukan tes tertulis secara online

Guru yang semula sebagai penyampai pengetahuan, sumber informasi, kemudian berubah menjadi fasilitator pembelajaran, kolaborator dan mitra. Siswa juga berubah dari penerima informasi pasif menjadi penerima informasi aktif dengan cara menuliskannya di blog.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun