Mohon tunggu...
Enik Rusmiati
Enik Rusmiati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Yang membedakan kita hari ini dengan satu tahun yang akan datang adalah buku-buku yang kita baca

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berkah Menulis Tahun 2020, Mengantarkan Anis Hidayatie Umrah dan 6 Harapan pada Tahun 2021

6 Januari 2021   11:01 Diperbarui: 6 Januari 2021   11:29 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Surat Elektronik pengumuman pemenang. Sumber: dokumen pribadi

Selamat! Sosok inspiratif yang Anda ceritakan terpilih untuk berangkat umroh bersama Allianz Indonesia.

Alhamdulillah, Maha Besar Allah. Merinding dan bergetar tubuh saya membaca surat elektronik dari Kumparan.com. Segera saya hubungi tokoh inspiratif yang saya tulis, dan kami menangis bersama sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas kemurahan rezeki yang tidak disangka ini.

Ya, itu sekelumit cerita tentang berkahnya menulis pada tahun 2020. Hobi menulis ini mulai tumbuh kembali sejak bergabung di blog Kompasiana. Saya bergabung menjadi anggota Kompasiana pada awal tahun 2019. Menjadi bagian dari keluarga besar Kompasiana ini, saya merasa tersesat di jalan yang tepat.

Syahdan, pada tahun 2018 saya mengalami krisis rohani yang lumayan berat untuk diri saya yang lemah iman ini. Inovasi yang sudah saya rancang tidak diterima oleh lingkungan tempat saya mencari sesuap nasi.

Akhirnya, saya mencoba mencari tempat untuk menyalurkan ide-ide yang sudah matang ini. Beberapa komunitas saya ikuti, namun belum menemukan sarana yang ideal untuk ide saya.

Sampai akhirnya, awal tahun 2019 saya bertemu dengan salah satu wali murid ketika saya sedang menyampaikan program sekolah tentang kegiatan menulis untuk siswa. Gayung bersambut, beliau mengenalkan saya dengan mbak Anis Hidayatie, kompasianer sekaligus Ketua Komalku Indonesia.

Melalui tangan lembut perempuan pegiat literasi ini, saya dibimbing menjadi anggota Kompasiana. Saya diikutkan menjadi anggota Komunitas  Menulis Buku (Komalku) dan Komunitas Penulis Berbalas (KPB). Melalui dua grup ini, keterampilan menulis saya diasah oleh para kompasianer senior. Saya banyak menerima ilmu kepenulisan yang sangat bermanfaat.

Hingga akhirnya, pada April 2020 di grup KPB salah salah satu anggota membagikan informasi tentang kompetisi menulis sosok inspiratif yang diadakan oleh Allianz Indonesia dan Kumparan. Membaca pengumuman ini hati saya tergerak untuk menulis sosok mbak Anis Hidayatie, karena menurut saya beliau itu perempuan perkasa yang tabah dan berjiwa sosial tinggi.

Unggahan tulisan sosok inspiratif, Anis Hidayatie di instagram. Sumber: Dokpri
Unggahan tulisan sosok inspiratif, Anis Hidayatie di instagram. Sumber: Dokpri
Tepat bulan Mei 2020, tulisan itu saya unggah di Instagram. Akhirnya pada Juli 2020 diumumkan bahwa mbak Anis Hidayatie adalah salah satu sosok inspiraitif yang terpilih diberangkatkan Allianz menuju ke tanah suci dari seribu lebih peserta.

Saya merasa itulah berkah saya menulis, meski saya tidak mendapatkan apa-apa secara meteriil. Namun saya mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa, karena saya telah ikut membantu sahabat saya merasakan kebahagiaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun