Mohon tunggu...
Endro S Efendi
Endro S Efendi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Trainer Teknologi Pikiran

Intens mendalami hipnoterapi berbasis teknologi pikiran untuk membantu kualitas hidup manusia pada aspek mental, emosi, dan spiritual. Sehari-hari, aktif sebagai penulis dan hipnoterapis klinis, juga sebagai pembicara publik. Aktif menulis artikel di blog pribadi www.endrosefendi.com Juga aktif membuat konten video di https://www.youtube.com/user/endroeffendi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rindu Kampung Halaman, Warga di Kalimantan Gelar Wayang Kulit

17 Juli 2022   17:48 Diperbarui: 17 Juli 2022   18:11 196 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SAMARINDA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ika Pakarti) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 pada, Sabtu malam (16/7) dengan pagelaran wayang kulit menghadirkan dalang Ki Anom Dwijo Kangko dari Blitar, serta pelawak Gareng dari Semarang.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Parkir Gelora Kadrie Oening Samarinda itu dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua Umum DPP Ika Pakarti Kaltim Rusmadi Wongso, Ketua Panitia Bagus Susetyo serta Bendahara Umum DPP Ika Pakarti Kaltim Sulasno, hingga Danrem 091/ASN Brigjen Dendi Suryadi.   

Hadir juga sesepuh Ika Pakarti Prof Sarosa Hamongpranoto, Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Prof Ilyasin, hingga para sesepuh, termasuk pengurus paguyuban baik di Samarinda dan Kaltim.

Dalam sambutannya, Isran Noor mengaku bersyukur dan bangga serta mendukung kegiatan HUT ke-19 Tahun Ika Pakarti dengan menyerukan semangat Guyub Rukun di Bumi Etam Kaltim.

Ia berharap Ika Pakarti terus berperan aktif dalam pengembangan kebudayaan serta berkontribusi positif terhadap proses pembangunan di Kaltim

"Kita berharap Ika Pakarti berperan aktif dalam pengembangan kebudayaan serta pembangunan di Kaltim dan selalu meningkatkan guyub rukun, saling gotong royong untuk kesejahteraan masyarakat Jawi di Kaltim," ucap Isran Noor yang dalam sambutannya beberapa kali menggunakan bahasa Jawa.

Dalam puncak peringatan ulang tahun itu, Isran Noor memotong tumpeng dan menyerahkan pada sesepuh Ika Pakarti Prof Sarosa Hamongpranoto. Selanjutnya menyerahkan tokoh wayang Semar kepada dalang Ki Anom Dwijo Kangko yang akan memainkan lakon Semar Bangun Jiwo.  

Ketua DPP Ika Pakarti Rusmadi Wongso menyampaikan, Ika Pakarti merupakan rumah besar bagi warga Jawa yang ada di Kaltim untuk sama-sama mengayomi dan meraih impian yang sama dalam semangat guyub rukun. Ia berharap, warga Ika Pakarti berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan melestarikan adat budaya Tanah Jawi.

Banyak kegiatan yang sudah dilakukan Ika Pakarti. Tak hanya dalam seni budaya, Ika Pakarti juga sudah memiliki ambulans dengan tim Ika Pakarti Peduli untuk membantu warga yang membutuhkan layanan ambulans.

"Ambulans ini bantuan dari bendahara Ika Pakarti, pak Sulasno," sebutnya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan