Mohon tunggu...
Endra Wahyoudee
Endra Wahyoudee Mohon Tunggu... Guru - Guru

Masih ingin terus belajar, karena belajar dapat menemukan hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Liwetan, Cara Asik Makan Unik

20 September 2022   15:00 Diperbarui: 20 September 2022   15:11 52 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Liwetan, Cara Asik Makan Unik

Assalamu'alaikum Teman-teman

Mungkin teman-teman sudah sering dengar yang namanya Liwetan, yaitu suatu kegiatan makan bersama keluarga, teman, atau saudara hanya dengan beralaskan daun pisang sebagai pengganti piringnya. Kemudian lauk pauk, nasi, dan segala macam kelengkapannya seperti ikan asin, gorengan, mapun kerupuk dan lalapan. Biasanya kegiatan ini dilakukan disebagian besar wilayah Jawa Barat. Waktu makan nya pun bisa terkondisikan tergantung kesepakatan, bisa menjelang siang hari maupun sore hari.

Sebenarnya Liwetan itu adalah tradisi loh teman-teman, namun seiring berjalannya waktu, dari setiap generasi pasti merasakan yang namanya makan nasi liwet, nah sampai sekarang tradisi itu sudah merupakan tren yang sebagian besar masyarakat melakukannya. Baik dalam kondisi maupun acara apapun. Misalnya saat Ibu-ibu mengadakan arisan, sampai Bapak-bapak makan liwet selepas kegiatan kerja bakti lingkungan

Masaknya pun lumayan mudah dan tanpa memakan waktu lama. Yang paling prestige itu adalah cara penyajiannya. Ya hanya dengan beralaskan daun pisang yang dipasang memanjang, nasi liwet yang sudah matang ditaruh diatas daun pisang dan didampingi oleh teman-temannya yakni lauk pauk. Ada yang berupa rebusan, lalapan, ditambah ikan asin, tempe, tahu dan kerupuk, kita sudah bisa merasakan nikmatnya makan nasi liwet, ditambah dengan sensasi makannya bareng-bareng dan posisi makan berhadapan. Pasti seru dan nikmat loh.

Namun dibalik itu, ada makna  yang terdapat dalam tradisi liwetan yaitu adanya kebersamaan dan persaudaraan. Dimana orang-orang menyantap nasi liwet dan lauk-pauknya bersama-sama menggunakan tangan, tanpa memandang status sosial atau derajat orang lain. Baik itu pejabat maupun rakyat biasa, semua orang menyatu dan duduk bersama menikmati hidangan liwetan.

Bagaimana Teman-teman?, ingin merasakan sensasi makan liwetan?, tidak ada salahnya mencoba membuat dan makan bersama-sama.

Semoga bermanfaat

Salam hangat penuh semangat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan