Mohon tunggu...
Endra Wahyoudee
Endra Wahyoudee Mohon Tunggu... Guru - Guru

Masih ingin terus belajar, karena belajar dapat menemukan hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Langkah Sederhana Pengecekan Sepeda Motor Sendiri

7 September 2022   09:32 Diperbarui: 7 September 2022   09:36 81 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Assalamualaikum Teman-teman

Ibarat pendamping, sepeda motor yang kita gunakan harus selalu dirawat, karena hampir setiap hari kita pakai untuk menemani perjalanan kita baik jarak dekat maupun jarak jauh. Seperti misalnya kita beraktifitas dari hari senin sampai jum'at, bahkan ada juga yang di hari sabtu nya kita masih beraktifitas.

Nah, seiring berjalannya waktu dan aktifitas kita setiap hari yang menggunakan sepeda motor, maka luangkanlah waktu untuk sepeda motornya kita berikan perawatan. Hal ini juga bisa kita lakukan untuk mengisi kegiatan kita di akhir pekan selain berkumpul dengan keluarga, istilahnya adalah "me time" dengan pendampingnya yaitu sepeda motor

  Berikut beberapa tindakan pengecekan yang bisa kita lakukan sebagai bentuk perawatan sepeda motor, yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya kerusakan.

  • Pengecekan Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan salah satu hal yang penting pada sepeda motor. Maka pastikan kondisi bahan bakar selalu terisi dengan melihat melalui indikator bahan bakar. Tetapi perlu diingat bahwa jika motor jarang digunakan, sebaiknya tangki bahan bakar dalam tanki harus dalam kondisi penuh/full tank untuk menghindari terjadi penguapan.

  • Pengecekan Ban

Ban merupakan hal yang penting juga pada sepeda motor, karena selain sebagai penopang berat sepeda motor, ban juga yang beriteraksi langsung dengan permukaan jalan. Pengecekan ban diantaranya adalah mengecek kondisi tapak/kembang ban, jika sudah mulai tipis atau agak botak segera diganti karena hal ini akaj mengurangi traksi pada permukaan jalan yang bisa berakibat sepeda motor slip atau tergelincir saat dikendarai. 

Hal berikutnya adalah memgecek kondisi tekanan angin ban, Jika kempes maka segera dipompa sesuai dengan spesifikasi tekanan angina ban yang ada di bahu ban, karena jika mengendarai sepeda motor dengan ban kempes maka akan menyulitkan mengontrol pergerakan stang stir atau terasa berat.

  • Pengecekan Oli Mesin

Pelumas atau oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin yang bergesekan, agar tidak terjadi korosi maupun keausan. Maka untuk mengecek oli mesin bisa dilakukan dengan cara membuka penutup saluran masuk oli. Di tutup tersebut merupakan stik nya yang terdapat indikator dalam keadaan normal, dan dicek juga kebocoran yang ada disekitarnya.

  • Pengecekan Rem

Rem pada sepeda motor berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju sepeda motor. Maka rem harus selalu dalam kondisi prima. Untuk mengecek pengereman kita bisa tekan tuas rem, apakah berfungsi dengan normal dan pastikan juga lampu rem menyala. Perhatikan juga level permukaan minyak rem melalui celah bening yang ada di tanki reservoir atau tempat penampung minyak rem, pastikan berada dalam batas normal.

  • Pengecekan Fungsi Kelistrikan

Kelistrikan yang ada disepeda motor berfungsi untuk memberikan peringatan maupun tanda, ini juga tak luput dari pengecekan. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan atau malfungsi sistem saat mengendarai sepeda motor. Pengecekan ini berupa mengecekan lampu utama, lampu sein, lampu rem, klakson, dan indikator spedometer.

  • Pengecekan Cairan Pendingin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan