Mohon tunggu...
Endra Wahyoudee
Endra Wahyoudee Mohon Tunggu... Guru - Guru

Masih ingin terus belajar, karena belajar dapat menemukan hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jum'at Berkah, Mari Bersedekah

2 September 2022   08:21 Diperbarui: 2 September 2022   08:28 114 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jum'at Berkah....Mari kita Bersedekah...

Assalamualaikum Teman-teman

Sedekah adalah pemberian seorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun, sedekah mencakup segala amal, atau perbuatan baik.

Pahala saat mengeluarkan sedekah dapat dibalas langsung oleh Allah SWT atau pada masa depan. Allah SWT pasti tidak pernah mengingkari janji-Nya karena sudah tertulis di dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 261.

Artinya:

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, di tiap-tiap tangkai ada seratus biji. Allah SWT melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya), lagi Maha Mengetahui" (Q.S. Al-Baqarah ayat 261).

 

Karena yang kita sedekahkan tidak harus berupa uang, berikut ini ada beberapa cara sedekah yang bisa teman-teman lakukan bahkan setiap hari. Mungkin bisa kita sebut yang namanya sedekah kreatif.

  • Berikan senyum kepada tetangga atau orang lain yang kita jumpai saat keluar rumah. Hal ini seperti apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW "senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah".
  • Mengumpulkan botol bekas minuman plastik / botol bekas plastik lainnya, setelah banyak terkumpul kita berikan ke pemulung.
  • Pada waktu akan shalat Jum'at, kita bisa datang 15 menit lebih awal untuk membantu bersih-bersih dan beres-beres di masjid.
  • Jika kita beli minum dalam kemasan, kalau ada sisa airnya bawa pulang dan airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam).
  • Membeli makanan kucing dalam toples, ditaruh di tas. Ketika di jalan ketemu kucing liar, berikan makanannya.
  • Ketika kita membawa kendaraan, tawarkan ke teman kita untuk ikut bareng jika searah.
  • Membeli tissue atau keperluan yang sederhana di pedagang kecil yang kita jumpai, hal ini sudah cukup membuat mereka senang.
  • Menyiiapkan nasi bungkus dari rumah. Berikan ke orang yang kira-kira membutuhkan seperti pedagang kecil, pengemis, orang gila, pengamen,atau anak terlantar. Tidak perlu banyak-banyak misalnya 1 bungkus setiap harinya
  • Membeli beberapa pasang sandal jepit untuk diletakkan di kantor, dimusholla atau masjid untuk digunakan ketika berwudhu.
  • Membeli barang diskonan di supermarket. Misalnya detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen, pinsil dan lainya, kemudian hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.
  • Ketika melihat ada pedagang burung-burung kecil yang biasa dijual untuk anak-anak sekolah, beli beberapa ekor kemudian terbangkan bebas ke alam.
  • Membeli perlengkapan untuk membersihkan toilet, atau juga pengharum ruangan, dan berikan ke masjid-masjid.
  • Ketika membeli makanan atau minuman dan ada sedikit kembaliannya, maka berikan kepedagangnya tidak perlu diambil.

Dan masih banyak lagi yang mungkin bisa teman-teman lakukan sebagai bentuk sedekah, selama itu perbuatan baik.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat penuh semangat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan