Mohon tunggu...
endah wahyuni
endah wahyuni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Budaya Positif PGP Modul 1.4 CGP Angkatan 7

24 Januari 2023   12:40 Diperbarui: 24 Januari 2023   12:54 664
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.4.a.9. Aksi Nyata - Modul 1.4

 

CGP Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek : Endah Wahyuni, S.Pd.

Fasilitator : SUYATNO, S.Pd., M.Pd

Pengajar Praktik : Ika Vidiasari Aristawati, S.Pd.

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman mereka mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif.

  • Fact (Peristiwa)

Dalam aksi nyata modul 1.4 tentang Budaya Positif yang saya lakukan adalah mengerjakan tugas yang ada, adapun tugas tersebut adalah  mengimplementasikan  pemahaman terkait budaya  positif  yang  dapat membantu murid belajar dengan aman dan nyaman sesuai filosofi KHD. Tidak hanya itu, saya juga akan mendapat kesempatan untuk membagikan pemahaman dan pengalaman kepada guru-guru di sekitar saya. Adapun langkah-langkah yang dilalui dalam aksi nyata saya adalah

  • Saya mendapat waktu 4 minggu untuk menjalankan dua hal , yaitu: (a) mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif di lingkungan kelas Saya, sesuai yang dibuat di tahap Koneksi Antar materi, dan (b) membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya kepada rekan-rekan Saya.
  • Sepanjang  proses  penerapan, saya mendokumentasikan  proses yang  terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang saya anggap penting. Dokumentasi yang berupa foto atau video ini dapat saya tunjukkan saat sesi berbagi.
  • Saya dapat melakukan sesi berbagi dengan dua moda:
  • moda luring, jika situasi memungkinkan, atau
  • moda daring, melalui webinar kecil atau berbagi dalam kelompok (group sharing).  Dalam webinar ini, saya dapat mengundang minimal sepuluh (10) orang peserta.
  • Dalam sesi tersebut, Saya akan membagikan dua hal:
  • pemahaman saya terhadap konsep-konsep kunci dalam Modul Budaya Positif, yaitu perubahan paradigma belajar, disiplin positif, motivasi perilaku manusia, kebutuhan dasar, posisi kontrol restitusi, keyakinan kelas dan segitiga restitusi,
  • pengalaman dan pembelajaran yang saya dapat setelah menerapkan konsep-konsep kunci tersebut, baik di kelas dan/atau rumah.
  • Merekam kegiatan ini dan unggahlah ke kanal YouTube dan PMM (pada menu Bukti Karya).
  • Mengirimkan tautan video yang telah diunggah di YouTube, dan screenshoot (tangkapan layar) bukti  telah menambahkan video tersebut ke PMM  (pada menu Bukti Karya) sesuai petunjuk di bawah.
  • Memperhatikan rubrik penilaian Aksi Nyata yang disajikan dibawah.
  • Mengirimkan juga tautan video yang telah diunggah di YouTube/Google Drive di 1.4.a.9.1. Aksi Nyata - Budaya Positif - Forum Berbagi Aksi Nyata agar dapat saling bertukar umpan balik dengan rekan CGP lain.

2. Feeling (perasaan)

Dalam melaksanakan Tugas aksi nyata ini diperlukan tekat yang besar dan jiwa yang besar.serta motivasi yang tinggi dan rasa percaya diri yang tinggi. Karena kegiatan desiminasi ke rekan guru bukan hal yang mudah harus kita paham betul dengan materi yang akan kita sampaikan.

3. Findings (Pembelajaran)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun