Mohon tunggu...
Endah Murniaseh
Endah Murniaseh Mohon Tunggu... Freelancer - belajar menulis banyak hal

Lifelong Learner

Selanjutnya

Tutup

Money

Daftar Promo Produk yang Menjadi Andalan Anak Kos

20 September 2021   14:51 Diperbarui: 20 September 2021   15:06 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Menjadi anak kos merupakan suatu hal yang cukup membahagiakan bagi saya saat itu. Hal ini karena saat itu saya hanya memikirkan “enak ya jadi anak kos yang hidup di kota, dan menempuh pendidikan di jurusan yang saya inginkan”. Namun memang benar apa yang selalu diomongkan orang-orang, bahwa "kenyataan tak seindah mimpi".

Banyak sekali permasalahan yang mau tidak mau harus saya hadapi sendiri, karena terlalu takut membebani orang tua yang telah membayar biaya pendidikan dan kehidupan saya, namun masih saya tambahi dengan segala permasalahan hidup anaknya ini. 

Hingga akhirnya saya berpikiran untuk aktif di kampus agar CV saya tidak kosong dan ada hal yang saya ceritakan kepada orang tua saat saya di rumah. "Saya harus menjadi mahasiswa yang aktif dan bisa berkembang" ucap saya saat itu, namun setelah saya jalani ternyata permasalahan semakin kompleks saja. Mulai dari permasalahan dengan waktu yang harus saya korbankan, hingga masalah keuangan.

Bagaimana tidak, saat harus aktif di kampus kita harus merelakan uang saku kita terpotong untuk beberapa kegiatan. Belum lagi saat tidak memiliki cukup waktu untuk memasak, tentu akan mengeluarkan uang lebih untuk makan diluar. Kebutuhan yang terus bertambah membuat saya harus putar otak supaya uang yang ditransfer cukup untuk satu bulan itu. 

Akhirnya membuat saya berpikir, bagaimana agar dapat memenuhi kebutuhan namun tidak mengeluarkan banyak uang. Akhirnya pemikiran luar biasa saya adalah memanfaatkan promo Jumat, Sabtu, Minggu (JSM) Indomaret dan Alfamart

Meskipun potongan harga tidak begitu banyak, tapi lumayanlah bagi anak kos, yang semua serba harus berhemat. Hal ini saya lakukan karena gerai supermarket yang berada di area kampus dan kos saya ini berdampingan.

  1. Susu UHT

Minuman susu memang bergizi dan baik untuk siapapun, termasuk anak kos. Meskipun harga per 200 ml cukuplah murah, sekitar 5000-an. Namun saya yakin bahwa sangatlah jarang ditemukan anak kos yang rajin minum susu setiap hari. Alasan sibuk dan akhirnya tidak sempat membuat mereka jarang membelinya. 

Padahal alasan yang lebih valid adalah tidak menyukai minuman sehat. Karena nyatanya minuman dengan tagline “Segarkan ekspresimu” lebih menyegarkan daripada susu. Tapi bolehlah sekali-kali hidup sehat dengan memanfaatkan promo JSM dengan membeli susu. Karena potongan harga yang sangat lumayan. Untuk susu 1 liter yang biasa dijual 18 ribu untuk merek susu Indonesia, saat promo JSM bisa dijual dengan harga 14 ribuan saja. Kan lumayan yang 4 ribu buat beli Royco.

2. Keju Cheddar

Sedikit sombong mungkin kesannya untuk anak kosan, mau buat apa beli keju. Namun entah mengapa saya seringkali membeli keju cheddar saat promo JSM. Saya pun selalu restock saat keju ini habis, karena menurut saya keju merupakan bahan makanan sehat yang dapat mengimbangi pola makan saya yang sangat dekat akan micin. 

Jadi lumayanlah saya sering tambahkan pada mi instan yang setia menemani tanggal tua saya. Keju Cheddar ini biasa dijual dengan harga 17 ribuan dan pada promo JSM menjadi 14 ribu-an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun