Mohon tunggu...
Endah Lestantu
Endah Lestantu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNNES

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi tentang Pencegahan Stunting Melalui Pemberian MPASI Sehat dan Bergizi

8 Desember 2022   06:00 Diperbarui: 8 Desember 2022   06:20 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UNNES GIAT 3 telah melaksanakan program kerja sosialisasi kesadaran terhadap stunting dan demo pembuatan MPASI untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas. Program kerja ini dilaksananakan pada tanggal 1 Desember di Balai Desa Demaan. Tujuan dari program kerja ini adalah agar masyarakat sadar dan lebih memperhatikan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah ibu hamil dan ibu dari anak yang mengalami stunting.

Penanggung jawab dari program kerja ini yaitu Tika, Diah, dan Endah. Kegiatan pertama dari program ini adalah sosialisasi stunting kepada ibu-ibu yang sudah hadir di Balai Desa Demaan. Memaparkan mulai dari apa itu stunting, faktor penyebab stunting, bagaimana pencegahan stunting, pemberian mpasi yang sehat dan bergizi dan sebagainya.

Kemudian selanjutnya setelah menyampaikan sosialisasi sunting, mahasiswa mulai memaparkan demo pembuatan MPASI yang sehat dan bergizi. MPASI yang dibuat yaitu berupa bubur ayam dan nugget. Pembuatan bubur ayam dan nugget sangat mudah dan praktis dilakukan. Tahapan demi tahapan pembuatan mpasi dilakukan dengan takaran yang sesuai.

Dokpri
Dokpri

Disela-sela pembuatanMPASI, kita menanyakan kepada ibu-ibu yang hadir apakah sebelumnya pernah membuat MPASI. Ada yang menjawab pernah membuat MPASI dengan menu yang berbeda dari yang diperagakan oleh mahasiswa KKN. Dan ada juga yang belum pernah sama sekali membuat MPASI.

“Kalau saya pernah sekali membuat MPASI bubur seperti yang mbak praktikan, tapi dengan bahan yang berbeda”  ujar salah satu Ibu-ibu yang hadir.

Dokpri
Dokpri

Ibu Erna selaku bidan yang turut hadir di Balai Desa juga memperhatikan pembuatan MPASI serta memperhatikan kandungan apa saja yang diperlukan untuk makanan yang sehat dan bergizi. Seingga takaran yang diperlukan dalam pembuatan MPASI seimbang dan sesuai untuk dikonsumsi anak-anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun