Mohon tunggu...
Endah ArrumAlpiani
Endah ArrumAlpiani Mohon Tunggu... Lainnya - blog

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Semangat Belajar Bersama Kampus Mengajar di SD Negeri 2 Sampang, Kebumen

1 Juli 2021   23:30 Diperbarui: 9 Agustus 2021   20:39 316 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Endah Arrum Alpiani

1800003096

Pendidikan Bahasa dan Sstra Indonesia

Universitas Ahmad Dahlan

YogyakartaPendidikan merupakan sebuah upaya untuk mengembangkan kepribadian individu, baik secara sikap maupun prilaku dalam bermasyarakat. Dengan kata lain, pendidikan adalah proses sosial di mana lingkungan yang teroganisir seperti sekolah dan rumah, mampu memengaruhi seseorang untuk mengembangkan kecakapan sikap dan prilaku dalam diri sendiri dan bermasyarakat. 

Secara khusus proses pendidikan terjadi di ruang kelas atau suasana pembelajaran formal muali dari TK sampai Perkuliahan. Namun, secara umum pendidikan dilakukan di mana saja, baik melalui pembelajaran online, home-schooling, otodidak, pembelajaran tatap muka atau pengalaman pribadi.

Melalui program Kampus Mengajar yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021 yang diikuti sekitar 15.000 mahasiswa dari berbagai Universitas dan berbagai daerah. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 22 Maret hingga 25 Juni. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menggerakan mahasiswa untuk terjun langsung membantu dalam bidang Pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang sebagian besar sekolah masih terakreditasi C. 

Kegiatan Kampus Mengajar ini merupakan salah satu kesempatan yang diberikan kemendikbud untuk mahasiswa berkontribusi dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan di Indonesia. Program Kampus Mengajar meliputi beberapa kegiatan yaitu : (1) membantu kegiatan pembelajaran sekolah; (2) membantu adaptasi teknologi sekolah; dan (3) membantu penyusunan administrasi sekolah.

SD Negeri 2 Sampang merupakan SD yang terletak di pegunungan sehingga untuk melakukan pembelajaran daring sangat banyak hambatan seperti susah sinyal, peserta didik yang tidak mempunyai perangkat untuk pembelajaran daring, dan hambatan lainya. 

Oleh karena itu SD Negeri 2 Sampang melakukan pembelajaran dengan system guru kunjung/ rumah ke rumah, dengan guru mengunjungi beberapa kelompok belajar kecil di rumah peserta didik. Dalam adaptasi teknologi karena tenaga pendidik di SD Negeri 2 Sampang rata-rata merupakan generasi muda, sebagian dari tenaga pendidik sudah paham dengan teknologi. 

Fasilitas teknologi sudah cukup memadai  karena sudah tersedia WiFi  walaupun terkadang jaringan WiFi sering terputus karena mengingat lokasi sekolah di pegunungan. 

Administrasi sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Administrasi sekolah saat ini SD Negeri 2 Sampang sedang menyelesaikan administrasi sekolah seperti laporan BOS, Dapodik, RPP, dan administrasi lainnya.

Ada beberapa hambatan yang kami rasakan selama melaksanakan serangkaian kegiatan di minggu ini. Salah satunya yaitu terkait kondisi siswa di kelas 1 yang kebanyakan masih kurang percaya diri. 

Upaya yang kami lakukan pada saat itu adalah menyuruh siswa ke depan kelas untuk melatih kepercayaan diri mereka. Kemudian, hambatan lainnya datang dari pembelajaran di kela 3A yang mana ada beberapa siswa yang masih belum lancar baca-tulis sehingga kesulitan saat mengikuti ulangan harian. Upaya yang kami lakukan pada saat itu adalah membantu siswa membacakan soal agar siswa dapat memahami dan menjawab soal tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan