Mohon tunggu...
Endah K Wardani
Endah K Wardani Mohon Tunggu... Fotografer Amatir

saya hanya seorang perempuan sederhana.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Mewujudkan Impian dengan Prioritas

20 Juli 2017   00:06 Diperbarui: 20 Juli 2017   00:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mewujudkan Impian dengan Prioritas
gambar : tabungwakaf.com

Kita sering kali dilema dihadapkan dengan berbagai hal terlebih dalam menentukan masa depan. Menurutku masa depan dibagun sejak awal, kita harus mentukan prioritas yang utama. Karena untuk dapat meraih target atau cita-cita yang kita inginkan diperlukan berbagai 'jurus andalan' sebagai prioritas.

Jika kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan ada baiknya kita memikirkan langkah awal terlebih dahulu. Langkah awal tersebut yaitu 'Menentukan tujuan'. Kita tidak dapat menggapai target bila tidak ada tujuan. Tentukanlah terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan kita.

setelah kita mengetahui dan memutuskan tujuan barulah kita mencari cara bagaimana tujuan itu bisa tercapai. Nah, disinilah kita harus membuat prioritas mana yang lebih penting dan harus didahulukan dibandingkan hal-hal yang sifatnya tidak terlalu penting bahkan akan menghambat langkah kita dikemudian hari.

gambar :jamilazzaini.com
gambar :jamilazzaini.com
Perioritas bergantung pada tujuan kita, misalnya kita ingin sekali pergi ke Jepang, maka langkah utama kita adalah memantapkan dan menentukan kita ingin ke kota mana atau perlu kita buat jadwal rencana perjalanan. Hal ini sangat penting karena jika kita hanya ingin ke Jepang tanpa memiliki tujuan maka boleh jadi kita akan tersesat dan estimasi biaya akan jauh lebih besar dari yang sudah disiapkan.

Setelah mentukan tujuan dan membuat rencana perjalanan, langkah selanjutnya yaitu perkirakan biayanya dari mulai tiket penerbangan, biaya transportasi, makanan, tiket wisata, penginapan dll. Karena biayanya akan memakan biaya yang tidak sedikit, ada baiknya kita merencanakan keuangan terlebih dahulu. Tetapi, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa merencanakan dan menghemat anggaran pasti akan mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Tapi, kita tidak perlu khawatir melalui https://www.jenius.com/kita akan dengan mudah mengelola keuangan. Website ini juga bisa kita unggah dan buka kapanpun yang kita mau. Dengan aplikasi tersebut kita juga bisa mengkontrol pengeluaran dengan 3 jenis kartu debit, nah untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi halaman https://www.jenius.com/    

Sumber foto : www.nasehatlama.com
Sumber foto : www.nasehatlama.com
Nah untuk ringkasnya bagaimana tujuan kita bisa tercapai ada beberapa yang harus anda ketahui. 
  1. Do Right Away, apa yang ada bisa lakukan, segeralah lakukan. Jangan menunda-nunda akan tetapi pastikan apakah hal itu Urgent, penting atau justru sebaliknya. 
  2. Plan to the Asap, Rencanakan sesegera mungkin dan buat master plan jika anda memang benar-benar ingin tujuan anda bisa cepat tercapai. Anda bisa juga membuat daftar list apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan, kendala-kendalanya baik dari internal maupun eksternal, internal misalnya keuangan. Anda juga bisa membuat financial planning dengan mengatur budget yang anda miliki dan berapa pengeluaran yang harus anda keluarkan setiap harinya. 
  3. Delegate, setelah membuat master plan dan anda sudah berusaha semaksimal mungkin, langkah selanjutnya adalah menyerahkan semuanya kepada Tuhan, ini bukan berarti kita putus asa, akan tetapi ini menunjukkan bahwa sekuat apapun rencana kita, kita tidak akan pernah bisa menentang takdirnya juga sekaligus merefleksikan diri agar tidak tenggalam oleh rasa kecewa jika hal yang kita inginkan tidak terjadi. 
  4. Dump or Postpone. Tunda segala hal yang membuat anda tidak fokus, mulailah fokus pada prioritas anda dan jangan hiraukan apapun  yang membuat anda semakin dibelakang. Jika itu berkaitan dengan financial, misalnya anda ingin membeli hp baru akan tetapi anda hanya memiliki uang tabungan yang akan digunakan untuk meneruskan kuliah, sebaiknya tunda keinginan anda membeli handphone dan selagi hp lama anda masih bisa digunakan. Atur keuangan anda dengan tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Buang juga hal-hal yang menyita waktu anda dan tenaga anda yang sifatnya tidaklah penting seperti patah hati memikirkan kekasih, fokuslah pada tujuan anda. 

Mantapkan diri kita untuk menghadapi tangtangan demi tangtangan untuk mencapai ke tujuan dan mulai lah dari sekarang. Semoga ulasan dari opini saya ini bermanfaat. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x