Mohon tunggu...
Encep Abdussalam
Encep Abdussalam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru Pendidikan Pancasila di SMP PGRI 2 Ciledug Kota Tangerang. Hobi saya adalah updete terkait perkembangan pendidikan dan teknologi, karena dengan kita update di bidang ini akan dapat dimaksimalkan keduanya secara sinergi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Say No To Bullying

2 November 2023   09:46 Diperbarui: 2 November 2023   10:19 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Agen Perubahan Anti Perundungan (Dok. pribadi)

Akhir-akhir ini dunia pendidikan dihebohkan dengan maraknya kasus bullying yang terjadi di institusi pendidikan. Salah satu kasus contoh yang terjadi di SMPN 2 Cimanggu Cilacap Jawa Tengah yang dipicu karena adanya geng di sekolah tersebut dimana korban bergabung ke geng lainnya. dari sinilah kemudian muncul rasa kesal dari pelaku kepada korban untuk melakukan pemukulan setelah pulang sekolah.

Kondisi ini cukup menyentil atmosfer institusi pendidikan yang konon sebagai ruang anak untuk belajar dan berkreasi dengan nyaman dan aman sesuai dengan potensi dan kemampuannya masing-masing tanpa adanya kekhwatiran dan intimidasi dari pihak manampun dalam mengembangkan minat dan bataknya masing-masing.

Beranjak dan merefleksi dari peristiwa inilah yang kemudian SMP PGRI 2 Ciledug yang dimotori oleh Kepala Sekolah yaitu Drs. Marsno, M.Pd secara konsekuen dan tegas menyatakan bahwa di sekolah yang ia pimpin mengharamkan terjadinya kasus perundungan kepada siswa, baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Peraturan tegas seperti ini  bukan hanya muncul saat aksi perundungan yang saat ini terjadi di beberapa sekolah, tetapi memang sudah dibuat beberapa tahun lalu sehingga di sekolah SMP PGRI 2 Ciledug minim terjadinya aksi perundungan tersebut.

Dalam upaya menanggulangi dan menghilangkan tindakan perundungan di instansi pendidikan, SMP PGRI 2 Ciledug melaksanakan kegiatan pelatihan Agen Perubahan Anti Perundungan yang  dilaksanakan mulai tanggal 1 - 3 November 2023 diwakili oleh 4 siswa dari masing-masing kelas dengan jumlah kurang lebih 40 siswa . Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta didik SMP PGRI 2 Ciledug menjadi pribadi berkarakter, berwawasan dan berakhlakul karimah sehingga tercipta lingkungan belajar yang aman dan nyaman tanpa adanya kekerasan fisik, verbal, sosial, dan psikis baik didunia nyata maupun didunia maya.

Kegiatan Pelatihan Agen Perubahan Anti Perundungan dimulai hari Rabu, 1 november 2023 pukul 08.00 yang diawali oleh Pembukaan MC yaitu Dannix Aprildat, S.Pd yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan Sambutan oleh Kepala Sekolah yaitu Drs. Marsono, M.Pd sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Agen Perubahan Anti Perundungan. Selanjutnya adalah penyampaian materi jenis-jenis perundungan dan upaya pencegahannya oleh Bapak Karunia Hardiyanto, S.Pd selaku Guru Bimbingan Konseling di SMP PGRi 2 Ciledug. Adapun materi terkait dengan Membangun Ide dan Kesadaran disampaikan oleh Guru SMP Negeri 32 yaitu Putri Lestari S.Pd. Adapun Ibu Melia Tri Andriani Kusuma, S.Pd menyampaikan materi terkait dengan membangun dan membuat aksi nyata dan membuat poster-poste menarik terkait dengan anti bullying di sekolah.

Menurut Wakil Bidang Kesiswaan : Ulfianti Ulfa, M.Pd mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat membentuk karakter siswa-siswi yang positif dan berahlakul karimah sehingga terciptanya lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika di SMP PGRI 2 Ciledug Kota Tangerang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun