Mohon tunggu...
emy mumtahanah
emy mumtahanah Mohon Tunggu... Guru - Guru TK/PAUD, di TK Islam Arrohman Ponorogo

saya adalah guru TK di TK Islam Arrohman Ponorogo, yang mempunyai hobi membaca dan berenang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berdiferensiasi

23 Februari 2023   19:45 Diperbarui: 23 Februari 2023   19:49 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

pembelajaran berdiferensiasi

Nama : Emy Nurfaida Mumtahanah, S.Pd

CGP : Angkatan 7 Kab.Ponorogo JATIM

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

Pengertian

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Orientasi terhadap kebutuhan murid tersebut terkait bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang "mengundang" murid untuk belajar, bagaimana menanggapi/ merespon kebutuhan belajar murid apakah perlu sumber, cara, penugasan, penilaian yang berbeda, serta bagaimana memanagemen kelas yang efektif baik prosedur, rutinitas, metode yang fleksibel, kegiatan pembelajaran yang berbeda namun kelas tetap efektif. Pembelajaran yang dimaksud adalah yang mampu mengakomodir kebutuhan belajar murid, murid memiliki karakter, gaya belajar dan pemahaman yang berbeda -- beda antara satu dengan yang lain. Untuk itu pada proses pembelajaran kita sebagai pendidik tidak bisa memperlakukan sama antara satu murid dengan murid yang lain. Untuk itu diperlukan usaha untuk memahami kebutuhan belajar murid dari setiap individu.

Kebutuhan Belajar Murid di bagi menjadi beberapa tahapan yaitu :

  • Kesiapan belajar (readiness)
  • yaitu kapasitas murid untuk mempelajari materi baru. Dalam kesiapan belajar, kita bisa menggunakan cara memberikan mereka Quiz/pertanyaan terkait pokok bahasan yang akan kita bahas. Namun sebelum itu ada baiknya pada hari sebelumnya kita sudah menyampaikan kepada mereka tentang materi pertemuan berikut.
  • Minat murid
  • Minat adalah salah satu motivator penting bagi murid untuk dapat 'terlibat aktif' dalam proses pembelajaran.
  • Minat merupakan ketertarikan murid terhadap sesuatu yang dianggap menarik. Disini guru dapat memberikan suatu masalah yang dapat menimbulkan keingintahuan dari murid. Namun tidak semua murid mempunyai minat yang sama, untuk itu kreatifitas guru dalam memilih materi dan media agar terlihat menarik dan unik bagi murid.
  • Profil belajar murid
  • Menurut Tomlinson (dalam Hockett, 2018) profil belajar murid ini merupakan pendekatan yang disukai murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, dll.
  • Profil belajar murid yang dapat depelajari berupa: visual, auditoring, kenistetik (profil belajar dengan gaya tersendiri)
  • Diferensiasi Sesuai Kebutuhan Murid

Diferensiasi konten; merupakan pembelajaran yang mengacu pada kemampuan pengetahuan dan keterampilan.

Diferensiasi proses merupakan pembelajaran yang mengacu pada kesiapan belajar murid, gaya belajar, minat, ataupun pendekatan emosional.

Diferensiasi produk; keluaran, tagihan dari yang diharapkan dari murid apa yang telah dipelajari.

perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun