Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengulik Armada Helikopter di Lanud Atang Senjaya Bogor

8 Januari 2024   17:40 Diperbarui: 8 Januari 2024   17:41 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejak puluhan tahun lalu, saya penasaran dengan landasan udara Atang Senjaya di Bogor ini. Saya kerap lewat di jalan raya Semplak, dan melihat sebuah helikopter tua di depan gerbang. Tapi bayangan saya, landasan udara ini mirip dengan landasan udara lainnya, luas dan megah.

Nah, akhirnya rasa penasaran itu terjawab ketika mengikuti event komunitas Kompasianer Air yang mengadakan kunjungan ke Lanud Atang Senjaya. Sewaktu bulan Desember, saya sudah ikut serta ke Lanud Halim Perdanakusuma. Ini kesempatan kedua melihat basis Angkatan Udara Republik Indonesia. 

Dalam mobil jemputan (dok.pri)
Dalam mobil jemputan (dok.pri)

Saya satu rombongan dengan admin Kompasianer Air, Pak Taufik Uieks dan Dewi Puspa. Tiga orang langsung ke lokasi, mas Rahab, mbak Denik dan teman dari Tangerang. Kami bertemu di pos penjagaan depan, menyerahkan KTP dan dijemput oleh staf. Selalu tuan rumah adalah Pak Edy dari Lanud Atang Senjaya. 

Pak Edy memberi pengarahan (dok.pri)
Pak Edy memberi pengarahan (dok.pri)

Ternyata Lanud Atang Senjaya dikhususkan untuk armada helikopter. Jadi tidak diperlukan landasan pacu yang panjang dan luas. Jelas ada helipad, yang tidak membutuhkan lahan besar. Meskipun demikian, ada satu menara kontrol di salah satu sudut area. 

Di kawasan Lanud Atang Senjaya ini ada tiga satuan udara. Skadron 6 dan 8 serta Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (SATUDPP). Pertama kami dibawa ke Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan. Rupanya ini adalah hanggar tempat menyimpan helikopter operasional Basarnas.

Mobil operasional Basarnas (dok.pri)
Mobil operasional Basarnas (dok.pri)

Helikopter Basarnas

Di depan pintu masuk, ada beberapa mobil Basarnas yang diparkir. Lalu kami masuk ke dalam hanggar. Satu helikopter terbesar langsung tertangkap oleh mata. Helikopter ini khusus untuk VIP misalnya pejabat tinggi Basarnas yang sedang meninjau lokasi bencana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun