Mohon tunggu...
M. Alhasany
M. Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pemerhati politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Mungkinkah Belajar Membaca Al Quran dalam 30 Menit?

18 November 2021   10:15 Diperbarui: 18 November 2021   12:21 305 37 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (dok.kabarmekkah.com,)

Belajar membaca Alquran dalam waktu singkat adalah suatu keniscayaan. Apalagi di zaman sekarang, ketika banyak orang disibukkan oleh hal-hal duniawi, mencari harta sampai lupa belajar agama.Namun sesungguhnya, jika kita mau, tak ada alasan untuk tidak belajar. Selalu ada cara bagi orang yang bersungguh-sungguh. Dengan dukungan teknologi yang semakin maju, kita bisa belajar di mana saja.

Begitu pula dengan belajar membaca Alquran. Rasanya  malu jika mengaku beragama Islam tapi tidak bisa membaca kitab sucinya. Mungkin ini kesalahan orangtua yang lalai dalam mendidik anak-anaknya. 

Bisa juga karena lingkungan dan pergaulan yang salah sehingga lupa dan abai terhadap ajaran agama. Nah, selagi masih bernafas, masih ada kesempatan untuk belajar.

Kalau malu belajar sewaktu dewasa, jangan putus asa. Kita memanfaatkan internetnya Indonesia untuk belajar membaca Alquran. Ada kok layanan IndiHome untuk hiburan  tanpa batas, seperti mempelajari cara membaca Alquran melalui UseeTV Go

Di sini tersedia video-video yang menuntun kita belajar membaca dengan metode Iqra. Hebatnya, ternyata belajar membaca Alquran bisa dalam waktu 30 menit. Tidak menyita banyak waktu, bahkan untuk orang yang paling sibuk sekalipun.

Perlu diketahui, UseeTV Go merupakan aplikasi yang disediakan IndiHome TV yang memberikan pengalaman baru kepada pelanggan untuk menonton TV secara langsung, maupun tak langsung. Tayangan TV yang sudah berlalu, misalnya kemarin lusa atau sebelumnya, dapat dilihat kembali. 

Baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu terdapat fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, termasuk membaca Alquran.

Tampilan aplikasi (dok.ss.pribadi)
Tampilan aplikasi (dok.ss.pribadi)

Bagaimana menggunakannya?

  • Donlot aplikasi UseeTV Go melalui Google Play Store
  • Aplikasi ini mudah ditemukan dan cukup ringan.
  • Buka menu Edutaintment dari halaman EPG , lalu pilih Alquran
  • Kemudian pilih paket Alquran
  • Tampilan detail informasi pembelian paket Alquran, klik Ok untuk pembelian paket.
  • OTP akan dikirim ke picturer pelanggan yang tampil pada EPG dan terdaftar pada system DB profile.
  • Masukkan OTP (One Time Password)  yang diterima, klik summit
  • Jika pembelian berhasil, akan muncul notifikasi sukses di EPG dan layanan bisa langsung digunakan.

Kita akan melihat video tutorial cara membaca Alquran dalam waktu 30 menit. Bagi mereka yang pemula, tentu dimulai dengan pengenalan huruf hijaiyah., lanjut dengan tanda baca (harakat), lalu mempelajari tajwid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan