Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengenal Lebih Dekat tentang Kucing Anggora

8 Agustus 2021   12:48 Diperbarui: 8 Agustus 2021   13:13 1328 21 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Lebih Dekat tentang Kucing Anggora
Anggora Turki (dok.ahmet.kaya)

Salah satu binatang peliharaan yang menjadi favorit adalah kucing. Beberapa tahun terakhir ini, banyak orang tertarik untuk memelihara kucing ras karena terlihat cantik dengan bulu menjuntai.

Masyarakat awam menyebut semua kucing ras adalah anggora. Mereka tidak tahu bahwa ada berbagai jenis kucing ras. Ada beberapa kucing ras yang hanya terdapat di beberapa negara dan harganya lumayan mahal.

Sebetulnya sebutan kucing anggora tersebut tidak salah juga. Karena dalam KBBI, anggora diartikan sebagai kucing yang berbulu panjang. Jadi, tidak mengarah pada satu jenis ras tertentu.

Namun pada hakikatnya, istilah anggora justru berasal dari Turki. Jenis ras dari Turki ini merupakan salah satu ras yang termahal di dunia.

Anggora asal katanya adalah Ankara (ibukota Turki). Ras kucing ini memang berasal dari wilayah ini. Tetapi kemudian dikembangbiakkan di provinsi lain juga. Misalnya di provinsi Dogubeyazit.

Tiga istilah yang digunakan di Indonesia untuk menyebut jenis ras kucing ini yaitu Turkish Angora Cat, Anggora Turki, dan dalam bahasa Turki adalah Ankara Kedisi. Semuanya sama saja, merujuk pada kucing dari Turki.

Pada tahun 1970, kucing Anggora Turki ini didaftarkan secara resmi ke CFA sebagai ras kucing independen. Ras ini ciri khasnya adalah bulu warna putih panjang menjuntai dengan mata berbeda warna (odd eyes).

Kemudian pada tahun 1978 barulah ada warna lain yang didaftarkan ke CFA. Antara lain kucing anggora Turki yang berwarna abu-abu, oranye dan hitam.

Perlu diketahui, Turki tidak sembarangan melepas jenis ras kucingnya. Jika ada permintaan dari luar negeri untuk membeli kucing ini, kucing diberi sertifikat dan sudah disteril. Jadi, kucing ras ini tidak bisa dikembangbiakkan di negara lain. 

Di Indonesia, hanya ada enam orang yang memiliki kucing Anggora Turki asli. Mereka memegang sertifikat keasliannya. Harga kucing tersebut ratusan juta Rupiah, tidak terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan