Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Capcay, Nikmat Tanpa Nasi

22 Juni 2021   12:16 Diperbarui: 22 Juni 2021   12:25 181 19 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Capcay, Nikmat Tanpa Nasi
Capcay (dok.pri)

Masakan sayuran yang sangat saya sukai dan enak dinikmati tanpa nasi adalah capcay kuah. Jadi, menu capcay kuah ini cocok untuk menu diet, kenyang makan sebanyak satu mangkuk kecil. 

Kalau membeli capcay di restoran, harganya lumayan. Memang sih disajikan dengan bagus, dan ada pelengkapnya seperti capcay seafood. Satu piring bisa saya habiskan sendiri, tidak perlu pakai nasi.

Namun sebenarnya jika membuat sendiri di rumah juga mudah. Bahan-bahannya pun ada di tukang sayur yang lewat. Bisa dimodifikasi atau diganti dengan jenis sayuran yang tersedia.

Berikut ini resep capcay yang biasa saya makan:

Bahan-bahan: 

Sayuran: brokoli, sawi putih, wortel (diiris tipis miring/serong), Capri (kalau ada), bunga kol. 

Toping : irisan daging sapi atau suwiran ayam, udang, sosis dipotong-potong, lima butir bakso diiris-iris. Kalau mau hemat, cukup bakso dan sosis.

Bumbu: 4 siung bawang putih, 6 siung bawang merah (bawang merah dan putih diulek kasar), 2 sdm mentega, lada bubuk 1/2 sdt, kecap asin secukupnya, kecap  Inggris seujung sdt, kecap manis 1 sdm, kecap ikan 1 sdt, saus tiram  2 sdm, maizena 1 sdm. 

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan 2 sendok makan mentega sampai harum.

2. Masukkan udang, bakso, daging, dan lainnya sampai agak matang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x