Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Jebakan Israel pada Penduduk Palestina Ketika Salat Idul Adha di Masjid Al Aqsa

13 Agustus 2019   20:06 Diperbarui: 13 Agustus 2019   20:12 0 7 2 Mohon Tunggu...
Jebakan Israel pada Penduduk Palestina Ketika Salat Idul Adha di Masjid Al Aqsa
Insiden di Masjid Al Aqsa (dok.mee.net)

Israel selalu membuat ulah, ada saja cara yang dimainkan untuk menindas penduduk Palestina, terutama yang beragama Islam. Pada hari raya Idul Adha di mana umat muslim merayakan hal itu, malah diciderai tentara Israel yang menembaki orang orang setelah shalat.

Akibatnya, telah jatuh korban dari umat muslim. Sebanyak 61 orang terluka dan 14 orang harus dirawat di rumah sakit. Tetapi sumber lain mengatakan jumlahnya lebih dari itu.

Cara licik Israel, mulanya adalah melarang umat muslim shalat Idul Adha di masjid-masjid yang ada di Yerusalem. Hampir semua masjid ditutup oleh tentara Israel. Satu-satunya masjid yang dibuka dan boleh untuk shalat hanya Masjid Al Aqsa.

Tidak heran jika kemudian seluruh penduduk yang ingin melaksanakan shalat hari raya berbondong-bondong ke masjid Al Aqsa. Ribuan orang tumplek ke sana karena hanya Masjid ini yang diperbolehkan.

Sebagai umat muslim tentu tidak ingin melewatkan shalat hari raya. Baik laki-laki maupun perempuan, serta anak-anak memenuhi tempat suci tersebut.

Anehnya, kemudian tentara Israel memasukkan penduduk Israel dengan alasan mereka menjaga kuil yang dianggap suci oleh kaum Yahudi. Area kuil tersebut memang berada di kawasan Masjid sebagaimana tempat suci yang dimiliki umat kristiani.

Kejadian selanjutnya bisa diduga, umat muslim yang sedang memadati halaman Masjid Al Aqsa dianggap mengganggu kuil mereka. Padahal mereka hanya melakukan shalat hari raya. Kedatangan umat Yahudi tersebut memicu perselisihan.

Maka terjadilah bentrokan antara keduanya yang diprovokasi oleh tentara Israel. Kemudian tentara Israel menyerang umat muslim dengan rangkaian tembakan.

Walaupun peluru yang digunakan dikatakan adalah peluru karet, tetap saja mengakibatkan luka yang serius. Selain itu tentara Israel juga menggunakan gas air mata dan bom asap.

Umat muslim menjadi kacau balau, berusaha melarikan diri dari serangan tentara Israel. Tetapi akhirnya jatuh kurban dari pihak umat muslim, sedangkan orang-orang Yahudi itu mendapat perlindungan.

Sungguh miris, umat muslim seharusnya bergembira di hari raya Idul Adha ini. Mereka justru mendapatkan penganiayaan dari tentara Israel yang tidak pernah puas membasmi penduduk Palestina.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN