Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Segarnya Es Kelapa Muda, Tiada Duanya

1 Juni 2018   09:37 Diperbarui: 1 Juni 2018   10:13 1135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Minum es kelapa muda (dok. Dewi Matrutty)

Minuman dingin dan segar yang paling saya sukai adalah es kelapa muda. Entahlah, sejak kecil saya menjadi penggemar es kelapa muda. Kebetulan dulu di halaman rumah, kami nenanam empat pohon kelapa hybrida. 

Pohon kelapa itu tidak tinggi dan berbuah lebat. Karena itu persediaan kelapa selalu ada untuk kebutuhan keluarga. Kelapa muda dibuat menjadi minuman. Dan kelapa tua menjadi santan untuk masakan. 

Pada cuaca yang panas, sesekali saya minta pada bapak untuk memecah kelapa muda. Lalu bapak mengambil dua butir kelapa yang masih muda. Kelapa kelapa itu dipecah dengan golok besar. 

Air kelapa muda dituangkan ke dalam baskom. Saya bertugas mengerik daging kelapa, kadang dengan sendok, atau serutan kelapa. Setelah diberi gula dan es batu, lalu dibagi rata dalam gelas untuk seluruh keluarga. 

Bagi saya kesegaran es kelapa muda tiada duanya. Airnya terasa begitu nikmat melewati tenggorokan hingga ke dada lalu berakhir di perut. Daging kelapa yang kenyal dan gurih melengkapi kesegaran tersebut. 

Pada bulan Ramadhan, minum es kelapa muda terasa luar biasa. Seperti tanah kering yang tersiram oleh air hujan. Saya bisa menghabiskan satu butir untuk diri sendiri. 

Jika ada acara buka puasa bersama, lalu dihidangkan es kelapa muda, pasti saya memilihnya. Saya akan minum bergelas gelas sampai puas. Untuk urusan es kelapa muda ini, saya tidak akan menahan diri. 

Menurut para ahli gizi yang pernah saya baca, air kelapa muda bisa menggantikan cairan tubuh yang keluar dengan cepat. Selain itu juga mengandung nutrisi yang berguna untuk tubuh. Karena itulah sekarang banyak dijual air kelapa muda dalam kemasan. 

Sebenarnya air kelapa muda muda bisa dimodifikasi atau dikombinasi dengan makanan atau minuman lainnya. Kelapa muda menjadi campuran es buah, es cendol dsb. 

Namun kombinasi yang paling saya suka adalah es kelapa muda jeruk. Perasaan jeruk yang mengandung rasa asam manis membuat kelapa muda menjadi lebih segar ada rasa unik yang tertinggal di lidah dan tenggorokan. 

Es kelapa muda jeruk (dok. Pri)
Es kelapa muda jeruk (dok. Pri)
Untunglah Indonesia sebagai negara tropis dan negara kepulauan, kaya akan pohon kelapa. Kita bisa dengan mudah menjumpai pedagang es kelapa muda di kota mana saja. Apalagi jika di sekitar pedesaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun