muthiah alhasany
muthiah alhasany writer/blogger, traveller, politician. Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Membedah Wuling sebagai MPV Idaman Keluarga Indonesia

5 Januari 2018   14:40 Diperbarui: 5 Januari 2018   16:24 3306 7 4
Membedah Wuling sebagai MPV Idaman Keluarga Indonesia
Wuling merah jadi favorit (dok.pri)

Apa rencana anda untuk tahun baru? Buatlah resolusi untuk keluarga tercinta. Sesuatu yang akan membuat mereka senang dan bangga. Pun dapat mempererat ikatan kasih sayang dengan kebersamaan di antara kalian. Sesuatu itu bisa sebuah kendaraan yang sangat fleksibel bagi keluarga. Alat transportasi multi fungsi, yang dapat digunakan oleh setiap anggota keluarga. Sebuah kendaraan yang akan membuat suasana lebih hangat dan akrab.

Yup, bagaimana dengan sebuah mobil MPV? Mobil yang memiliki mesin canggih, modern dan berkelas. O la la, tak perlu mengerutkan dahi karena membayangkan harga MPV yang selangit. Di zaman now, ada lho mobil MPV yang tidak akan membuat kita menjadi bangkrut.

Oke, saya tak mau membuat anda sekalian menjadi pusing karena berteka-teki. Saya hanya ingin menceritakan sebuah mobil yang berhasil membuat saya jatuh cinta, yaitu MPV Confero S dari Wuling. Mobil istimewa ini dikeluarkan oleh Perusahaan Wuling Motors.

Apa yang membuat saya tertarik pada MPV Confero S dari Wuling? Beberapa bulan yang lalu, saya membaca sebuah berita di media online. Berita tersebut mengenai kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi di salah satu kota di pulau Kalimantan.

Kecelakaan tersebut melibatkan dua mobil, yang salah satunya adalah Wuling. Dalam berita tersebut dikatakan bahwa mobil Wulingnya dalam kondisi baik, sedangkan mobil lawannya babak belur. Wah, saya jadi penasaran. Seberapa hebatkah Wuling itu.

Dari namanya saja, sudah terdengar menarik, Wuling Confero S.  Tadinya saya kira nama Wuling itu berasal dari Indonesia. Ternyata Wuling adalah nama branddari negeri tirai bambu. Wuling dalam bahasa Mandarin, artinya lima berlian.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

MPV Wuling Confero S adalah hasil kerjasama antara dua perusahaan besar. Satu dari China, yaitu Shanghai Otomotif International Corporation dengan General Motor.  Kita tentu sudah mengenal General Motor sebagai salah satu raksasa di bidang otomotif.

General Motor ingin ekspansi ke negeri tirai bambu dengan  menggandeng  perusahaan tersebut untuk dapat menciptakan kendaraan berkualitas tinggi, tetapi dengan harga yang lebih ramah. Sebagaimana slogan mereka Drive For a Better Life.

Lantas terciptalah MPV Confero S dari Wuling. Apa maksudnya diberi nama Confero S? Conferoberasal dari bahasa latin yang artinya untuk menyatukan. Ini sangat sesuai dengan jenis mobil MPV yang bisa menyatukan keluarga.

Sedangkan S, merupakan singkatan dari Sporty. Walau MPV ini adalah mobil untuk keluarga, tapi tetap ringan dan lincah ketika dikendarai. Bodynya memang tidak sebesar MPV merek lain, lebih ramping.

Pabrik Wuling MPV Confero S di Indonesia

MPV Confero S sengaja dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia, mengingat bahwa orang Indonesia senang sekali berjalan-jalan bersama keluarga. Bahkan pabriknya juga berada di Indonesia, yaitu di Cikarang, Bekasi.

PT SGMW Motor Indonesia yang memproduksi Wuling Confero S, mempunyai area pabrik seluas 60 ha di Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No.1 Delta Mas, Cikarang, Bekasi. Lokasi ini mudah dicapai melalui jalan tol Cikampek, KM37.

Wah, luas juga ya. Ternyata pabrik itu dibagi dua. Masing-masing 30 ha. Satu bagian untuk asembling dan satu bagian lagi untuk memproduksi spare part atau suku cadang. Hampir semua karyawannya adalah orang Indonesia.

Lalu bagaimana dengan mutu Confero S? Tenang, mutu dari mobil-mobil Wuling dijamin bagus. Ternyata sebelum mendirikan pabrik di Cikarang, karyawan-karyawannya telah mendapat pelatihan langsung di China. Jadi, mereka diberangkatkan untuk belajar dari ahlinya. Wow, nggak main-main ya.

Perlu diketahui modal pertama yang ditanam di Indonesia sebesar 700 juta $ AS pada tahun 2014. Kemudian peletakan batu pertama pembuatan pabrik dilakukan pada tahun 2015. Sedangkan pada tahun 2016, sudah mulai memproduksi Confero S.

Hebatnya, kapasitas produksi sangat tinggi, dalam setahun telah dihasilkan sebanyak 2000 mobil Confero S dengan  nilai penjualan sebesar 2,13 juta $. Hasil yang luar biasa untuk sebuah mobil jenis baru.

Confero S diperkenalkan pada pre Launching di Jakarta Fair  pertengahan 2017 yang lalu. Namun grand launchingnya dilakukan pada bulan Agustus. Sejak saat itu, permintaan terhadap Confero S meningkat pesat.

Jaringan networking tahun pertama, sudah ada 50 dealer di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Dealer ini masing-masing memiliki standar 3 S, yaitu Sales, Service dan Spare part.  Sampai saat ini sudah 3000 unit Confero S terjual.

Wuling Motors di Depok

Namun untuk pastinya, saya langsung 'mlipir' ke dealer Wuling yang paling dekat dari lokasi rumah, yaitu Wuling Motors cabang Depok yang berada di jalan Kartini no.46. Ya dong, di sana kita bisa melihat-lihat Confero S sepuas-puasnya.

Wah, ternyata dealer Wuling Motors di Depok ini merupakan gedung baru yang mudah ditemukan. Bahkan jika kita sedang naik Commuter Line, gedung ini terlihat jelas dengan nama Wuling Motors.

Di sana saya disambut dengan ramah. Anton Timur Jaelani, Manager Wulings Motor cabang Depok berkenan memberi penjelasan mengenai Confero S. Di dalam show room yang cukup luas, saya melihat dua buah Confero S. Pertama, berwarna merah, dan yang satunya lagi berwarna putih.

Confero S yang berwarna merah ini adalah favorit dan banyak dipesan oleh konsumen. Saya langsung saja membedah MPV ini luar dan dalam. Dari penampilannya saja, Confero S tampak mewah dan elegan. Apalagi di bagian dalam.

Salah satu kelebihan Confero S adalah dapat dibuka dengan mengenakan remote yang juga berfungsi sebagai kunci mobil. Remote ini tidak hanya membuka pintu mobil, tetapi juga menggerakan kaca jendela. Baru kali ini saya melihat kunci yang berfungsi sebagai remote.

dashboard (dok.pri)
dashboard (dok.pri)

Di bagian dalam, kita akan menemukan dashboard yang mewah dan modern, lengkap dengan entertainment system. Nah, kalau mau mendengarkan lagu, menonton film atau menyetel radio gampang banget. Soalnya sistem audionya memakai touch screen 8 yang kompatibel dengan USB.

bagian depan Confero S (dok.pri)
bagian depan Confero S (dok.pri)

Di bagian bawah kemudi atau setir, ada luxury meter cluster, yang tidak bakal anda temukan di MPV merek lain. Sisi pintu bagian dalam menyediakan tempat untuk meletakkan sesuatu, bahkan juga dilengkapi dengan charger handphone.

Bentuk kursi-kursi di dalam Confero S ini mengingatkan saya pada kursi pesawat. Wah, jelas desainnya mewah dan modern.  Lapisan kursi terbuat dari semi kulit yang membuat kita lebih merasa nyaman ketika duduk di atasnya.

kursi bagian belakang Confero S (dok.pri)
kursi bagian belakang Confero S (dok.pri)

Sementara itu di bagian luar kita akan menemukan lampu istimewa yaitu adjustable rojecptor headlight with follow me home(arah pencahayaan lampu bisa diatur sesuai kebutuhan) dan day time running light yang membuat kita merasa aman saat berkendara.

Selain itu ada rear combination lamp untuk penerangan lebih baik saat mengerem di malam hari, led rear fog lamp untuk penerangan ketika cuaca berkabut, dan led rear spoiler lamp yang memberikan sentuhan mewah ketika terjadi pengereman.

Roda-roda yang menggerakkan mobil ini adalah jenis terbaru yang tampak cantik dan modern. Alloy wheel with machining ini memiliki diameter dan lebar ban yang lebih besar untuk memastikan kenyamanan berkendara. Begitu pula dengan bagian-bagian lain yang dijamin membuat kita terkagum-kagum.

Bagaimana dengan safety and security system? Tentu saja ada. Dual front 5RS air bag ada di bagian kursi depan, yang akan menghindarkan kita dari benturan jika terjadi kecelakaan. Selain itu juga dilengkapi dengan rear parking camera serta front and rear parking sensor yang membantu kita parkir mobil dengan mudah.

Sebagai mobil keluarga, maka sudah pasti ada bagian bagasi di belakang untuk menaruh barang-barang. Pintu belakang dapat dibuka dengan mudah. Jika ingin lebih luas, maka kursi-kursi bagian belakang bisa digeser dan dilipat.

Bagasi (dok.pri)
Bagasi (dok.pri)

Sebenarnya, ada tiga varian Confero S, yaitu Confero S 1,5, Confero S 1,5 C dan Confero S 1,5L. Tetapi berdasarkan jumlah tempat duduk, ada yang 7 kursi dan ada yang 8 kursi. Kita bisa memilihnya berdasarkan jumlah anggota keluarga. Jadi sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya ada beberapa pilihan warna untuk Confero S. Antara lain; Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry black dan Dazzling silver. Kalau saya sih, cocok dengan yang warna merah.

Garansi umum  dijamin selama tiga tahun, atau 100 000 km. Sedangkan garansi komponen utama mesin dan transmisi selama lima tahun atau 100 000 km. Sementara garansi suku cadang selama setahun.

Menjajal Wuling Confero S (dok.pri)
Menjajal Wuling Confero S (dok.pri)

Cabang Wuling di Depok (dok.pri)
Cabang Wuling di Depok (dok.pri)

Minat warga Depok terhadap MPV Wuling Confero S ternyata juga tinggi. Setiap bulan, rata-rata  terjual 40 unit. Lebih dari itu, maka mereka masuk waiting list. Wah, luar biasa. Beli mobil saja harus masuk waiting list, saking larisnya. Kalau penasaran, tanya saja langsung pada ahlinya di cabang Wuling Motors. Penjelasan lengkap akan disampaikan oleh managernya dengan baik.

Nah, tunggu apa lagi. Confero S sangat pantas menjadi resolusi di tahun baru. Ayo buruan ke dealer terdekat, mumpung masih ada penawaran menarik dan hadiah kejutan. Misalnya; DP menarik dengan program cicilan, lalu mendapat bonus perawatan dan harga spesial.