muthiah alhasany
muthiah alhasany writer/blogger, traveller, politician. Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Membedah Wuling sebagai MPV Idaman Keluarga Indonesia

5 Januari 2018   14:40 Diperbarui: 5 Januari 2018   16:24 4125 7 4
Membedah Wuling sebagai MPV Idaman Keluarga Indonesia
Wuling merah jadi favorit (dok.pri)

Apa rencana anda untuk tahun baru? Buatlah resolusi untuk keluarga tercinta. Sesuatu yang akan membuat mereka senang dan bangga. Pun dapat mempererat ikatan kasih sayang dengan kebersamaan di antara kalian. Sesuatu itu bisa sebuah kendaraan yang sangat fleksibel bagi keluarga. Alat transportasi multi fungsi, yang dapat digunakan oleh setiap anggota keluarga. Sebuah kendaraan yang akan membuat suasana lebih hangat dan akrab.

Yup, bagaimana dengan sebuah mobil MPV? Mobil yang memiliki mesin canggih, modern dan berkelas. O la la, tak perlu mengerutkan dahi karena membayangkan harga MPV yang selangit. Di zaman now, ada lho mobil MPV yang tidak akan membuat kita menjadi bangkrut.

Oke, saya tak mau membuat anda sekalian menjadi pusing karena berteka-teki. Saya hanya ingin menceritakan sebuah mobil yang berhasil membuat saya jatuh cinta, yaitu MPV Confero S dari Wuling. Mobil istimewa ini dikeluarkan oleh Perusahaan Wuling Motors.

Apa yang membuat saya tertarik pada MPV Confero S dari Wuling? Beberapa bulan yang lalu, saya membaca sebuah berita di media online. Berita tersebut mengenai kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi di salah satu kota di pulau Kalimantan.

Kecelakaan tersebut melibatkan dua mobil, yang salah satunya adalah Wuling. Dalam berita tersebut dikatakan bahwa mobil Wulingnya dalam kondisi baik, sedangkan mobil lawannya babak belur. Wah, saya jadi penasaran. Seberapa hebatkah Wuling itu.

Dari namanya saja, sudah terdengar menarik, Wuling Confero S.  Tadinya saya kira nama Wuling itu berasal dari Indonesia. Ternyata Wuling adalah nama branddari negeri tirai bambu. Wuling dalam bahasa Mandarin, artinya lima berlian.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
MPV Wuling Confero S adalah hasil kerjasama antara dua perusahaan besar. Satu dari China, yaitu Shanghai Otomotif International Corporation dengan General Motor.  Kita tentu sudah mengenal General Motor sebagai salah satu raksasa di bidang otomotif.

General Motor ingin ekspansi ke negeri tirai bambu dengan  menggandeng  perusahaan tersebut untuk dapat menciptakan kendaraan berkualitas tinggi, tetapi dengan harga yang lebih ramah. Sebagaimana slogan mereka Drive For a Better Life.

Lantas terciptalah MPV Confero S dari Wuling. Apa maksudnya diberi nama Confero S? Conferoberasal dari bahasa latin yang artinya untuk menyatukan. Ini sangat sesuai dengan jenis mobil MPV yang bisa menyatukan keluarga.

Sedangkan S, merupakan singkatan dari Sporty. Walau MPV ini adalah mobil untuk keluarga, tapi tetap ringan dan lincah ketika dikendarai. Bodynya memang tidak sebesar MPV merek lain, lebih ramping.

Pabrik Wuling MPV Confero S di Indonesia

MPV Confero S sengaja dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia, mengingat bahwa orang Indonesia senang sekali berjalan-jalan bersama keluarga. Bahkan pabriknya juga berada di Indonesia, yaitu di Cikarang, Bekasi.

PT SGMW Motor Indonesia yang memproduksi Wuling Confero S, mempunyai area pabrik seluas 60 ha di Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No.1 Delta Mas, Cikarang, Bekasi. Lokasi ini mudah dicapai melalui jalan tol Cikampek, KM37.

Wah, luas juga ya. Ternyata pabrik itu dibagi dua. Masing-masing 30 ha. Satu bagian untuk asembling dan satu bagian lagi untuk memproduksi spare part atau suku cadang. Hampir semua karyawannya adalah orang Indonesia.

Lalu bagaimana dengan mutu Confero S? Tenang, mutu dari mobil-mobil Wuling dijamin bagus. Ternyata sebelum mendirikan pabrik di Cikarang, karyawan-karyawannya telah mendapat pelatihan langsung di China. Jadi, mereka diberangkatkan untuk belajar dari ahlinya. Wow, nggak main-main ya.

Perlu diketahui modal pertama yang ditanam di Indonesia sebesar 700 juta $ AS pada tahun 2014. Kemudian peletakan batu pertama pembuatan pabrik dilakukan pada tahun 2015. Sedangkan pada tahun 2016, sudah mulai memproduksi Confero S.

Hebatnya, kapasitas produksi sangat tinggi, dalam setahun telah dihasilkan sebanyak 2000 mobil Confero S dengan  nilai penjualan sebesar 2,13 juta $. Hasil yang luar biasa untuk sebuah mobil jenis baru.

Confero S diperkenalkan pada pre Launching di Jakarta Fair  pertengahan 2017 yang lalu. Namun grand launchingnya dilakukan pada bulan Agustus. Sejak saat itu, permintaan terhadap Confero S meningkat pesat.

Jaringan networking tahun pertama, sudah ada 50 dealer di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Dealer ini masing-masing memiliki standar 3 S, yaitu Sales, Service dan Spare part.  Sampai saat ini sudah 3000 unit Confero S terjual.

Wuling Motors di Depok

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2