Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Halal dan Sehat, Ajinomoto Membuat Terong dan Tempe Menjadi Lezat

8 Maret 2017   17:00 Diperbarui: 8 Maret 2017   17:17 868 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Halal dan Sehat, Ajinomoto Membuat Terong dan Tempe Menjadi Lezat
Terong penyet (dok.pri)

Bagaimana pun, masakan rumah tetap menjadi prioritas untuk makanan keluarga. Kendalanya adalah, karena banyaknya suami istri yang pergi bekerja, maka sulit membagi waktu untuk memasak. Beruntung hal ini menjadi perhatian para pakar masakan seperti Ajinomoto untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak inovasi baru yang memudahkan kita untuk memasak secara cepat tanpa memakan banyak waktu.

Merek Ajinomoto sudah kita kenal puluhan tahun yang lalu. Ketika hanya ada TVRI di negeri kita, Ajinomoto menjadi salah satu pengisi iklan yang paling dominan. memang hanya satu produk yang ditampilkan yaitu penyedap rasa berbentuk bubuk putih dalam kemasan plastik kecil transparan. Namun seiring dengan kemajuan teknologi dan penyesuaian kebutuhan, Ajinomoto pu memproduksi berbagai bumbu untuk berbagai masakan. Misalnya, tepung bumbu serba guna yang bisa untuk menggoreng ayam, tempe, bahkan bakwan. Begitu pula dengan produk-produk lain.

Ada kekuatiran sebagian masyarakat bahwa bumbu penyedap mengandung bahan yang berbahaya untuk kesehatan. Ada rumor yang mengatakan bahwa bila terlalu sering menggunakan bahan penyedap akan menimbulkan penyakit kanker atau semacamnya. Sebetulnya kekuatiran itu berlebihan. Bila kita mengetahui proses pembuatannya, maka kita akan tahu bahwa Ajinomto ternyata dibuat dari bahan-abahan alami yang aman dan halal. Salah satu bahan dasarnya adalah dari air tebu, yang kita kenal  juga sebagai bahan gula pasir.  Jadi kita tidak perlu takut lagi menggunakan bumbu penyedap yang di produksi oleh Ajinomoto.

Terong Penyet 

Saya mencoba membuat masakan yang sederhana, praktis, mudah dan bagus untuk kesehatan yaitu Terong Penyet. Saya memilih terong karena sayuran ini bagus untuk pencernaan dan mengandung zat anti kanker. Terong yang saya beli adalah terong berwarna ungu, yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional, atau tukang sayur terdekat. Sayuran ini murah saja, di wilayah tempat tinggal saya, seperempat kg harganya tiga ribu perak, isinya dua buah dengan ikuran sedang. Lumayan cukup dimakan sekeluarga empat orang. Inilah bahan dasar masakan terong. Sebagai variasi, boleh ditambah jamur.

Bahan : 1. Terong ungu dua buah ukuran sedang, potong dengan ukuran 2 cm.; 2. Jamur segenggam

Bumbu : 15 buah cabe merah, empat siung bawang merah, dua siung bawang putih, satu sendok makan ketumbar, dua kemiri, dua lembar daun salam, garam dan gula secukupnya, serta penyedap Masako.

Cara memasak:

1. Cuci bersih terong dan jamur.

2. Goreng terong sampai berwarna kekuningan, lalu diangkat.

3. Haluskan bumbu, lalu digoreng hingga harum dengan sedikit minyak dan tambahkan sedikit air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN