Mohon tunggu...
Emma Eliana
Emma Eliana Mohon Tunggu... Tech Geek.

A girl trapped in the big world of Tech!

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Malam Ini Saturnus Bisa Diamati dengan Mata Telanjang, Ketahui Fakta-faktanya!

10 Juli 2019   12:58 Diperbarui: 10 Juli 2019   17:51 0 14 4 Mohon Tunggu...
Malam Ini Saturnus Bisa Diamati dengan Mata Telanjang, Ketahui Fakta-faktanya!
Ilustrasi Saturnus dan Cincinnya (sains.kompas.com)

Fenomena langka, planet yang terkenal dengan cincin yang mengitarinya ini bisa dilihat dengan mata telanjang oleh seluruh masyarakat Indonesia malam ini (Rabu 10/07/2019).

Planet Saturnus akan tampak seperti bintang terang yang setia menemani malam. Kemunculannya pun sangat lama, dari Rabu senja hingga Kamis waktu fajar.

Bagi yang menyukai fenomena langit dan hal-hal yang berbau luar angkasa, tentu saja fenomena ini jangan sampai dilewatkan. Karena planet ini akan terlihat sangat besar dan terang di langit.

Agar fenomena ini bisa dinikmati dengan baik, berikut pengetahuan dasar yang perlu kita ketahui tentang kemunculan Saturnus nanti malam:

Jarak Saturnus Malam Ini adalah Jarak yang Terdekat Bumi

Jarak Planet Saturnus malam ini mencapai titik terdekatnya dengan bumi. Menurut perhitungan, planet tersebut akan mencapai jarak 1,351 miliar Km dari Bumi. Jarak tersebut sama saja seperti 10 kali jarak bumi ke matahari.

Fenomena ini biasa disebut dengan Oposisi, yaitu ketika posisi orbit bumi berada di jarak terdekat antara matahari dan planet lain. Sehingga planet tersebut seolah membelakangi matahari.

Sumber gambar: NASA
Sumber gambar: NASA
Fenomena oposisi dengan Saturnus ini berulang setiap satu tahun sekali (380 hari sekali), namun Planet Saturnus tidak pernah terlihat terang dalam 215 tahun terakhir seperti yang terjadi pada tahun 2005 lalu.

Seperti dilansir dalam Kompas, jarak terdekat dan magnitudo paling terang dalam 215 tahun terakhir terjadi pada 13 Januari 2005. Jarak pada saat itu dengan bumi mencapai 1,208 miliar Km dan magnitudonya -0,4.

Untuk malam ini, magnitudo Saturnus dalam angka 0,05. Padahal dalam keseharian, kecerahan planet ini yang hanya bermagnitudo +1,2 hingga -0,24 dari pengamatan Bumi.

Ini Waktu Terbaik Mengamati Saturnus

Meski muncul sepanjang malam, Planet Saturnus berada di posisi tertinggi di langit pada pukul 23:55 WIB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x