Mohon tunggu...
Emir Aditya
Emir Aditya Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Karir

#TAYTB Cerita Si Introvert Menjadi Customer Service

20 April 2019   21:16 Diperbarui: 23 April 2019   19:18 0 6 8 Mohon Tunggu...
#TAYTB Cerita Si Introvert Menjadi Customer Service
1440050335613-5cbb298895760e15af56c2a2.jpg

Selamat pagi, selamat datang di OCBC NISP, apa yang bisa saya bantu hari ini?

Kalimat di atas merupakan kalimat yang selalu saya ucapkan sebagai pembuka percakapan dengan nasabah yang saya temui. Kalimat yang saking seringnya diucapkan, hanya menjadi kebiasaan dan menjadi hilang makna. Namun, kalau ditelaah lebih dalam, kalimat ini memiliki arti yang sangat besar. Dengan mengucapkan kalimat di atas, saya membuat janji untuk bisa menyelesaikan apapun masalah yang nasabah saya hadapi. Janji yang harus saya tepati.

Oh iya. Perkenalkan, nama saya Emir Aditya. Sudah 3 tahun belakangan ini, saya bekerja sebagai Service Assistant di Bank OCBC NISP. Buat yang tidak tahu, Service Assistant sama fungsinya dengan Custumer Service, bertugas melayani kebutuhan nasabah dalam transaksinya di bank, baik finansial maupun non-finansial. Jika kamu kenal siapa saya dulu, maka tidak akan pernah terbayangkan bahwa seorang Emir Aditya bisa berkarir di pekerjaan yang mengharuskannya berkomunikasi dengan orang lain, terlebih orang yang tidak dikenal.

Saya menghabiskan masa kecil di Kampung Makasar, sebuah kecamatan di wilayah Jakarta Timur, di dalam sebuah rumah kontrakan sederhana bersama keluarga yang hangat. Saya, seperti anak kecil pada umumnya menghabiskan masa kecil dengan bermain bersama teman-teman di lingkungan saya. Bermain bola, tak jongkok, petak umpet, bersama dengan Edo, Sandi, Ebi, dan Dani, beberapa teman dekat saya waktu kecil dulu. Tawa dan canda tidak pernah lepas dari hidup saya. Bisa dibilang, saya memiliki masa kecil yang sangat menyenangkan.

Kemudian, pada suatu hari saat saya kelas 3 SD, keadaan mengharuskan saya untuk pindah dari rumah masa kecil saya. Ayah saya mendapatkan rezeki untuk membangun sebuah rumah yang orang tua saya sudah impikan sejak lama. Saya yang masih kecil sepertinya belum terlalu paham mengenai hal ini. Yang saya tahu kami sangat bahagia mengenai hal ini. Namun hal ini juga berarti saya harus berpisah dengan teman-teman saya di sini.

Dari dulu saya memang bukan tipe anak yang pemberani, supel, dan pandai bergaul. Persahabatan saya dengan teman-teman saya di Kampung Makasar juga tidak pernah saya ingat awal mulanya. Mungkin karena kami sama-sama kecil, rumah kami berdekatan, dan mungkin orang tua kami juga sering ngobrol. Tapi ternyata untuk membangun kembali hubungan pertemanan dengan anak-anak baru dan di lingkungan yang baru tidak semudah yang saya harapkan. Entah karena masih terbayang-bayang teman-teman lama saya, atau karena hal lain, saya seperti kehilangan minat untuk berteman dengan orang baru.

Bukan tidak mencoba, saya dan mereka berusaha untuk dapat membuat saya masuk ke lingkungan baru ini. Di hari-hari pertama, kami bermain bersama-sama, dan saya merasakan sambutan mereka sangat hangat terhadap saya. Namun saya sudah terlanjur menjadi anak introvert sehingga masa kecil saya dilanjutkan dengan bermain sendiri di dalam rumah. Orang tua saya mungkin merasa sedikit khawatir dengan sifat saya yang satu ini.

Mereka khawatir karena anak laki-laki satu-satunya ini akan kesulitan untuk bergaul jika tidak pernah bermain, yang mungkin bisa berakibat buruk bagi masa depannya. Bukan sekali dua kali mereka menyuruh saya untuk bermain, pergi ke rumah tetangga, berkenalan dengan anak lain, dan lain sebagainya. Tapi saya terlanjur nyaman dengan kesendirian saya, maka saya tidak terlalu banyak berubah.

Sampai-sampai dulu ketika ditanya karir impian saya, saya akan menjawab pekerjaan apapun yang mengharuskan saya duduk di cubicle kecil milik saya sendiri, mengerjakan pekerjaan saya sendiri dari pagi sampai sore, kemudian pulang dan istirahat untuk kemudian mengulang hal-hal di atas keesokan harinya.

Maka, ketika saya memutuskan untuk bekerja sebagai Customer Service di Bank OCBC NISP, jujur, awalnya karena ini adalah pekerjaan pertama yang saya dapatkan, dan saya ingin cepat-cepat kerja setelah lulus kuliah. Awalnya saya tidak ada bayangan sama sekali mengenai dunia perbankan, apalagi menjadi seorang Customer Service. Bisa dibilang saya terjun bebas di dunia ini. Sempat takut juga apakah seorang introvert yang tidak pandai berbicara ini mampu bertahan di dunia yang mengharuskannya berbicara dengan orang tak dikenal.

Untungnya, OCBC NISP memiliki program training yang sangat bagus untuk karyawan barunya. Saya bersama teman-teman satu angkatan saya di-training selama 5 minggu di tempat yang sangat nyaman di lingkungan yang sangat kondusif dengan pengajar yang sangat credible di bidangnya. Saya yang tadinya buta sama sekali soal service dan perbankan, setelah lulus dari training menjadi lebih paham tentang produk-produk di Bank OCBC NISP yang sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Kami juga dilatih bagimana membangun percakapan yang hangat namun tetap profesional dengan nasabah maupun calon nasabah. Ini merupakan hal yang sangat penting bagi saya. Ini merupakan skill yang paling saya butuhkan dan saya sangat bersyukur ditakdirkan bekerja di tempat yang membangun hubungan dengan customernya sehangat seperti berada di keluarga sendiri.

Apakah Saya sekarang sudah berubah dari seorang introvert yang pemalu menjadi seorang ekstrovert yang supel dan pandai berbicara seperti Customer Service pada umumnya? Tentu tidak. Saya masih menjadi diri saya sendiri. Namun, sekarang saya tahu bahwa untuk menjadi Customer Service yang baik tidak hanya dibutuhkan skill berbicara, tapi juga skill mendengar. Skill yang saya tahu saya miliki dengan baik.

Dengan mendengar, kami memberikan hadiah terbaik bagi nasabah kami. Dengan mendengar, kami memberikan perhatian dan fokus kami kepada nasabah kami. Dengan mendengar, kami mampu menangkap akar permasalahan yang dihadapi, bahkan sebelum nasabah kami selesai menceritakan keluhannya. Dan dengan mendengar, kami tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh nasabah kami, sehingga kami dapat memberikan saran-saran yang dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan.

Kebetulan, tahun lalu saya terpilih untuk mewakili region saya dalam ajang pemberian award bagi pelaku service terbaik. Walaupun tidak menang dalam skala nasional, sekarang saya tahu bahwa saya sudah berada dalam jalur yang benar. Dan seorang introvert juga bisa bersaing dengan para ekstrovert dalam bidang ini, bidang yang menurut perspektif umum diisi oleh orang-orang ekstrovert.

Jadi, buat kamu yang sekarang sedang merasa berada di pekerjaan yang salah, selalu ingat #TAYTB alias Tidak Ada Yang Tidak Bisa. Selalu kembangkan setiap potensi positif yang kamu miliki. Buka lebar tangan kamu pada setiap tantangan yang kamu miliki dan jadikan setiap tantangan sebagai ujian kenaikan kelas. Kalau kamu berhasil melewatinya, kamu sudah berada selangkah di tempat yang lebih baik dari hari kemarin.

Terima kasih OCBC NISP untuk semua pengalaman berharganya selama ini. Selamat Ulang Tahun ke-78 dan semoga makin jaya.